Type to search

Trending

Perusahaan di Jepang Tak Mau Lagi Rekrut Calon Pegawai yang Merokok

Perusahaan di Jepang Tak Mau Lagi Rekrut Calon Pegawai yang Merokok

Rokok telah menjadi salah satu penyebab dari munculnya berbagai penyakit di dunia. Untuk mengurangi dampak rokok, banyak negara berlomba- lomba mencari berbagai cara demi menurunkan jumlah perokok di negaranya. Dalam hal ini, Jepang adalah salah satu negara yang terbaik.

Jepang telah menargetkan negaranya menjadi lingkungan yang bebas rokok, modern, dan bersih dalam rangka perhelatan Tokyo Olympics di tahun 2020 nanti. Seperti dikutip dari Daily Mail, firma Softbank di Jepang akan melarang para pekerjanya untuk merokok di jam kerja. Tak peduli apakah mereka berada di lingkungan kantor atau tidak.

Kebijakan ini akan diimplementasikan pada hari Jumat terakhir setiap bulannya, dan setelah bulan Oktober nanti, hari Rabu juga akan dimasukkan sebagai hari bebas merokok. Untuk sementara, Softbank belum akan memberi pinalti kepada yang melanggar, namun akan memberi peringatan keras.

Sedangkan perusahaan Jepan lainnya mengungkap bahwa di masa depan mereka hanya kana menerima non perokok untuk jabatan baru, dan kandidat yang berpotensi akan dimintai pengakuan apakah mereka merokok atau tidak.

Peraturan ini dibuat dengan tujuan membantu pemerintah menurunkan jumlah perokok dari 17.7 persen hingga 12 persen pada tahun 2020 nanti.

Bukan hanya perusahaan saja, Universitas Nagasaki baru- bari ini juga mengumumkan bahwa mereka tidak akan mempekerjakan professor atau dosen yang merokok. Pengecualian bisa dilakukan apabila mereka berjanji untuk berhenti merokok setelah diterima bekerja.

“Tugas kami sebagai universitas adalah untuk memelihara sumber daya manusia, dan kami merasa wajib untuk mencegah orang merokok karena beberapa perusahaan sudah mulai tidak merekrut perokok,” pungkas Shigeru Kono, presiden dari Universitas tersebut.

Baca Ini Juga Ya :   Merokok di Dalam Rumah Sama Artinya Menyebar Racun ke Setiap Penghuninya
Loading...

Komentar

komentar

Tags:
Loading...

You Might also Like