Type to search

Perlu Tahu

Kopi di Coffee Shop Lebih Nikmat? Ternyata Ini Rahasianya..

Mengapa cita rasa kopi ala coffee shop berbeda?

Apakah Anda seorang pecinta kopi? Jika iya, tentu meluangkan waktu untuk bersantai di kedai kopi adalah salah satu kegiatan favorit Anda. Meskipun harga kopi di kedai kopi relatif lebih mahal, namun tentu ada kesan tersendiri saat menikmati secangkir kopi tersebut.

Mungkin kadang kita berpikir, apa yang membuat kopi di coffee shop terasa lebih nikmat? Dilansir dari Huffington Post, ternyata ada beberapa alasan universal yang membuat kopi rumahan mempunyai cita rasa yang berbeda dibandingkan kopi ala coffee shop.

Salah satu faktor alasannya adalah membuat kopi sendiri di rumah sering dianggap sebagai tugas kurang penting dan kurang menantang saat dilakukan.

Alasan ini akhirnya berpengaruh pada bahan baku serta proses yang digunakan pada saat membuat kopi sendiri di rumah. Ternyata, ada bahan serta proses pembuatan kopi yagn seringkali kurang diperhatikan. Penasaran apa saja? Simak ulasan berikut ini :

Baca Ini Juga Ya :   Dikira Produk Luar Negeri, Padahal 8 Brand Ini Asli Indonesia Lho

1.      Kadar Air

kopi,menyeduh kopi,manfaat kopi

Meski terkesan sepele, namun kadar air cukup penting dalam hal membuat kopi. Takaran yang digunakan harus sesuai untuk menghasilkan kopi yang nikmat.

Kualitas air yang baik biasanya juga tergantung pada daerah tempat tinggal. Jika airnya sedikit berbau atau meninggalkan rasa aneh di mulut, maka kemungkinan besar air ini juga tidak akan enak untuk menyeduh kopi.

Faktor lain yang perlu diperhatikan adalah suhu air. Untuk membuat kopi, suhu air ideal adalah 195 derajat Farenheit hingga 195 derajat Farenheit. Jika suhu tidak mencapai angka tersebut, cita rasa kopi yang dihasilkan sudah pasti tidak bisa sama.

Loading...

2.      Perbandingan Kopi dan Air yang Sesuai

Harga secangkir kopi termahal di dunia

Saat di rumah, kita bisa membuat perpaduan kopi dan air yang berbeda- beda. Komposisi yang sesuai sangat diperlukan agar bisa menghasilkan cita rasa yang khas, sehingga mengukur perbandingan antara kopi dan air adalah sebuah gagasan menarik.

Saat kita membuat kopi di rumah, hal ini adlah faktor yang sering diabaikan karena dianggap menciptakan kerepotan tersendiri.

Baca Ini Juga Ya :   Buat Kamu yang Ingin Menikah, Begini Tata Cara Pengurusan Dokumen Nikah yang Kamu Wajib Tahu

3.      Diperlukan Skala Khusus

Harga secangkir kopi termahal di dunia

Kopi ala coffee shop biasanya dibuat dengan skala tertentu dengan takaran yang nyaris selalu sama. Dibutuhkan pengalaman dan tingkat ketelitian yang tidak biasa dalam membuatnya.

Saat membuat kopi di rumah, tentu kita selalu bisa mengikuti resep untuk mendapatkan hasil yang diharapkan akan sama. Namun, dengan skala, tingkat pengalaman, dan takaran yang berbeda, hasilnya juga kaan jauh berbeda.

4.      Jenis Kopi yang Digunakan Berbeda

Tak Harus Diminum, Melihat Kopi Ternyata Ampuh Hilangkan Ngantuk

Jenis kopi yang digunakan juga mempengaruhi cita rasa kopi saat diseduh. Jika kamu merasa sudah bosan dengan kopi yang dibuat di rumah, mungkin sudah saatnya kamu membuat kopi sendiri dengan menggunakan mesin penggiling.

Menggiling kopi sendiri bisa diibaratkan seperti memotong sebuah roti. Jika sebuah roti dipotong menjadi beberapa bagian dan segera dimakan, tentu rasanya pasti lezat. Namun, jika potongan roti tersebut baru dikonsumsi satu jam kemudian, tentu rasanya akan berbeda.

Baca Ini Juga Ya :   Jangan Pernah Main- Main dengan 3 Zodiak Ini. Pembalasannya Bakal Lebih Sakit dari yang Kamu Duga!

5.      Beda Peralatan untuk Meramu

Mengapa cita rasa kopi ala coffee shop berbeda?

Menikmati secangkir kopi di coffee shop, berarti Anda menyeruput kopi dengan seperangkat peralatan yang lebih terawat dan higienis. Ini karena kopi mengekstrak minyak dan secara perlahan dapat mengubah warna cangkir yang digunakan.

Untuk menghilangkan noda cangkir, biasanya digunakan sabun dan air panas untuk membersihkan minyak yang menempel.

Pada akhirnya sih semua kembali ke selera. Ada orang yang memang dia baru bisa menikmati kopi saat menyeruputnya di coffee shop. Namun ada juga yang memilih untuk menikmati cangkir hangatnya sambil membaca berita pagi hari di teras rumah.

Kalau kamu suka yang mana?

Komentar

komentar

Tags:
Loading...