Type to search

Perlu Tahu

7 Phobia Paling Aneh dan Nggak Masuk Akal, Tapi Benar- Benar Ada

Fobia paling aneh dan tidak masuk akal

Ketakutan terhadap suatu hal memang seringkali terjadi. Hal ini pun dianggap wajar lantaran manusia mempunyai rasa takut sebagai naluri pertahanan diri terhadap hal yang dianggapnya menimbulkan bahaya. Namun karena faktor- faktor tertentu, seperti pengalaman traumatis di masa lalu, rasa takut bisa berubah menjadi sebuah fobia.

Fobia ini sendiri adalah perasaan takut secara berlebihan terhadap sebuah obyek atau situasi tanpa alasan yang jelas. Orang- orang yang mempunyai fobia ini biasanya akan merasa cemas dan ketakutan setengah mati saat melihat atau menyentuh hal- hal terkait fobia itu. Padahal, untuk orang lain itu adalah hal yang biasa saja.

 

Jenis- jenis Fobia Paling Aneh dan Tidak Masuk Akal

Ada banyak jenis fobia yang bisa dialami oleh setiap orang di dunia ini. Beberapa fobia yang sering terjadi antara lain adalah fobia terhadap serangga, kucing, atau fobia terhadap tempat yang gelap.

Namun, tidak sedikit juga fobia yang tergolong aneh dan tidak masuk akal. Apa saja itu? Berikut ulasan Geet & Aditya :

Vestiphobia, Fobia Terhadap Pakaian/ kain

Vestiphobia, takut pada pakaian/ kain

Mereka yang mengidap Vestiphobia akan lebih memilih telanjang bulat daripada harus berpakaian saat menjalani aktifitas. Hal ini terjadi karena mereka pernah punya pengalaman traumatis terkait dengan pakaian.

Baca Ini Juga Ya :   Siapa yang Harus Bayar Saat Makan Bareng? Ternyata Begini Tradisi di Berbagai Negara

Fobia ini tentu saja sangat aneh dan perlu penanganan serius agar dapat diobati dengan segera. Terutama karena pakaian adalah kebutuhan utama manusia. Bayangin deh kalau tiba- tiba kamu ketemu seseorang yang nggak berpakaian lantaran dia punya Vestiphobia? Pasti aneh banget kan rasanya?

 

Venustraphobia, Fobia dengan Wanita Cantik

Benarkah wanita lebih cepat tua dari pria?

Diantara sekian banyak cowok yang matanya langsung ngejreng saat melihat cewek cantik, ada juga segelintir cowok yang justru menghindar saat didekati wanita cantik. Bukan berarti mereka nggak tahu diri atau pemalu, bisa jadi karena mereka mengidap Venustrophobia.

Seperti gejala fobia pada umumnya, mereka yang menderita Venustrophobia ini akan merasa sangat gugup, gelisah, dan bahkan mengeluarkan keringat dingin, bahkan sampai sesak nafas saat ia berdekatan dengan wanita cantik.

 

Chremetophobia, Fobia terhadap Uang

Chremetophobia, phobia terhadap uang

Chrematophoiba bisa terjadi karena adanya pengalaman buruk yang berhubungan dengan uang. Misalnya saja seorang pengusaha kaya raya yang tiba- tiba bangkrut sampai kehilangan semua asetnya.

Karena pengalaman buruknya ini, mereka yang menderita Chrematophobia akan terus gelisah saat melihat uang atau berpikir tentang uang yang mereka miliki. Mereka juga sering cemas saat melakukan kegiatan seperti berbelanja, bayar ongkos transportasi, atau bayar makanan di sana.

Baca Ini Juga Ya :   5 Tipe Cewek yang Paling Sering Bikin Cowok Kangen dan Jatuh Cinta

Selain itu, Chrematophobia juga sering disebabkan oleh rasa takut akan kuman dan bakteri yang bisa berpindah lewat uang. Mereka yang merasa terancam oleh bakteri biasanya akan memakai sarung tangan saat memegang uang.

 

Gamophobia, Fobia Terhadap Pernikahan

Pernikahan, Hal- hal yang tidak orang bicarakan

Saat seseorang memutuskan untuk tidak menikah, seirngkali itu didasari oleh alasan yang kuat. Misalnya saja belum siap dengan tanggung jawab yang begitu besar, ingin fokus pada karir, atau belum menemukan calon yang tepat.

Namun, jika rasa ini berkutat terlalu lama, bisa saja berkembang menjadi Gamophobia. Jangankan menikah, memikirkan hal- hal yang terkait dengan pernikahan saja bisa membuatnya gelisah dan berkeringat dingin.

 

Hippopotomonstrosesquippedaliophobia, Fobia akan Kata yang Panjang

Hippopotomonstrosesquippedaliophobia, fobia aneh takut terhadap kalimat panjang

Mereka yang mengidap hippopotomonstrosesquippedaliophobia paling nggak suka dengan kata- kata yang panjang. Salah satu jenis fobia yang aneh ini belum diketahui penyebabnya secara pasti. Namun ada kemungkinan karena ada pengalaman traumatis saat belajar kata- kata yang panjang. Konon, faktor genetika juga menjadi salah satu penyebab terjadinya hippopotomonstrosesquippedaliophobia.

Baca Ini Juga Ya :   Jepang Kini Mempunyai Toilet dengan Tisu Khusus Pembersih Layar Ponsel

 

Euphobia, Fobia Mendengar Kabar Gembira

Stress dan takut gagal

Orang yang mengalami Euphobia akan panik saat mendengar kabar baik. Hal ini berkaitan erat dengan pengalaman traumatik seseorang saat masih anak- anak. Misalnya terlalu saat dia sering mendengar kabar gembira yang ternyata tidak benar- benar terjadi.

Di saat banyak orang menunggu kabar gembira, pengidap Euphobia justru menunggu datangnya kabar buruk.

 

Phobiaphobia, Fobia  terhadap Fobia

Fobia paling aneh dan tidak masuk akal

Anti mainstream banget, kan? Hehehe… Phobiaphobia adalah rasa takut yang berlebihan terhadap fobia yang ada. Berbeda dengan jenis fobia lainnya, phobiaphobia ini umumnya dipikirkan oleh pengidapnya sendiri, bukan karena faktor eksternal.

Misalnya saja saat seseorang takut akan fobia tertentu beserta efek yang ditimbulkannya. Karena intens memikirkannya, makai a pun terkena phobiphobia.

Contohnya adlaah saat seseorang punya rasa takut berlebihan (phobiaphobia) terhadap gamophobia karena sering cemas saat ditanya kapan nikah. Dengan sering berpikir tentang kecemasan itu, ia pun sering terkena serangan panik meski bukan penderita gamophobia.

 

Komentar

komentar

Tags: