Type to search

Health & Beauty

5 Hal ini Nggak Boleh Kamu Lakukan Agar Komedo Nggak Semakin Parah

Setiap orang tentu ingin mempunyai kulit wajah yang bersih dan lembut. Namun tidak jarang, kita sering dibuat kesal karena permasalahan kulit yang sering kita alami. Mulai dari kulit wajah berminyak, jerawat, hingga komedo.

Komedo sendiri sering membuat gelisah dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Permasalahan kulit satu ini muncul saat pori- pori kulit tertutup oleh kotoran, debu atau juga sel kulit mati.

Saat komedo bersarang di kulitmu, tentu kamu tak ingin keadaan semakin buruk. Selain mengobatinya, hindari melakukan beberapa hal berikut ini agar komedo tidak semakin parah :

1. Sering Menyentuh Wajah

Umumnya, komedo hitam terasa sangat mengganggu penampilan karena terlihat jelas. Karena terlihat ini lah kita seringkali gemas dan tidak sabar untuk selalu mengecek wajah sambil menyentuhnya.

Padahal, hal ini harus dihindari. Kebiasaan menyentuh wajah yang berkomedo justru akan membuat komedo semakin parah dan menyebabkan penyebaran bakteri maupun. Terlebih, rambut yang menyentuh wajah juga bisa membawa kuman ataupun kotoran yang membuat komedo semakin parah. 

Baca Ini Juga Ya :   Turun Berat Badan Secara Alami? Hindarilah 8 Jenis Buah Ini
Loading...

2. Memencet Komedo dengan Tangan

Komedo merupakan suatu benjolan (papula) kecil yang ada di permukaan kulit. Seringkali komedo tuntas dihilangkan dengan produk skincare di pasaran. Namun, memencetnya tanpa alat- alat khusus seperti di klinik kecantikan justru memperburuk keadaan.

Memang, memencet komedo sendiri sangat tidak dianjurkan. Kebiasaan ini justru bisa membuat komedo mengalami peradangan, berubah menjadi jerawat serta beresiko meninggalkan bekas luka yang sulit dihilangkan. 

3. Eksfoliasi Berlebihan

Eksfoliasi adalah proses mengangkat sel-sel kulit mati menggunakan butiran scrub tertentu agar kulit kembali tampak cerah, halus dan berseri alami.

Meski baik untuk perawatan, tidak disarankan untuk mengeksfoliasi kulit wajah terlalu sering dan berlebihan. Terlebih untuk kulit berkomedo, kondisi kulit justru bisa semakin parah. Disarankan juga menggunakan soft cloth atau cleansing brush yang lembut saat mengeksfoliasi.

Baca Ini Juga Ya :   Menakjubkan! Ternyata Ini Efeknya Jika Menaruh Bawah Putih di Bawah Bantal Saat Tidur

4. Jangan Sering Menggunakan Pore Baris

Meski terlihat sepele, komedo bisa membuat seorang jadi tidak percaya diri. Dengan begitu, tidak jarang seseorang menggunakan pore strip untuk mengatasi komedonya.

Pore strip boleh saja digunakan, namun tidak disarankan untuk sering dipakai. Terlebih jika kamu mempunyai kulit sensitif. Alasan utamanya, pore strip tidak bisa menghilangkan atau mencegah komedo.

Namun pore strip bisa menolong mengangkat kotoran yang menutup pori- pori. Tidak hanya itu, pore strip juga bisa menghisap sangat banyak minyak di wajah dan dapat membuat kulit wajah terkelupas. 

5. Tidak Membersihkan Wajah dengan Maksimal

Langkah awal untuk mendapatkan kulit wajah yang segar dan sehat adalah dengan membersihkan secara optimal. Jika tidak dilakukan dengan benar, sisa make up, sebum atau kotoran tersisa bisa terperangkap dalam pori- pori dan membuat munculnya komedo baru.

Untuk mencegah dan mengurangi, biasakanlah untuk membersihkan wajah semaksimal mungkin. Gunakan metode double cleansing dalam membersihkan wajah dan pilih produk cleansing oil yang bebas dari kandungan paraben.

Baca Ini Juga Ya :   Jangan Tunggu Sampai Parah, Kenali 5 Tanda Stress di Kulit Wajah Ini

Komentar

komentar

Loading...