Type to search

Inspiration

Kisah Aswin Nugroho, Penyandang Down Syndrome yang Sukses Berjualan Kue

Kisah Aswin Nugroho, Penyandang Down Syndrome yang Sukses Berjualan Kue

Terlahir dengan down syndrome, Aswin Nugroho mempunyai bakat di bidang musik dan olahraga. Dalam beberapa kesempatan, ia terlihat lihai dalam bermain piano. Meski begitu, sang ibu, Herawati, tetap mencemaskan masa depan putra bungsunya itu.

“Ada omongan dari kerabat yang lantas membuat saya berpikir tentang masa depan Aswin. Bagaimana masa depan dia nantinya setelah saya tidak ada? Apalagi usia saya sudah segini ,” ujar sang ibu seperti dikutip dari Kumparan.com.

Wanita berusia 69 tahun yang akrab disapa Hera ini kemudian mulai berpikir bagaimana Aswin bisa hidup mandiri meski mempunyai keterbatasan. Ide cemerlang kemudian muncul, yaitu membekali Aswin dengan kursus kue.

“Sejak November tahun lalu, saya kursuskan Aswin. Dia sangat antusias setiap kali pergi ke toko kue, dia juga doyan makan kue. Itu kenapa saya pilih kursus kue buat Aswin,” ungkap ibu dari tiga anak ini.

Memang, kegemaran Aswin terhadap kue terlihat jelas dimata sang ibu. Siswa Loka Bina Karya (LBK) Sekolah Luar Biasa (SLB) Alfa Kumara Wardana 2 itu pun terlihat sangat antusias saat menjalani kursus kue. Ia melewati setiap tahap pembelajaran dengan penuh semangat.

Keahliannya dalam membuat kue juga kerap dipraktekkan di rumah. Berkat kegigihannya, Aswin pun mempunyai progress yang luar biasa dalam membuat kue. Kue- kue kering buatan Aswin pun diakui banyak orang mempunyai cita rasa yang nikmat.

“Karena kue-kue Aswin enak, ya sudah mulai saya jual. Saya fokuskan Aswin ke kue-kue kering karena bisa lebih awet. Jualan awalnya di kalangan sendiri, penjualannya pun getuk tular (promosi dari testimoni),” kata Hera.

Di puncak peringatan Hari Down Syndrome bulan Maret 2019, Aswin mulai menjual kue- kue kering kepada khalayak ramai. Di acara yang digelar di salah satu hotel berbintang di kawasan Mayjend Sungkono, Aswin berhasil menjual 66 pack kue kering dalam kemasan kecil. Satu pack kue berlabel kue kering Aswin ini dijual dengan bandrol harga Rp 15.000.

Kue kering Aswin sengaja dibuat dalam kemasan kecil agar dapat dijangkau semua orang. Tak sedikit dari mereka yang mencicipi kue kering Aswin kemudian kembali untuk memesannya.

“Prinsip saya meski Aswin seorang down syndrome tapi kue-kue keringnya harus enak agar banyak yang repeat order,” tegas Hera.

Produk best seller dari kue kering Aswin ini adalah kue keju gula palem dan kastengel. Mendekati lebaran, Ibunda pun menangkap peluang untuk mengoptimalkan penjualan kue kering putra tercintanya ini dengan membuat kemasan 200 gram.

Meski sudah berhasil menjual produknya sendiri, Aswin masih terus mengikuti kursus pembuatan kue untuk mengasah keterampilannya dalam membuat kue- kue kering. Tujuannya agar skill Aswin terus meningkat dan nantinya semakin banyak produk kue kering inovatif yang dihasilkannya.

Baca Ini Juga Ya :   Viral! Bocah Pedagang Cilok Bertampang Sangar yang Ternyata Penghafal Al-Qur’an
Loading...

Komentar

komentar

Tags:
Loading...