Type to search

Perlu Tahu

7 Tipe Karakter Seseorang ini Ternyata Termasuk Penyakit Mental

Kita sering menyebut kalau karakter ataupun watak seseorang ini bawaan dari lahir. yang dikira bawaan lahir. Bahkan zodiak atau primbon Jawa juga kerap memaparkan hal yang nggak jauh berbeda. Padahal, sebagian karakter ini juga terbentuk dalam proses pendewasaan diri.

Dalam buku Cognitive Therapy of Personality yang ditulis oleh psikoterapis Amerika, Aaron T. Beck dan Arthur Freeman, mereka mengungkap sebagian karakter seseorang yang berkaitan dengan permasalahan psikologis.

Karakter- karakter ini bukan sesuatu yang alami atau bawaan lahir, dan sudah sepantasnya diperbaiki agar kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi kedepannya. Bahkan dengan gamblang karakter ini dikaitkan oleh para ahli mempunyai hubungan dengan penyakit mental.

Penasaran karakter apa saja? Kamu bisa menyimaknya disini :

1. Pemalas

malas,pemalas,cerdas,tidur,gadis,wanita
Credit: vantemag.com

Karakter males menggambarkan seseorang yang enggan melakukan banyak tugas, dan menginginkan lebih banyak waktu beristirahat, bercanda, dan bersenang- senang. Malas ini sendiri bukan karakter asli manusia dan merupakan masalah mental yang sebenarnya masih bisa dirubah.
Jika seseorang mempunyai mental baik, maka ia akan lebih sadar terhadap tanggung jawabnya dan berupaya mempunyai manajemen waktu yang baik. Rasa malas dapat dikurangi secara perlahan sampai akhirnya kamu mempunyai karakter yang cekatan dan menghargai setiap tanggungjawab dan waktu yang kamu miliki.

Baca Ini Juga Ya :   Jangan Pernah Main- Main dengan 3 Zodiak Ini. Pembalasannya Bakal Lebih Sakit dari yang Kamu Duga!
Loading...

2. Pemalu

Cewek introvert sendirian

Rasa malu menggambarkan ketidakmampuan untuk menyesuaikan diri dengan dunia sekitarnya. Pemalu ini sendiri bukan karakter bawaan, melainkan kegagalan emosi yang menimbulkan ketidaksiapan menghadapi dunia luar.

Orang yang pemalu biasanya mempunyai hipersensitivitas yang membuat pengidapnya merasa khawatir berinteraksi dengan orang lain. Tentu saja ini adalah penyakit psikologis yang wajib disingkirkan. Karena sikap pemalu mengucilkan psikologis seseorang sampai menghalangi ikatan dengan orang lain.

3. Paranoid

Tanda kamu sedang menutup hati

Rasa cemas berlebihan terhadap semua hal yang cuma terdapat di pikiran membuat kita jadi sosok yang paranoid. Paranoid bukan bawaan lahir, ini tercantum sebagai salah satu penyakit mental yang perlu dipulihkan. Seorang yang mengidap paranoid tidak akan menikmati hidupnya dengan tenang dan nyaman.

Untuk mereka yang terperangkap dalam kepribadian ini, masalah kecil saja dapat menjadi permasalahan besar. Pengidap paranoid akan memandang orang lain dengan penuh kecurigaan hingga ia tak bisa hidup tenang dan kehilangan selera humor. Tentu saja ini beresiko melenyapkan kebahagiaan seseorang dalam menjalani aktivitasnya sehari- hari.

Baca Ini Juga Ya :   Anak Muda di Indonesia Ternyata yang Paling Bahagia di Dunia

4. Temperamen

Mudah marah adalah tanda- tanda depresi

Seseorang temperamen yang tidak bisa mengatur amarahnya disebut terserang gangguan kepribadian ambang. Bukan hanya membahayakan diri sendiri, tapi karakter yang satu ini juga bisa membahayakan orang lain.

Perubahan suasana hati bisa terjadi kapan saja dan membuat seseorang temperamen dapat meluapkan amarahnya secara berlebihan. Suasana hati yang tidak terkendali tanpa alasan jelas ini adalah bagian dari penyakit mental.

Jika kamu mengalami hal ini, cobalah untuk belajar lebih bersabar dalam mengelola emosimu. Jika kamu merasa ini sudah tidak terkontrol dan berakibat lebih buruk lagi, cobalah untuk meminta bantuan para ahli.

5. Narsistik

Seorang narsistik selalu ingin lebih diperhatikan hingga berusaha agar tampil paling menonjol. Mereka seringkali berharap mendapatkan perlakuan khusus atas usaha yang ia lakukan. Mereka punya harapan besar untuk timbal balik dari diri mereka dan pada umumnya mempunyai rasa iri yang besar terhadap orang lain.

Narsistik ini juga merupakan salah satu penyakit mental yang perlu diobati. Kamu perlu mengubah karakter ini agar dapat menjalani hidup dengan lebih tenang dan apa adanya. Dengan melenyapkan karakter narsistik, kamu akan merasa lebih mudah bersyukur dan berbahagia.

Baca Ini Juga Ya :   Kebal Dinyinyirin, Ini Dia 6 Zodiak yang Dikenal Paling Cuek Sama Omongan Orang

6. Perfeksionis

Sosok wanita perfectionist

Perfeksionisme sering disebut sebagai kepribadian obsesif- kompulsif. Kepribadian ini tumbuh karena standar manusia yang mengharuskan seseorang memperhatikan setiap detail dengan sempurna.

Seseorang perfeksionis mempunyai standar tinggi dalam menilai suatu hal. Karakter ini akan beresiko bila tidak seimbang antara tuntutan si perfeksionis dan keahlian di lapangan. Sosok perfeksionis sulit menemukan tempat yang tepat karena standar tinggi yang mereka ciptakan sendiri. 

7. Emosionalitas

Emosionalitas disebut sebagai gangguan kepribadian histrionik. Mereka seringkali histeris serta memandang segala hal dengan cara berlebihan. Pengidap gangguan ini akan susah berkonsentrasi, mudah marah dan selalu haus perhatian.

Kepekaan emosional karakter ini sering disebut merugikan karena berlebihan dan berakhir pada kekhawatiran yang tidak nyata. Mereka mudah marah dan kerap berasumsi tidak logis. Secara mental mereka juga mudah merasa down.

Nah, itu dia deretan kepribadian yang sebenarnya disebut sebagai penyakit mental. Jika selama ini kamu atau temanmu mengalami salah satu dari kepribadian tersebut, cobalah untuk menasehatinya agar bisa memperbaiki hal tersebut dan menjadi lebih baik lagi.

Komentar

komentar

Tags:
Loading...

You Might also Like