LOADING

Type to search

Hubungan

Pria Wajib Tahu, 7 Tanda Istri Sudah Capek dan Masuk Kategori “Error Mom”

Tanda istri capek dan masuk kategori error mom
Bagikan

Error mom adalah kondisi atau tanda dimana istri sudah sangat capek atau kelelahan. Ini lumrah terjadi karena seorang ibu pada dasarnya adalah manusia biasa. Sebagai ibu rumah tangga, pekerjaan istri di rumah nyaris tidak ada habisnya.

Apalagi kalau sudah punya buah hati tercinta. Perasaan baru lima menit yang lalu beres- beres, eh rumah sudah berantakan lagi. Baru kemarin cuci baju, eh hari ini sudah numpuk lagi.

Karena pekerjaan sehari- hari yang menumpuk, ada saatnya istri berada di titik dimana mereka merasa sangat capek dan lelah. Mereka membutuhkan jeda sebelum berlanjut ke aktivitas yang lainnya.

Istri juga membutuhkan waktu rehat

Terus, apa saja sih tanda- tandanya kalau istri sudah mulai masuk ke kondisi capek dan lelah? Diantara beberapa jenis “Error Mom” ini, mana sih yang pernah kamu lakukan?

  1. Kebablasan menuangkan susu kaleng ke dalam gelas sampai penuh
  2. Kebablasan ngisi air ke mesin cuci sampai luber
  3. Masak nasi tapi lupa pencel tombol “cooking” di magic jar, pas semua sudah mulai lapar dan bersiap ambil nashi, ehh…. masih mentah… doenggg
  4. Mengisi air ke mesin cuci tapi mesin cuci dalam kondisi tombol “drain” alias airnya keluar lagi
  5. Lupa menaruh selang mesin cuci ke tempat seharusnya sehingga saat kondisi “drain”, air meluap ke lantai semua
  6. Memanaskan sayur atau air sampai gosong panci/ wajannya
  7. Menjemur baju di posisi yang kurang pas, saat ditinggal sebentar, gubraaaakkkkk… jatuh deh jemurannya

Pernah nggak sih ngalamin hal kayak gitu? Kalau pernah, berarti kamu nggak sendirian.

Ternyata banyak yang secara tidak sengaja pernah melakukan hal seperti itu lho. Kenapa? Ya karena menjadi istri dengan berbagai peran memang tidak mudah.

Beban istri semakin menjadi- jadi saat suami tidak paham dan tidak mau membantu meringankan beban pekerjaan rumah tangga. Padahal kelelahan sebaiknya tidak dianggap remeh. Sejumlah penyakit bisa menyerang saat tubuh terus menerus kelelahan. Yang ngeri, bahkan sejumlah kasus kekerasan ibu pada anak kerap dipicu karena kelelahan berlebihan yang ibu alami.

Yang ironis, sebagian besar wanita kerap tidak mau menyampaikan langsung rasa lelahnya ini pada suami. Mereka biasanya khawatir kalau suami malah jadi marah atau dianggap sebagai tukang mengeluh. Padahal sering tidak disadari, kemampuan istri untuk mengurus rumah tangga juga terbatas dan butuh pertolongan.

Baca Juga :  Hal yang Perlu Kamu Pertimbangkan Saat Berteman sama Mantan

Tanda- tanda Istri Capek dan Masuk Kategori Error Mom

Justru kalau suami tidak peka, ada hal- hal negatif dan berbahaya yang bisa terjadi. Suami perlu untuk mengetahui ciri- ciri dan tanda jika istri sedang lelah. Dengan begitu, suami wajib mengambil peran untuk mengurangi atau menghilangkan kelelahan tersebut.

Terus, apa saja sih yang menjadi indikasi kelelahan istri? Berikut ini tanda- tandanya :

1. Kurang keseimbangan

Jika istri diajak bicara tidak nyambung, ditanya anak jawabannya agak membingungkan, cobalah amati istri Anda. Bisa jadi saat ini ia sedang kehilangan keseimbangan.

Ini adalah salah satu tanda kalau istri Anda sedang kelelahan. Untuk itu, gantikan pekerjaannya sementara sampai kondisi istri bugar kembali.

2. Uring- uringan

Istri yang lagi uring- uringan bukan hanya tanda kalau ia sedang bad mood, tapi bisa juga tanda istri yang sedang lelah hingga ke puncaknya.

Jangan dicuekin, justru di titik ini suami perlu peka dan mendekati untuk menawarkan bantuan.

3. Terlihat kusut dan tidak menarik

Jaman belum menikah dulu istri tampak menarik, selalu wangi, suka berdandan dan selalu rapi. Itu karena ia mempunyai banyak waktu luang untuk memperhatikan diri sendiri.

Setelah menikah dan mempunyai anak, banyak istri yang kehilangan kesempatan untuk merawat diri sendiri. Akibatnya, meskipun rumah terlihat rapi dan terurus, istri justru terlihat tak terurus.

Saat istri menyadari kecantikan dan penampilannya menurun, ia bisa semakin murung dan sedih. Suami jangan diam saja, berikan istri waktu luang untuk merawat diri sendiri dengan mengambil alih beberapa pekerjaan rumah tangga yang mudah untuk ditangani.

4. Sulit berkosentrasi

Istri terlihat mulai linglung dalam melakukan pekerjaannya??

