Type to search

Self-Improvement

Nggak Boleh Egois, Ini Lho Pentingnya Berkaca Lebih Dulu Sebelum Menyalahkan Orang Lain

Wanita cantik berkaca

Berkacalah sebelum menyalahkan orang lain.

Kita pasti familiar banget dengan pepatah itu, kan? Kenyataannya, berbuat kesalahan itu sebenarnya sangat manusiawi. Tak seorang pun di dunia ini yang tidak pernah berbuat salah. Yang terpenting adalah kemauan kita untuk memperbaiki diri dan tidak membuat kesalahan itu menjadi hal yang sengaja diulang- ulang.

Hal yang nggak kalah penting untuk diingat adalah kita jangan mudah menghakimi kesalahan orang lain tanpa berkaca dan mencari tahu kebenarannya lebih dulu. Serius deh, ini hal yang ngeselin banget. Bahkan saat hal ini terjadi pada dirimu sendiri, kamu pasti langsung bad mood.

Loading...

Selain itu, suka menyalahkan orang lain juga bisa menjadi penyakit hati untuk diri sendiri. Dan, ini dia alasan mengapa sebaiknya kamu perlu berkaca lebih dulu sebelum menyalahkan orang lain :

  1. Kamu belum tentu memahami semuanya
Perempuan cantik di antara baloon

via Pixabay

Setiap orang punya pemahaman yang berbeda- beda untuk setiap hal. Karena sudut pandang itu tidak tidak bisa disamakan, apa yang menurut orang lain benar, belum tentu benar juga di matamu. Karena menyamakan persepsi itu bukan hal yang mudah, cobalah untuk berprasangka baik terlebih dulu sebelum menyalahkan orang lain.

Baca Ini Juga Ya :   Hati- Hati, Ini Lho Sikap Cowok yang Bisa Bikin Kamu Super Baper!

 

  1. Kamu kadang menilai hanya menggunakan hati atau logika saja
Menilai dengan hati dan logika

via Pixabay

Ada tipe orang yang dominan menggunakan hati dalam menilai sebuah hal. Ada juga tipe orang yang dominan memandang sebuah kesalahan dari sisi logika. Kamu nggak bisa memaksakan cara pandang kamu yang dominan menggunakan hati kepada orang yang realistis. Sebaliknya, cara pandang yang logis tidak bisa digunakan untuk menghadapi orang yang baperan.

 

  1. Salah benar seringkali relatif, dan berbeda untuk setiap orang

Ngobrol bersama teman

Beda orang, beda isi kepala. Jadi, untuk persepsi dalam memandang setiap masalah pun bisa sangat berbeda. Artinya, kamu nggak bisa memaksakan kehendak yang menurutmu benar, padahal di mata orang lain belum tentu benar. Kamu perlu lebih bijaksana lagi dalam menghargai prinsip hidup orang lain.

Baca Ini Juga Ya :   Saat Kamu Merasa Hidup Ini Tidak Adil, Ingatlah 4 Hal Ini

 

  1. Mengingatkan orang lain itu baik, tapi pastikan dengan cara yang benar ya
Berbicara bersama

via Pixabay

Sah- sah saja kok mengingatkan orang lain atas kesalahan yang dia buat. Justru caramu mengingatkan ini akan memberi masukan yang berharga untuk kehidupannya. Namun jika caramu menyampaikan kurang pas, masukan ini justru bisa membuatnya sakit hati dan menjadi boomerang untuk hubungan pertemanan.

 

  1. Kamu perlu mengoreksi diri sendiri sebelum mengoreksi orang lain
Wanita cantik berkaca

via Pixabay

Ini bagian paling penting. Seringkali kita lebih mudah melihat kesalahan orang lain dibandingkan melihat kesalahan diri sendiri. Coba deh sebelum menyalahkan orang lain kita mengoreksi diri kita terlebih dulu. Jangan sampai sibuk mencari kesalahan membuat kita tidak sadar kalau kita juga melakukan banyak kesalahan yang sebenarnya lebih fatal.

Baca Ini Juga Ya :   Ini Bedanya Mereka yang Kaya Beneran Sama yang Cuma Gaya- Gayaan

Sebaik- baiknya orang adalah mereka yang mau mengakui kesalahan diri sendiri dan memperbaikinya dengan rendah hati.

Semoga artikel ini menginspirasimu untuk lebih berhati- hati sebelum menyalahkan orang lain ya.

 

Komentar

komentar

Tags:
Loading...

You Might also Like