Type to search

Health & Beauty

Rambut Kemaluan yang Dicukur Habis Ternyata Menimbulkan Dampak Negatif

Mencukur rambut kemaluan dianggap sebagai hal yang wajar kita lakukan sebagai rangkaian kegiatan untuk menjaga kebersihan diri. Dengan mencukur rambut kemaluan secara teratur, maka bagian tubuh intim kita akan terasa lebih bersih dan sehat. Terlepas dari faktor kebersihan tersebut, para ahli juga sepakat bahwa mencukur rambut kemaluan dapat membawa beberapa manfaat.

Dilansir dari laman Greatist, teori pertama tumbuhnya rambut kemaluan pada masa pubertas adalah tanda bahwa organ reproduksi seseorang sudah semakin matang. Rambut- rambut ini akan melindungi kulit dari gesekan yang timbul saat melakukan hubungan intim.

Sedangkan dalam teori kedua, tumbuhnya rambut ini ada kaitannya dengan produksi keringat dalam tubuh. Kelenjar apocrine yang terdapat di area ketiak dan kemaluan mengeluarkan zat pheromone dalam bentuk keringat dan bau tubuh yang dapat menarik lawan jenis.

Dalam hal ini, para wanita umumnya mengeluarkan pheromone yang berbeda saat mengalami ovulasi untuk menarik lawan jenisnya.

Sayangnya, sebagian besar orang memilih mencukur rambut kemaluan mereka yang berdampak pada produksi zat pheromone tersebut.

Di sisi lain, mencukur rambut kemaluan dapat menimbulkan berbagai masalah. Yang paling sering terjadi adalah munculnya rasa gatal dan ruam kemerahan di area kemaluan.

Dampak lainnya, rambut kemaluan yang tumbuh usai dicukur atau di-wax cenderung tumbuh ke arah dalam (ingrown hair) sehingga kerap menyebabkan peradangan dan muncul bercak- bercak di kulit.

Lebih buruk lagi, jika dilakukan secara berlebihan, aktifitas mencukur ini bisa menyebabkan abrasi atau penipisan akibat benda tajam pada kulit. Akibatnya, orang tersebut akan lebih berpotensi tertular atau menularkan penyakit menular seksual kepada orang lain.

Namun bukan berarti kita tidak boleh mencukur bulu kemaluan ya. Tentu saja boleh, namun pastikan kamu melakukan dengan hati- hati dan alat yang higienis agar tidak terjadi peradangan dan rasa gatal.

Baca Ini Juga Ya :   Tanda- Tanda Kulit Cepat Menua yang Wajib Kamu Perhatikan
Loading...

Komentar

komentar

Tags:
Loading...