Itu juga salah satu tanda bahwa istri mulai merasa capek. Bayangkan, sehari penuh ia terus melakukan pekerjaan itu lagi- itu lagi yang tak ada habisnya. Daripada ngeluh, bantuin istri yuk!

Baca Juga :  5 Ilustrasi “Ekspektasi vs Realita” Seorang Ibu Rumah Tangga di Mata Suami. Dijamin Ngena Banget!

5. Marah karena hal sepele

Istri yang super sabar pun juga bisa marah tanpa alasan karena hal sepele. Misalnyal, ia langsung gusar saat anak lambat merapikan mainnnya atau suami pulang kerja terlambat pun kena semprot.

Jika istri punya alasan sepele untuk marah- marah, itu artinya ia sedang sangat lelah.

6. Suhu tubuh istri sering panas

Bagaimana aktifitas istri saat ini, apakah benar terlalu padat sehingga kelelahan? Secara umum, turunnya imunitas adalah salah satu gejala nyata dari kelelahan.

Saat kondisinya lelah dan kekebalan tubuhnya menjadi lemah, maka virus dan bakteri akan mudah sekali masuk ke dalam tubuh. Flu, batuk, dan demam akan memaksa tubuh untuk istirahat. Sebaiknya sih cegah sebelum ini sering terjadi.

Jadi, rajin- rajin tawarin ke istri jika ia butuh bantuan dalam mengerjakan pekerjaan rumah.

Dapur berantakan

7. Mudah tertidur

Baru diajak ngobrol sebentar, eh sudah ngantuk dan tertidur. Tertidurnya pun bisa di sembarang tempat, entah itu di kursi atau di depan tv.

Jika ini terjadi pada istrimu, peka lah dan latihlah untuk terbiasa membantu pekerjaan istri.

8. Mendadak baper

Bercanda memang cara paling ampuh untuk meningkatkan rasa cinta. Tapi kok.. istri mendadak jadi gampang baperan ya? Diajak bercanda, eh malah tersinggung, bahkan sampai menangis?

Hmmmm…. Ini adalah tanda kalau sang istri capek dan sedang jenuh.

9. Saat tidur pun istri gelisah

Satu- satunya waktu yang bisa digunakan sang istri untuk melepas lelah adalah waktu saat istirahat di malam hari. Namun karena pekerjaan yang menumpuk seharian, tentu saja kualitas tidur menjadi berkurang.

Hal ini berpengaruh ke kemampuan fisik yang mengakibatkan istirahat tidak maksimal. Jadi, salah satu tanda kalau istri sudah sangat lelah adalah ia sering tidur tidak nyenyak atau sering gelisah saat tidur.

Jika melihat tanda ini, suami sebaiknya jangan meremehkannya, Ajak sang istri untuk refreshing dengan jalan- jalan atau manjakan istri di spa kecantikan. Melihat ia kembali fit dan bugar pasti ikut membuat kamu senang.

Baca Juga :  5 Alasan Mengapa Nggak Ada Salahnya Punya Standar Tinggi dalam Memilih Pasangan

Yang suami lakukan untuk membantu istri dalam fase Error Mom

Jika sudah membaca tanda- tanda istri capek di atas, suami sebaiknya jangan cuek bebek saja. Salah satu alasannya, kalau istri lelah, maka semua di rumah bisa kacau balau.

Mulai dari pekerjaan rumah, sampai anak dan suami. Istri adalah ratunya rumah, jadi tentu saja sudah semestinya ia dijaga dan diperhatikan dengan baik, terutama jika ia terlihat sedang kelelahan.

Untuk menghadapi situasi seperti diatas, hal- hal yang bisa suami lakukan antara lain :

1. Siapkan dana untuk istri melakukan ‘Me Time’

Setelah mendedikasikan seluruh waktu, tenaga dan pikirannya, istri berhak untuk menikmati ‘Me Time’ nya.

Siapkan dana ‘Me Time’ agar istri punya kesempatan untuk menjaga diri dan menyegarkan pikiran dengan ke salon atau belanja. Jika istri cantik, sehat dan bugar, tentu saja rumah akan terasa semakin nyaman. Setuju??

2. Ajak istri piknik ke tempat- tempat yang indah

Mengurus rumah tangga setiap hari bukan hanya membuat istri lelah dan letih, tapi juga membuatnya jenuh. Untuk mengatasi titik jenuh itu, sesekali ajak istri piknik ke tempat- tempat yang indah.

Piknik itu nggak harus identik dengan pergi ke tempat yang jauh atau mahal. Rencanakan saja dulu ke tempat- tempat yang dekat dan menyenangkan. Dengan melihat pemandangan yang indah, istri akan kembali bugar dan senang.

3. Jangan pelit memberikan bantuan kecil kepada istri

Dalam rumah tangga seringkali muncul ego tidak mau membantu istri karena menganggap itu pekerjaan wanita. Itu salah kaprah. Saat berumah tangga, tanggung jawab kebersihan rumah dan pekerjaan rumah tangga adalah tugas bersama.

Tidak seharusnya ada ego untuk tidak mau melakukan pekerjaan rumah. Selain itu, sekecil apa pun bantuan suami di dalam pekerjaan rumah tangga, itu akan sangat berarti untuk istri.


Bagikan

Comments

comments

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *