Type to search

Sehat & Cantik

12 Manfaat Yoga untuk Kesehatan Tubuh dan Mental

Manfaat Yoga untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Bukan rahasia lagi, ada banyak manfaat yoga untuk kesehatan dan kecantikan. Selama ribuan tahun, yoga telah di India dan negara-negara Asia lainnya. Kata “yoga” berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti “menyatukan” atau “menghubungkan”. Yoga merupakan gabungan antara latihan fisik, meditasi, dan pernapasan yang bertujuan untuk mencapai ketenangan pikiran dan tubuh.

Apakah kamu termasuk penggemar latihan fisik ini? Atau baru tertarik karena mendengar banyak manfaat dari latihan ini? Di artikel ini, HaloGeet akan mengulas lebih lengkap tentang apa saja manfaat yoga sehingga kamu akan tertarik untuk menekuninya lebih jauh lagi.

Yoga Muncul Sejak Ribuan Tahun Lalu

Praktik yoga pertama kali muncul lebih dari 5000 tahun yang lalu di India kuno. Beberapa naskah kuno India seperti Rig Veda dan Upanishad telah banyak berbicara tentang latihan fisik yang satu ini.


Patanjali, seorang filsuf India kuno, dianggap sebagai Bapak Yoga karena telah mengkodifikasi dan menstandarisasi praktik yoga dalam kitab Yoga Sutra sekitar abad ke-2 SM.

Selanjutnya, yoga mulai populer di Barat pada abad ke-19 dan awal abad ke-20 usai para guru yoga dari India memperkenalkan yoga ke Eropa dan Amerika Serikat. Pada tahun 1960-an, yoga menjadi bagian dari gerakan kontra-budaya di Barat yang menekankan gaya hidup sehat dan spiritual.

Saat ini, yoga menjadi sangat populer di seluruh dunia sebagai cara alami untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Jutaan orang mempraktikkan yoga untuk mendapatkan manfaat kesehatan dan relaksasi. Bahkan, studio yoga dapat kita temukan dengan mudah di hampir setiap kota besar di dunia.

Manfaat Yoga untuk Kesehatan Fisik

Yoga memberikan banyak manfaat untuk kesehatan fisik. Beberapa manfaat utama yoga untuk kesehatan fisik antara lain:

1. Meningkatkan Fleksibilitas dan Keseimbangan Tubuh

Yoga berfokus pada gerakan peregangan dan penguatan yang dapat meningkatkan fleksibilitas sendi dan otot. Gerakan yoga seperti tekukan ke depan, tekukan ke samping, dan memutar pinggang dapat memperluas rentang gerak sendi. Meningkatnya fleksibilitas membuat tubuh lebih lentur dan kuat.

Selain itu, yoga juga meningkatkan keseimbangan tubuh. Gerakan berdiri dengan satu kaki seperti Vrksasana atau gerakan lain yang menantang keseimbangan tubuh melatih kestabilan otot inti dan koordinasi. Meningkatnya keseimbangan tubuh membuat kita menjadi lebih kuat dan stabil.

2. Menurunkan Tekanan Darah 

Sebuah studi menunjukkan bahwa melakukan yoga secara teratur selama 12 minggu dapat menurunkan tekanan sistolik hingga 10 mmHg dan tekanan diastolik hingga 8 mmHg pada penderita hipertensi. Artinya, yoga terbukti efektif menurunkan tekanan darah tinggi.

Gerakan pernapasan dalam yoga membantu menenangkan sistem saraf yang mengatur tekanan darah. Beberapa pose yoga juga dapat merangsang sistem saraf parasimpatis yang membantu menurunkan denyut jantung dan tekanan darah.

Baca Juga :  Cara Membersihkan Karang Gigi dengan Baking Soda

3. Mengurangi Nyeri Sendi dan Punggung

Sebuah penelitian menemukan bahwa melakukan yoga selama 8 minggu dapat mengurangi nyeri lutut hingga 40% pada penderita osteoarthritis lutut. Selain itu, yoga juga terbukti efektif mengurangi nyeri punggung bawah kronis.

Gerakan peregangan dalam yoga sangat baik untuk mengurangi nyeri sendi dan punggung. Merentangkan otot yang kaku dapat mengurangi tekanan pada sendi dan tulang belakang. Beberapa pose yoga juga memperkuat otot-otot pendukung sendi dan punggung, sehingga bisa mengurangi nyeri.

4. Mengatasi Insomnia

Apakah kamu pernah mengalami gangguan tidur seperti insomnia? Jika iya, melakukan terapi yoga akan membantumu meredakan insomnia yang kamu derita.

