Type to search

Self-Improvement

5 Alasan Mengapa Kamu Nggak Boleh Menjadi Seorang Anti Kritik

Share :

Manusia dikenal sebagai makhluk sosial yang tak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Namun tidak jarang, kita lupa dengan hakikat kita sebagai manusia karena ego kita.

Selain bersikap semau gue, kadang kita tidak mau mendengar masukan dari orang lain. Kita bersikap acuh dan merasa sudah yang paling benar. Padahal karakter anti kritik seperti ini tidak baik dan perlu dihilangkan.

Sikap anti kritik ini sendiri menunjukkan kalau seseorang tidak ingin mendengar tanggapan negatif tentang dirinya dan merasa bahwa dirinya adalah yang terbaik, Mereka lupa kalau di atas langit masih ada langit.

Lebih lanjut lagi, ini lah beberapa alasan mengapa kita nggak boleh menjadi seorang yang anti kritik :

1. Tidak semua yang baik menurutmu juga baik di mata orang lain

Perlu kamu ingat, semua yang menurutmu baik, belum tentu benar di mata orang lain. Setiap orang punya perspektif yang berbeda dalam memandang suatu hal.

Terlebih, kamu tentu akan masuk ke lingkungan sosial. Penting untuk bisa beradaptasi dan membuka wawasan tentang pola pikir orang lain.

Mulai dari sekarang, cobalah untuk berpikiran dengan lebih terbuka. Belajarlah menerima perspektif dari orang lain dengan cara mengurangi egomu.

Baca Ini Juga Ya :   Ini 13 “Derita” yang Bakal Dialami Kamu si Pemilik Wajah Awet Muda

2. Belajar untuk intropeksi diri

Kritik tidak selalu buruk. Kadang, kritik ini memberi manfaat untuk mendorongmu dalam melakukan introspeksi diri. Dengan intropeksi diri, tentu kamu akan menjadi versi yang lebih baik dari dirimu sebelumnya.

Berbeda saat kamu antipati dengan kritik. Kamu akan menjadi sosok yang defensif dan sulit berkembang. Di saat teman- temanmu menjadi lebih matang secara pikiran dan emosional, kamu tetap menjadi sosok yang sama dengan beberapa tahun yang lalu.

Tentu kamu tidak ingin ini terjadi, bukan?

Cobalah untuk lebih santai. Rangkul semua kritik yang kamu terima dan filter setiap kritik tersebut sebagai salah satu media untuk introspeksi dirimu. Dengan begitu, kamu akan menjadi pribadi yang lebih baik dari waktu ke waktu.

Baca Ini Juga Ya :   10 Kata Bijak dari Ibu Susi Pudjiastuti yang Langsung Membangkitkan Motivasimu

3. Adaptasi dengan lingkungan sekitar itu wajib

Karena kita makhluk sosial, maka bersosialisasi dan menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar itu hal yang penting dilakukan. Sama seperti pepatah yang menyatakan “di mana bumi dipijak, disitu langit dijunjung.”

Saat kamu berada di tempat yang baru, cobalah untuk mempelajari lingkungan sekitarmu. Jika ada hal yang mereka sampaikan dan bertentangan dengan dirimu, cobalah untuk menampungnya lebih dulu.

Kenyataannya, tidak semua orang yang berbicara pedas punya maksud negatif. Bisa jadi memang cara berkomunikasi mereka yang seperti itu sesuai dengan karakter bawaan atau pengaruh lingkungan.

4. Kedewasaan berasal dari sikap selalu mendengarkan nasehat orang lain

Seiring berjalannya waktu, pertambahan usia itu pasti. Namun, tidak semua orang berubah semakin dewasa kecuali ia mau belajar memperbaiki diri. Kadang berhadapan dengan selisih paham adalah salah satu cara beradaptasi dan menjadi dewasa.

Selain itu, salah satu cara paling ampuh untuk memunculkan kedewasaan pada diri sendiri adalah dengan belajar mendengarkan. Mendengarkan nasehat orang lain dengan pikiran positif akan membuatmu menjadi pribadi yang lebih bijaksana dalam menjalani hidup.

Baca Ini Juga Ya :   Kamu Super Sensitif? Ini Dia 4 Jenis Pekerjaan Terbaik untuk Kamu

5. Merangkul kritik membuatmu lebih bijak dalam menentukan pilihan

Saat kita sudah bisa merangkul kritik, di saat inilah kita bisa menjalani hidup kita dengan lebih bijaksana. Kita bukan lagi orang yang mudah emosional saat kesalahan kita mendapat teguran orang lain.

Loading...

Kita juga tidak begitu sakit hati saat mendapat kritik pedas dari orang lain. Kamu menyadari bahwa setiap orang mungkin berbuat salah. Itulah mengapa kita perlu terus belajar dan meningkatkan diri.

Itulah lima alasan mengapa kamu nggak boleh menjadi pribadi yang anti kritik. Memberi kritik bukan berarti menjatuhkan, namun justru membantumu untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.


Share :

Komentar

komentar

Loading...