Type to search

Self-Improvement

Setiap Manusia itu Diciptakan Unik, Bukan Sempurna. Stop Cari Kekurangan Orang Lain!

Kita pasti setuju bahwa tak seorang pun di dunia ini yang sempurna. Masing- masing dari kita terlahir dengan kelebihan dan kekurangan masing- masing. Kita semua juga pernah berbuat salah dalam menjalani hidup.

Sayangnya, mungkin tidak semua orang mengingat hal ini dengan baik. Terutama karena kita hidup di era sosial yang penuh dengan budaya nyinyir. Istilah ‘nggak ada yang sempurna’ seolah- olah terlupakan.

Nggak sedikit orang yang dengan mudah melakukan bullying terhadap orang lain, baik itu terhadap influencer, selebriti atau orang awam.

Yang memprihatinkan, bullying kadang juga dilakukan kepada generasi di atasnya yang seharusnya diberi rasa hormat, seperti kepada atasan, guru, kakak kelas, atau orang lain.

Di sisi lain, orang- orang baik dan pengertian memang selalu ada. Namun sangat disayangkan saat mereka yang berada di kalangan tertentu kadang lupa bagaimana harus bersikap dan menjadi apa.

Seolah- olah mereka lupa kalau setiap manusia juga mempunyai kekurangan. Tidak mungkin selalu bisa memenuhi ekspektasi orang lain. Kita ini manusia, bukan komputer yang serba bisa dan pasti benar.

Manusia bukan mesin yang bekerja dengan auto-pilot dan bisa di-setting sesuai daya yang dimilikinya, sehingga bisa akurat dan tanpa cela. Tapi ada saat dimana ia mulai uas dan melakukan kesalahan, maka ia akan diperbaiki atau bahkan digantikan.

Sedangkan manusia, biasanya akan ada hujatan dan caci maki lebih dulu. Kadang disebut tidak becus, tidak bisa kerja atau umpatan lainnya. Duhh… manusia itu nggak ada yang sempurna, Pak. Atau setidaknya, saat ia berbuat salah, tegurlah dengan cara yang baik.

Kita sering melihat berbagai caci maki dihujamkan tak kenal tempat dan waktu. Ada senior mencaci juniornya, ada di perjalanan pulang bekerja kita melihat caci maki diberikan kepada pedagang asongan.

Ingatlah, kita semua pernah bodoh, kita pernah tidak bisa, dan kita pernah gagal menyelesaikan tugas. Kita semua pernah terjatuh dan tersandung.

Baca Ini Juga Ya :   22 Hal Aneh yang Sering Dialami oleh Mereka yang Berkepribadian Introvert
Loading...
Perempuan cantik pendiam

Pada intinya, kita semua pernah mengalami fase belum bisa, fase belajar, dan fase menghadapi kegagalan. Tidak ada yang salah dengan memberi orang lain kesempatan untuk mencoba dan belajar. Tidak ada salahnya memberi semangat kepada orang lain untuk meraih mimpi mereka.

Masing- masing dari manusia mempunyai kelebihan dan kekurangan masing- masing. Dengan keunikan ini lah kita dapat saling melengkapi satu sama lain dan bisa mendukung satu sama lain sebagai makhluk sosial.

Dengan menjadi makhluk unik ciptaan Tuhan juga berarti kita diberikan kelemahan agar bisa terus membumi. Inilah alasan mengapa kita sebaiknya tidak menuntut orang lain untuk sama seperti yang kita inginkan. Apalagi memaksa mereka untuk selalu ahli di bidang yang mereka tidak kuasai.

Mereka yang bodoh dalam matematika misalnya, belum tentu dia akan menjadi orang gagal dalam hidupnya. Mungkin saja dia punya keunggulan di bidang seni, diplomatik, atau bidang lainnya.

Anak perempuan berbakti pada orangtua

Daripada kita sibuk menyerang kelemahan orang lain atau memaksa mereka untuk menjadi seperti yang kita harapkan, akan lebih baik kita fokus meningkatkan kualitas diri agar kehadiran kita bisa memberikan manfaat untuk orang- orang di sekitar kita. Setuju?

Baca Ini Juga Ya :   10 Rahasia Hidup Sederhana, dan Bahagia yang Bisa Kamu Terapkan Dalam Hidupmu Saat Ini Juga

Ditulis ulang dari : Hipwee

Komentar

komentar

Tags:
Loading...