Type to search

Health & Beauty

5 Makanan Ajaib Ini Terbukti Dapat Mencegah Penyakit Jantung

Kale, sayuran untuk kesehatan jantung

Penyakit jantung sering disebut sebagai salah satu penyakit paling berbahaya di dunia. Sebagian dari kita sering merasa kalau penyakit yang satu ini cukup mengerikan sehingga harus dihindari sebisa mungkin.

Melawan penyakit jantung ini sendiri bukanlah hal yang mustahil. Dengan style hidup yang sehat dan tetap aktif berolahraga, kesehatan jantung kita juga tetap terpelihara. Hal yang tidak kalah penting lainnya adalah memelihara pola makan sehat kaya akan nutrisi.

Dikutip Healthline, pola makan mempunyai peran besar dalam kesehatan jantung dan dapat mempengaruhi resiko penyakit jantung. Bahkan ada juga beberapa makanan dengan kandungan nutrisi khusus yang dapat membantu mencegah timbulnya penyakit jantung. 

Makanan untuk Kesehatan Jantung

Untuk kamu yang ingin menjaga kesehatan jantungmu, cobalah untuk memasukan deretan makanan ini ke dalam menu harianmu :

Loading...

1. Tomat

Tomat, salah satu makanan kaya likopen

Tomat kaya akan likopen, yaitu sebuah pigmen merah pada tumbuhan dengan komponen antioksidan yang besar. Antioksidan ini dapat menolong menetralisir ancaman radikal bebas, serta menghindari kehancuran oksidatif dan inflamasi. Kedua hal ini lah yang meningkatkan resiko resiko serangan jantung dan stroke pada seseorang.

Bukan itu saja, tomat juga dapat meningkatkan kandungan kolesterol bagus, yang akan mensterilkan kolesterol berlebih serta plak pada pembuluh darah. Konsumsi buah berwarna merah ini secara teratur akan membantu seseorang terhindar dari penyakit jantung.

Baca Ini Juga Ya :   Gara- gara Main HP Sambil Tiduran, Gadis Ini Mengalami Hal Paling Mengerikan Dalam Hidupnya

2. Gandum utuh

Makanan dari gandum utuh

Dibanding dengan tipe gandum rafinasi, gandum utuh mengandung lebih banyak akan serat. Isi seratnya yang besar ini dapat mengurangi kolesterol jahat, serta kurangi resiko timbulnya penyakit jantung. Terlebih lagi, sebuah riset di tahun 2016 yang diterbitkan dalam harian BMJ melaporkan konsumsi 3 porsi ataupun lebih gandum utuh secara teratur bisa mengurangi resiko penyakit jantung sampai 22 persen.

3. Kale

Kale, sayuran untuk kesehatan jantung

Kale kaya akan kandungan vitamin K yang berkhasiat mencegah pembuluh darah serta menghindari pengerasan darah. Tidak hanya itu saja, sayuran ini juga kaya akan nitrat yang sudah teruji kurangi tekanan darah, merilekskan nadi yang kaku, dan meningkatkan fungsi sel- sel pelapis pembuluh darah.

Suatu riset pada tahun 2016 yang diterbitkan dalam harian JRSM Cardiovascular Disease membuktikan, bahwa konsumsi sayuran hijau ini secara teratur dapat merendahkan gejala penyakit jantung sebesar 16 persen.

Baca Ini Juga Ya :   Minum Kopi di Pagi Hari Cukup 30 Menit, Tapi Manfaatnya Luar Biasa!

4. Minyak zaitun

Sudah bukan jadi rahasia lagi jika makanan bahan utama dalam diet Mediterania ini mempunyai khasiat menakjubkan untuk jantung. Di dalam minyak zaitun, tercantum antioksidan yang dapat melenyapkan inflamasi serta mengurangi resiko penyakit kronis seperti penyakit jantung.

Minyak zaitun juga kaya akan asam lemak tidak jenuh tunggal, dan banyak peneliti yang sudah mengaitkannya dengan peningkatan kesehatan jantung. Kenyataannya, konsumsi minyak zaitun dapat kurangi resiko sakit jantung sampai 35 persen.

Lebih lanjut, konsumsi lebih banyak minyak zaitun juga berhubungan dalam mengurangi resiko kematian yang diakibatkan sakit jantung sampai 48 persen.

5. Dark chocolate

Tidak hanya nikmat, cokelat juga berkhasiat melawan penyakit jantung, loh! Kandungan antioksidan dalam dark chocolate sangat banyak, serta dapat menolong menambah kesehatan jantung.

Yang menarik sebagian riset juga mengungkap jika konsumsi cokelat bisa mengurangi resiko timbulnya penyakit jantung.

Suatu riset dalam jurnal Clinical Edition, misalnya, menemukan jika makan cokelat paling tidak 2 kali sepekan, dapat turunkan resiko jantung koroner sebesar 57 persen.

Sebagai catatan, selalu pilih dark chocolate dengan kandungan kakao minimal 70 persen. Serta konsumsi juga dengan batasan yang tepat untuk memperoleh efeknya dengan cara maksimum.

Baca Ini Juga Ya :   Kamu Wajib Tahu, Buah Kersen yang Nggak Dianggap Ini Ternyata Banyak Manfaatnya

Dari kelima makanan di atas, mana saja yang sering kamu konsumsi?

Komentar

komentar

Tags:
Loading...

You Might also Like