Gerakan pernapasan dalam dan relaksasi dalam yoga dapat menenangkan pikiran dan tubuh, sehingga lebih mudah tertidur. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa melakukan yoga sebelum tidur dapat mempersingkat waktu untuk bisa tertidur, memperpanjang waktu tidur, dan meningkatkan kualitas tidur pada penderita insomnia.

Lebih lanjut lagi, yoga juga dapat mengurangi stres yang kerap memicu insomnia.

5. Meredakan Masalah Pernafasan

Manfaat yoga selanjutnya adalah berkaitan dengan sistem pernafasan. Manfaat ini antara lain : 

  • Memperbaiki kapasitas paru-paru : Gerakan yoga seperti pranayama melatih pernapasan dalam dan meningkatkan kapasitas paru-paru. Hal ini membantu menambah suplai oksigen ke seluruh tubuh.
  • Melancarkan pernapasan : Yoga membantu melatih teknik pernapasan yang benar sehingga udara bisa mengalir lancar ke paru-paru. Ini sangat berguna untuk penderita asma dan sesak napas. 
  • Membantu asma : Gerakan yoga seperti Surya Anuloma Viloma sangat baik untuk para penderita asma. Gerakan ini melatih pengaturan napas secara perlahan yang sangat berguna untuk meredakan serangan asma.
  • Meningkatkan kadar oksigen dalam darah : Dengan kapasitas paru-paru yang lebih besar dan pernapasan yang lancar, kadar oksigen dalam darah akan meningkat. Alhasil, tubuh pun terasa lebih segar dan berenergi.

Tidak heran, banyak para ahli yang merekomendasikan yoga sebagai terapi untuk memperbaiki sistem pernapasan. Gerakan yoga secara teratur dapat membantu mencegah dan mengobati berbagai masalah pernapasan seperti asma.

6. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Yoga juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Beberapa gerakan yoga secara khusus dirancang untuk merangsang organ-organ pencernaan seperti usus dan lambung.

Misalnya saja gerakan seperti twist dan backbend membantu memompa cairan limfa ke organ pencernaan. Gerakan ini membantu membersihkan racun dan meningkatkan sirkulasi ke area tersebut. Beberapa pose yoga juga dapat merilekskan otot-otot perut dan usus. Alhasil, aktivitas ini dapat membantu mengurangi sembelit dan gangguan pencernaan lainnya.

Selain itu, yoga juga membantu menyeimbangkan mikrobioma atau flora usus. Mikrobioma usus memainkan peran penting dalam sistem kekebalan tubuh dan metabolisme. Ketika mikrobioma usus sehat dan seimbang, pencernaan menjadi lebih baik. Gerakan yoga yang halus dapat membantu mencapai keseimbangan mikrobioma ini.

Dengan merangsang organ pencernaan, mengurangi sembelit, dan menyeimbangkan mikrobioma usus, yoga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Ini membantu mencapai pencernaan yang lebih baik dan penyerapan nutrisi yang optimal.

Baca Juga :  Dear Perokok, Bahaya Tar Bukan Hanya untuk Paru, Tapi Juga Otak!

7. Menjaga dan Menurunkan Berat Badan

Yoga sangat bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan secara sehat. Mulai dari membakar kalori, meningkatkan metabolisme hingga menurunkan berat badan secara sehat.

Berbagai pose dan gerakan yoga seperti Surya Namaskar membutuhkan otot untuk bekerja yang berdampak pada pembakaran kalori. Selain itu, yoga juga membantu meningkatkan metabolisme basal atau metabolisme istirahat. Semakin tinggi metabolisme, semakin banyak kalori yang dibakar tubuh bahkan dalam keadaan istirahat.

Lewat proses pembakaran kalori dan peningkatan metabolisme, yoga secara konsisten dapat membantu menurunkan berat badan secara bertahap dan sehat. Kamu nggak perlu melakukan diet ekstrim atau olahraga berat yang lebih beresiko.

Dengan menggabungkan yoga dan pola makan sehat yang seimbang, penurunan berat badan dapat tercapai secara alami dan bertahap tanpa efek samping. Yoga adalah cara sehat dan menyenangkan untuk mencapai berat badan ideal Anda.

8. Menguatkan Rambut

Tahukah kamu, yoga juga dapat membantu memperkuat rambut dan mencegah rambut rontok. Beberapa pose yoga seperti kepala berdiri, jembatan, dan anjing menghadap ke bawah dapat meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala. Hal ini membantu membawa nutrisi dan oksigen ke folikel rambut.

Pose yoga juga dapat mengurangi stres yang merupakan penyebab utama rambut rontok. Stres menyebabkan folikel rambut memasuki fase istirahat yang disebut telogen effluvium. Dengan mengurangi stres melalui yoga, kamu dapat mencegah rambut rontok.

