LOADING

Type to search

Story

7 Hal yang Dapat Wanita Masa Kini Pelajari dari Khadijah

Belajar dari Khadijah, istri Rasulullah
Bagikan

Bagi Anda yang beragama Islam, tentu sudah tidak asing lagi dengan nama Khadijah. Sosoknya adalah wanita yang kita dan menjadi wanita populer yang mendampingi Rasulullah.

Ya, wanita ini lah yang dapat membuat si Aisyah terbakar api cemburu. Wanita ini pula yang mampu membuat Rosul mengingatnya sepanjang waktu, bahkan meskipun Rosulullah sedang bersama istri- istrinya yang lain.

Khadijah dikenal memiliki keistimewaan yang tidak wanita lain miliki Banyak orang menyebutnya sebagai salah satu wanita istimewa yang beruntung sepanjang masa.

Dia penuh dengan cinta nan tulus dan suci dari kekasih Allah, sekaligus dikabarkan menjadi wanita pertama yang akan mendapatkan berita masuk surga dan mendapatkan ucapakan salam dari Allah SWT.

Belajar Mencintai dari Khadijah

Khadijah dikenal memiliki akhlak yang sangat mulia. Ia juga terkenal sebagai istri yang taat dan perempuan yang pintar dalam mengurus keluarganya. Dengan sosok wanita ini, meraih keluarga sakinah, mawaddah dan warahmah menjadi semakin mudah. Benar- benar wanita yang luar biasa.

Berikut ini adalah beberapa hal yang wanita masa kini bias pelajari dari Khadijah :

1. Menerima Pasangan Apa Adanya

Point nomer pertama ini adalah teladan utama yang Khadijah ajarkan, sebagaimana yang tercatat dalam sejarah. Ia terkenal sebagai wanita kaya raya di saentero Mekkah dengan harta dan kecantikan yang luar biasa, lelaki mana pun ingin meminangnya.

Meski demikian, Khadijah lebih memilih Rasulullah yang belum memiliki banyak harta. Nabi Muhammad yang waktu itu belum memiliki banyak harta tidak membuatnya tersipu malu.

Sebaliknya, ia justru begitu mencintai dan menerima Rasulullah apa adanya. Baginya, harta bukan lah segalanya, dan justru kebaikan dan kesalihan Rasulullah lah yang menjadi penilaian utamanya.

Baca Juga :  Perlu Tahu, Ini Dia 9 Ciri Istri yang Menjadi Pengundang Rezeki Suami

2. Selalu Ada Ketika Suami Membutuhkan

Siti Khadijah selalu menemani Rasulullah dalam keadaan suka dan duka. Bahkan di dalam masa- masa perjuangan ketika terjadi pemboikotan yoleh kaum Quraisy, wanita ini adalah teman yang sangat setia untuk Rosul.

Wanita cantik ini tidak sedikit pun pernah mengeluh atas semua masalah yang terjadi di keluarganya.

3. Penuh Kasih Sayang, Taat dan Perhatian pada Suami

Seorang istri yang penuh kasih sayang, taat dan perhatian pada suami ini lah yang menjadi idaman setiap pria. Khadijah memiliki cinta yang suci dan tulus, serta selalu mencurahkan semua perhatiannya kepada Rasulullah.

4. Selalu Berkata Bijak, Lembut dan Menenangkan

Istri yang baik selalu menjadi pendukung setia  suaminya dalam hal kebenaran. Hal yang sama telah Khadijah lakukan. Hal ini terbukti ketika Rasulullah menerima wahyu untuk pertamakalinya.

Waktu itu Nabi Muhammad gemetar hebat. Beliau lalu menemui istrinya sembari berkata “Selimuti aku! Selimuti aku”. Siti Khadijah pun menyelimuti beliau sampai hilang rasa takutnya.

Istri Rasulullah, Khadijah

Setelah itu Rosul bercerita tentang apa yang dialaminya. Beliau juga berkata, “Aku benar- benar mengkhawatirkan diriku..”

Melihat kepanikan suaminya, ia berusaha menenangkan Rosul. Ia pun berkata, “Tidak, Allah tidak akan menghinakan engkau buat selama-lamanya.

Sesungguhnya engkau benar-benar senang menyambung silaturrahim, menanggung beban orang lain, memberi sesuatu kepada orang miskin, menjamu para tamu, dan memberi bantuan kala terjadi musibah-musibah yang benar-benar gawat.”

Baca Juga :  Kisah Perjuangan Wahib Melawan Corona hingga Sembuh : Kuncinya Sistem Imun

5. Mendidik Anak dengan Sebaik- baiknya

Khadijah memiliki karunia istimewa, yaitu mendapatkan keturunan untuk Nabi Muhammad. Rasulullah pernah bercerita, “ALLAH mengaruniai aku Anak darinya, ketika DIA tidak memberiku anak dari Istri-Istriku yang lainnya.”

Ia pun menjadi ibu yang terbaik untuk anak- anaknya.

6. Bergaul dengan Baik bersama Suami

Sebagai pasangan suami istri, Khadijah dan Rosul memahami dengan baik hak dan kewajiban masing- masing sehingga keduanya memiliki rumah tangga yang tenang, tentram dan bahagia.

7. Selalu Tawakal dan Sabar

Pernah suatu waktu, Khadijah dan Rosul menjadi bahan hinaan masyarakat Quraisy. Kejadian ini tidak membuatnya menjadi rapuh, merengek dan kecil hati.

Sebaliknya, ia selalu tawakal dan sabar sehingga selalu memiliki energi positif dan kekuatan untuk menghadapi semua permasalahan.


Bagikan

Comments

comments

Tags:

You Might also Like