Type to search

Relationship

Sering Rahasiakan Sesuatu dari Pasangan Nggak Sehat buat Hubunganmu. Ini Resikonya

Share :

Yang namanya menjalin hubungan, kepercayaan adalah hal yang sangat penting. Jadi akan dirasa wajar jika pasangan biasanya minim rahasia yang nggak diungkapkan.

Tapi bagaimana kalau ternyata ada rahasia diantara pasangan? Apakah ini sehat untuk hubungan atau membawa resiko tersendiri?

Rahasia Tertentu dalam Hubungan Bisa Beresiko

Rahasia dalam hubungan asmara nggak selalu berkaitan dengan urusan perselingkuhan. Muhammad Rizal, Psi yang merupakan psikolog senior di Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia menyebut kalau umumnya pasangan memang menyimpan beberapa rahasia pribadi.

Beberapa diantaranya adalah masalah seksual, perselingkuhan, khayalan romantis pada orang lain, kesehatan mental, detail sejarah keluarga, finansial dan kegagalan.

Alasan mendasar mengapa rahasia itu hanya disimpan dari pasangan adalah rasa khawatir melihat reaksi emosi pasangan jika mengetahui hal tersebut.

“Ini banyak terjadi pada pria karena mereka cenderung ingin menghindari konflik,” ungkap Rizal.

Meski begitu, merahasiakan sesuatu dari pasangan tentu mempunyai resiko tersendiri. Namun, masalah apapun cepat atau lambat bisa saja terungkap. Entah itu dari orang terdekat atau orang lain, pada akhirnya pasangan akan tahu.

“Jika menginginkan sebuah hubungan yang berlandaskan rasa percaya, maka sebaiknya rahasia apa pun itu diungkapkan. Kalau suatu saat terungkap atau terlambat diketahui, misalnya di saat Anda dan pasangan telah melangkah ke jenjang yang lebih serius seperti menikah, hal itu akan memengaruhi hubungan Anda dengan pasangan atau dengan keluarga secara lebih luas,” ujarnya memperingatkan.

Baca Ini Juga Ya :   Pasangan Selingkuh? Ini 6 Alasan untuk Tidak Memaafkannya

Cari Tahu Resiko yang Boleh dan Tidak Boleh Disimpan

Meski rahasia bisa mempengaruhi hubungan antar individu, Rizal menyebut bahwa ada beberapa rahasia yang sebenarnya bisa kita simpan sendiri.

Salah satunya adalah rahasia masa lalu yang nggak berpengaruh pada kehidupan dan hubunganmu dengan si dia, baik di masa sekarang atau masa depan. Misalnya saja masa kekonyolan di masa remaja atau cinta monyet di masa lalu.

Memberitahu berapa jumlah mantan dan apa saja yang dilakukan selama menjalin hubungan dengan mantan juga bukan hal yang perlu diceritakan. Selain tidak ada keuntungan, dikhawatirkan ini bisa membuat kaget pasangan. Belum lagi jika pasangan merasa tidak nyaman dan dibanding- bandingkan.

Pasangan cowok cewek

Ada juga rahasia yang mau tidak mau harus diungkapkan pada pasangan. Misalnya saja pengalaman masa lalu yang mungkin berpengaruh pada masa depan.

Misalnya tentang hal di masa lalu yang menjerat sampai sekarang, yaitu hutang, penyakit yang pernah menyerang atau kekerasan yang menimbulkan trauma dan diprediksi bisa mempengaruhi hubungan.

Pertanyaan yang krusial, kapan sebenarnya waktu yang tepat untuk menyampaikan rahasia pada pasangan? Bagaimana caranya?

Menurut Rizal, mengungkapkan rahasia masing- masing sangat penting saat pasangan ingin melangkah ke jenjang yang lebih serius.

“Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengatur waktu dan tempat yang nyaman. Hindari ruang publik yang terbuka dan ramai. Selanjutnya Anda bisa memulai dengan mengatakan ‘Apakah ada hal-hal yang ingin kamu ketahui tentang diri saya?’. Setelah menceritakan rahasia tersebut, Anda harus siap menerima segala konsekuensinya, termasuk bila harus meminta maaf. Jangan bersikap defensif. Tunjukkan bahwa hal yang sudah terjadi tidak akan terulang lagi di masa depan,” begitu saran Rizal.

Loading...
Baca Ini Juga Ya :   4 Zodiak yang Cenderung Tertutup dan Sulit Ditebak Saat Kencan Pertama

Untuk kamu yang sudahi ingin melepas masa lajang, cobalah berbicara terbuka tentang rahasia masing- masing. Selain menghindari potensi masalah di masa depan, kalian juga akan meningkatkan rasa percaya satu sama lain.


Share :

Komentar

komentar

Tags:
Loading...

You Might also Like