Lebih lanjut lagi, yoga juga dapat memperlambat penuaan rambut dan ubanan. Stres oksidatif yang terjadi karena radikal bebas merupakan penyebab utama ubanan. Antioksidan dalam tubuh dapat menetralisir radikal bebas ini. Yoga dapat meningkatkan produksi antioksidan sehingga melindungi rambut dari kerusakan oksidatif. Dengan demikian, yoga secara efektif memperlambat munculnya uban pada rambut.

Jadi dengan rutin berlatih yoga, kamu dapat memperkuat rambut, mencegah rambut rontok, serta memperlambat proses ubanan secara alami. Manfaat ini membuat yoga sangat direkomendasikan untuk kesehatan rambut.

Manfaat Yoga untuk Kesehatan Mental

Selain kesehatan fisik, yoga juga membawa manfaat positif untuk kesehatan mental dan membantu mengatasi berbagai masalah psikologis. Beberapa manfaat utama yoga untuk menjaga kesehatan mental antara lain:

9. Mengurangi Stres

Yoga secara efektif dapat menurunkan hormon stres seperti kortisol. Gerakan yoga yang lambat dan pernapasan dalam membantu tubuh rileks, sehingga pikiran menjadi tenang. Yoga juga membantu meningkatkan kesadaran diri dan kemampuan untuk mengatasi stres.

Baca Juga :  Kapan sih Sebaiknya Batas Makan Waktu Malam? Ini Penjelasannya

10. Meningkatkan Ketenangan Pikiran

Praktik yoga dan meditasi membantu melatih pikiran agar tetap fokus pada saat ini. Dengan demikian, pikiran menjadi lebih tenang, jernih, dan membantu mengurangi kecemasan berlebih. Ketenangan pikiran ini membuat Anda lebih mampu mengendalikan emosi dan pikiran negatif.

11. Membantu Depresi dan Kecemasan 

Yoga efektif mengurangi gejala depresi dan kecemasan. Gerakan yoga yang pelan dan fokus pada pernapasan membantu menenangkan tubuh dan pikiran. Yoga juga membantu meningkatkan produksi hormon bahagia seperti serotonin dan dopamine yang dapat mengatasi depresi.

12. Manfaat Yoga untuk Sistem Kardiovaskular  

Yoga telah terbukti meningkatkan kesehatan jantung dan sistem kardiovaskular dengan berbagai cara. Salah satu manfaat utamanya adalah meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

Gerakan yoga yang lambat dan terkontrol, ditambah dengan teknik pernapasan dalam, dapat memperkuat otot jantung. Ini membantu memompa darah lebih efisien sehingga jantung tidak perlu bekerja terlalu keras.

Yoga juga dapat menurunkan denyut jantung istirahat. Denyut jantung yang lebih rendah saat istirahat menunjukkan efisiensi jantung yang lebih baik. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang berlatih yoga secara teratur memiliki denyut jantung 3-15 denyut per menit lebih rendah daripada mereka yang tidak berlatih yoga.

Selain itu, yoga terbukti meningkatkan VO2max, yang merupakan ukuran kapasitas aerobik atau kebugaran kardiovaskular seseorang. VO2max yang lebih tinggi berarti jantung dan paru-paru bekerja lebih efisien dalam menggunakan oksigen selama olahraga atau aktivitas fisik. Gerakan yoga yang menantang ditambah dengan pernapasan dalam dapat secara signifikan meningkatkan VO2max.

Jadi secara keseluruhan, yoga sangat baik untuk kesehatan jantung dan sistem kardiovaskular. Yoga memperkuat otot jantung, menurunkan denyut jantung istirahat, dan meningkatkan VO2max. Semua manfaat ini secara signifikan dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular.

Kesimpulan

Yoga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan fisik dan mental. Untuk kesehatan fisik, yoga bermanfaat untuk meningkatkan fleksibilitas tubuh, menurunkan tekanan darah, mengatasi insomnia, hingga menjaga dan menurunkan berat badan. Selain itu, yoga juga sangat baik untuk kesehatan mental karena dapat mengurangi stres, ansietas, dan depresi.

Dengan banyak manfaat yang kita peroleh, melakukan yoga akan memberi dampak yang positif untuk kesejahteraan kita secara keseluruhan. Jadi jika kamu ingin mencoba salah satu aktivitas fisik baru yang berdampak pada kesehatan,pastikan yoga menjadi salah satu yang kamu pertimbangkan ya!

Semoga bermanfaat!

Comments

comments

Tags:

You Might also Like

0 Shares
Share via
Copy link
Powered by Social Snap