Type to search

Perlu Tahu

Terbukti! Bekerja 4 Hari Seminggu Bikin Karyawan Lebih Produktif

Beberapa waktu yang lalu Microsoft Jepang melakukan riset produktifitas terhadap para karyawannya. Perusahaan ini mempraktikkan waktu empat hari kerja dalam seminggu, dann hasilnya cukup menakjubkan.

Dikutip dari CNBC Indonesia, riset 4 hari kerja dalam sepekan ini justru membuat para pegawai terus menjadi produktif. Raksasa teknologi ini mencatat lonjakan produktivitas nyaris 40%.

Loading...

Percobaan ini dilakukan sekaligus untuk meningkatkan stamina seseorang dalam bekerja. Uji coba ini sendiri dilakukan mulai Agustus lalu dalam program Microsoft Work Life Choice Challenge, dimana perusahaan libur mulai Jumat dan 2300 karyawannya mendapat akhir pekan 3 hari.

Penelitian dilakukan sepanjang satu bulan untuk melihat manfaat dari berkurangnya periode bekerja. Sepanjang rentang waktu tersebut, perusahaan melihat daya produktivitas yang diukur dengan performa setiap karyawan yang mengalami peningkatan sebanyak 39,9% dibanding dengan periode Agustus tahun sebelumnya.

Baca Ini Juga Ya :   Menurut BNPT, Orang Humoris Paling Susah untuk Direkrut Menjadi Teroris
Bekerja sebagai seorang programmer

Perusahaan juga mencatat penyusutan anggaran, dengan 23,1% lebih sedikit listrik yang dipakai serta 58,7% lebih sedikit halaman yang dicetak sepanjang rentang waktu tersebut.

Penelitian ini juga mencatat peningkatan pengembangan diri dan skema kesehatan keluarga, dan mencatat feedback positif sebagian besar dari pegawai dengan 92,1% mengatakan kalau mereka lebih menyukai minggu kerja hanya empat hari.

Microsoft Jepang saat ini ini berencana untuk melaksanakan tantangan kehidupan kerja yang seragam di musim dingin ini, yang bertujuan untuk mendorong kegiatan yang lebih fleksibel.

Gagasan 4 hari kerja dalam sepekan ini juga sudah menarik perhatian dalam mengurangi stress akibat terlalu banyak waktu untuk pekerjaan. Pada 2018 misalnya, Selandia Baru sempat mencoba 2 bulan bekerja cuma 4 hari seminggu. Dan ternyata dampak positifnya langsung bisa dirasakan oleh pekerja.

Begitu pula dengan apa yang diusulkan oleh Richard Branson, pendiri Virgin Air, yang terus- terusan mempromosikan waktu kerja ini karena dinilai sangat bermanfaat untuk produktifitas perusahaan dan karyawan, serta meningkatkan kebahagiaan karyawan.

Baca Ini Juga Ya :   Menyapu di Malam Hari Bikin Rezeki Seret, Bener Nggak Sih Mitos Ini?
Berbicara bersama
via Pixabay

Kenyataannya, bekerja dengan jam kerja berlebihan memang tidak baik untuk kesehatan. Dampak dari bekerja berlebihan ini sendiri dirasakan secara kronis di Jepang. Saat ini Jepang dikenal tingkat stress karyawan yang tinggi karena cenderung mempunyai jam kerja terpanjang di dunia.

Menurut suatu riset pemerintah 2016, nyaris seperempat dari industri Jepang mewajibkan pegawai untuk bertugas lebih dari 80 jam sebulan. Jepang ini bahkan mempunyai istilah karoshi, yang merupakan istilah untuk menyebut budaya ekstrem ini. Dimana apabila diterjemahkan merupakan kematian karena kerja keras.

Kalau kamu sendiri, setuju nggak sih dengan ide 4 hari kerja? Kira- kira cocok nggak nih diterapkan di Indonesia?

Komentar

komentar

Tags:
Loading...

You Might also Like