Type to search

Inspiration

Daniel Liu, Bocah 14 Tahun yang Telah Menerbitkan 3 Jurnal Penelitian

Daniel Liu, saat melakukan riset untuk penelitiannya

Di tahun 20016 lalu nama Daniel Liu sempat viral usai teman sekelasnya di Universitas Toledo, Amerika Serikat, mengunggah status tentang dirinya. Status yang diunggah ke Twitter tersebut adalah :”Anak ini berusia 11 tahun dan dia menghadiri kelas kimia organik. Dia bilang kita bisa mengiriminya email jika punya pertanyaan,” tulis @cigdemk14.

Di kelasnya, Daniel dikenal sebagai anak yang genius. Ia menghadiri kelas kimia organik terbuka yang diselenggarakan oleh Michael Young, dosen di Universitas Toledo, sejak tahun 2016. Dalam ujian praktikumnya, Daniel mendapatkan nilai 99 dimana rata- rata peserta hanya mendapat nilai 50.

Loading...

Di usia 10 tahun, Daniel berhasil memenangkan beasiswa senilai 10.000 dollar usai mengalahkan 30.000 murid lain dalam tantangan “You Be The Chemis” yang diselenggarakan Yayasan Pendidikan Kimia.

Berkat pencapaian itu, Daniel diundang ke White House Science Fair dan bisa bertemu dengan presiden Amerika Serikat saat itu, Barack Obama.

Baca Ini Juga Ya :   Kisah Sopir Taksi yang Mengembalikan Uang Tunai Rp 146 juta Milik Penumpangnya

Kini, tiga tahun sudah viralnya kecerdasan Daniel sudah berlalu. Kecintaan Daniel pada kimia tidak berhenti hingga saat ini. Di tahun 2008, ia dan rekan setimnya berhasil menerbitkan jurnal cara mengembangkan obat- obatan farmasi dan pestisida dengan cara yang lebih tepat, lebih murah, cepat, dan lebih ramah lingkungan.

Setelah berhasil menunjukkan kemampuannya yang mengagumkan di bidang sains, Daniel bisa bergabung dengan Michael. Ia bekerjasama dengan Michael Young dan Mohit Kapoor, seorang peneliti post-doctoral untuk mengerjakan project penelitian tersebut.

Daniel Liu bersama Michael Young dan Mohit Kapoor

Saat ini, nama Daniel Liu sudah tercatat mempublikasikan tiga artikel penelitian yang dipublikasikan di Journal of The American Chemical Society, Synlett, dan Journal of Chemical Education.

Baca Ini Juga Ya :   Kisah Inspiratif Liliyana Natsir, Hanya Tamat SD dan Juara Olimpiade Rio

Setelah berhasil menerbitkan hasil penelitiannya selama menempuh pendidikan di Universitas Toledo, Daniel kini punya cita- cita untuk meneruskan pendidikannya ke  Harvard University atau Massachusetts Institute of Technology.

Komentar

komentar

Tags:
Loading...