Type to search

Health & Beauty

Bisa Berakibat Fatal, Perempuan Wajib Kenali 8 Kesalahan Saat Memakai Pembalut

Kesalahan wanita dalam memakai pembalut
Share :

Setiap perempuan mungkin punya pilihan tersendiri untuk menentukan jenis pembalut yang akan dipakai. Hal ini juga yang kamu lakukan, kan?

Meski begitu, kebanyakan perempuan mungkin punya pertimbangan yang sama. Yaitu pembalut itu harus nyaman dipakai dan tidak menimbulkan efek samping tidak sehat.

Itu artinya, saat memilih pembalut, kita tidak boleh asal- asalan. Karena sekali asal- asalan, hal ini bisa berakibat fatal.

Seperti dirangkum halogeet.com kali ini, setidaknya ini lah 8 kesalahan yang perlu kamu hindari dalam memakai pembalut :

1. Memakai pembalut yang sudah terlalu lama disimpan

Kadang- kadang perempuan menyimpan pembalut di tas untuk bisa digunakan kapanpun, terutama saat bepergian. Tapi hati- hati, jangan sampai menyimpan di tempat khusus ini jadi terlalu lama.

Pembalut yang sudah disimpan terlalu lama jika dipakai itu berbahaya. Mengapa? Karena meskipun kemasannya tidak rusak dan terlihat bersih, pembalut yang didiamkan lama di sebuah tempat bisa menyerap kotoran di sekitarnya.

Bakteri dan debu yang terserap ini bisa menyebabkan iritasi pada daerah kewanitaan saat pembalut digunakan. Oleh sebab itu, kamu sangat disarankan untuk memakai pembalut dengan daya simpan yang tidak lama.

Selain itu, jika ingin menyimpannya di tas atau dimana saja, cobalah untuk memberinya tempat khusus untuk menjaganya tetap bersih dan terlindung ya.

Jika ingin menyimpannya di dalam tas atau dompet sebagai persediaan, setidaknya kamu harus menggantinya dalam satu atau dua minggu.

Baca Ini Juga Ya :   Wajib Tahu! Ini 5 Bahaya Seks Bebas untuk Perempuan

2. Malas mengganti pembalut setelah dipakai berjam- jam

Menstruasi kadang membuat mood dan tubuh tidak nyaman. Rasanya malas untuk beraktifitas dan bahkan menggerakkan badan. Termasuk juga untuk mengganti pembalut.

Nah, ini yang sebenarnya tidak boleh dilakukan ya. Normalnya kamu harus mengganti pembalut minimal 3-4 jam sekali. Jika pembalut tidak diganti secara teratur, hal ini bisa mengakibatkan ruam hingga infeksi.

3. Tidak cuci tangan sebelum mengganti pembalut

Sebelum mengganti pembalut, pikirkan juga apa yang kamu sentuh sebelumnya. Karena tak bisa disangkal, tangan kita adalah sumber bakteri.

Untuk amannya, cuci tangan setiap akan mengganti pembalut adalah tindakan sehat yang direkomendasikan. Dengan begitu kamu akan menjaga kesehatan area genital dengan optimal.

Baca Ini Juga Ya :   5 Cara Merawat Telapak Tangan Kering Akibat Sering Cuci Tangan & Pakai Hand Sanitizer

4. Malas membersihkan area kewanitaan usai mengganti pembalut

Meskipun area kewanitaan mempunyai sifat bisa membersihkan sendiri, tapi tidak membersihkan area kewanitaan setelah mengganti pembalut adalah kebiasaan buruk yang harus dihentikan.

Area kewanitaan adalah organ yang sangat sensitif dan harus dijaga kebersihannya. Maka dari itu, kamu perlu menjaganya tetap bersih, termasuk selama menstruasi.

5. Memakai pembalut yang usai buang air besar

Nah, yang ini mungkin sering diabaikan. Padahal mengganti pembalut setelah buang air besar ini sebenarnya yang harus dilakukan.

Pasanya, setelah buang air besar, bakteri akan menyebar dan semakin berkembang biak. Dampaknya, kamu bisa terkena infeksi yang bisa mengganggu kesehatan tubuh.

Loading...

6. Menggunakan dua pembalut secara bersama- sama

Ada yang beranggapan kalau menggunakan dua pembalut bersamaan bisa mencegah insiden tembus saat menstruasi. Padahal jika memang ini alasannya, akan lebih efektif kalau kamu meng-upgrade ukuran pembalutmu menjadi lebih besar. Terutama di saat menstruasi sedang ‘deras’.

Menggunakan dua pembalut sekaligus justru bisa membuat area kewanitaan menjadi lebih lembab dan rentan mengalami iritasi. Tindakan ini akan mengundang datanya lebih banyak kuman dan bakteri.

Baca Ini Juga Ya :   Hati- hati! Ini 5 Pekerjaan yang Paling Menarik Minat Psikopat

7. Memilih pembalut yang wangi

Nggak semua perempuan cocok menggunakan pembalut yang beraroma.

Mungkin kamu juga berpikir ini adalah sebuah trik untuk mengurangi intensitas bau tidak sedap. Tapi hal ini sangat tidak direkomendasikan karena wewangian dalam pembalut juga meningkatkan kelembaban dan tidak baik untuk kesehatan organ wanita.

8. Sering mengganti merek pembalut

Mungkin kamu berpikir semua pembalut sama saja. Sehingga sering bergonta- ganti merek pembalut tanpa berpikir ini punya efek samping.

Namun tahukah kamu, saat kamu beralih merek pembalut, kulitmu akan diminta untuk beradaptasi ulang karena setiap pembalut tentu mempunyai tekstur yang berbeda. Jika kulitmu sensitif, pembalut berbahan lembut dan menyerap dengan baik adalah pilihan tepat.

Dan jika kamu merasa sudah cocok dengan satu merek pembalut, disarankan untuk tidak sering berganti- ganti merek.

Itu dia beberapa kesalahan yang disebut fatal saat memakai pembalut. Setelah kamu mengenalinya, coba untuk nggak mengulanginya ya, ladies! 🙂


Share :

Komentar

komentar

Tags:
Loading...