LOADING

Type to search

Hubungan

Sebelum Menyesal, Kenali 11 Tanda Pasangan Selingkuh dari Para Ahli Ini

Tanda pasangan selingkuh
Bagikan

Siapapun pasti tak ingin menjadi korban perselingkuhan. Karena dalam hubungan, kesetiaan adalah hal yang paling penting dan wajib dijaga. Tapi bagaimana jika pasangan tiba- tiba menunjukkan gelagat aneh?

Pasangan tiba- tiba bersikap berlebihan atau malah terlalu cuek. Saat kita mencoba mencari tahu, responnya pun tidak seperti yang kita harapkan. Rasanya ada yang salah dan disembunyikan.

Daripada menduga hal yang tidak- tidak, kamu perlu untuk mengenali beberapa tanda saat pasangan selingkuh. Dilansir dari Men’s Health, para ahli menyebut bahwa ada sejumlah tanda peringatan umum dan halus yang menjadi indikasi seseorang melakukan perselingkuhan. 

Tanda- tanda Pasangan Selingkuh

Karena setiap orang menafsirkan tanda- tanda peringatan yang berbeda, maka penting untuk memahami tanda- tanda umum pasangan selingkuh, sebelum akhirnya membuat kesimpulan.

1. Pasangan tiba- tiba perhatian secara berlebihan. Padahal biasanya anteng dan cenderung cuek

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Personality and Social Psychology Bulletin menyebut kalau mereka yang selingkuh cenderung membuat upaya yang jelas untuk menutupi hubungannya.

Bahkan saat kamu curiga dia selingkuh dengan seseorang, dia nggak akan ragu untuk menjelek- jelekkan orang yang kamu curigai. Ini dia lakukan semata- mata sebagai taktik untuk mengalihkan kecurigaanmu.

2. Masih sering komunikasi dengan mantan diam- diam 

Menjaga hubungan baik dengan mantan pasangan sih sebenarnya sah- sah saja. Tapi kalau dilakukan diam- diam? Aduh, ini sudah pasti tanda bahaya.

Jika kamu menyadari hal ini terjadi, coba deh sampaikan ke pasangan kalau hal ini membuat kamu merasa tidak nyaman.

Baca Juga :  7 Hal yang bikin Kamu Sulit Move On dari Mantan Pacar

3. Tiba- tiba sering lembur dan sering batalin janji karena alasan pekerjaan

Pasangan tiba- tiba saja mempunyai jadwal kerja yang lebih lama dan bahkan hingga malam. Jika ini adalah hal yang baru- baru saja terjadi, kamu boleh saja curiga. Terutama kalau jawaban pasangan berubah- ubah saat kamu menanyakan.

Saat seseorang mulai selingkuh, mereka akan punya lebih sedikit waktu untuk pasangannya dan kerap membatalkan rencana dengan menggunakan pekerjaan sebagai alasan.

4. Tiba- tiba perhatian dengan orang lain juga. Bagus sih maksudnya, tapi kok aneh ya?

Perhatiannya sih bukan perhatian yang terlihat natural. Misalnya saja pasangan sering menanyakan ‘orang lain’ saat sedang bersama kamu. Kadang- kadang sih hal seperti ini bersifat natural.

Tapi ada kalanya respon kekaguman pada orang lain juga menjadi tanda tanya soal komitmen. Apalagi jika dia menanyakan ini saat seharusnya menikmati waktu berkualitas bersama kamu.

5. Seperti punya dunia sendiri di media sosialnya

Merasa paranoid dengan interaksi digital pasangan sah- sah saja selama masuk akal. Misalnya saja saat kamu memergoki pasanganmu sering chat secara intim dengan beberapa orang tertentu. Atau dia seperti menunggu- nunggu seseorang untuk update di media sosial.

Apalagi jika pasanganmu punya niat untuk menyembunyikannya dari kamu. Jika ini sering terjadi, ini adalah hal yang kamu dan pasangan perlu bahas bersama.

Baca Juga :  Perlu Nggak Sih Menghapus Foto Mantan dari Akun Medsosmu? Jawaban ini Bikin Kamu Lega

6. Nggak pernah bisa lepas dari smartphone, bahkan saat kalian lagi nge-date berdua

Lagi ngedate berdua, tapi perhatiannya dia selalu sama smartphone nya? Apalagi di beberapa kesempatan dia seperti ketakutan kalau HP nya sampai ketinggal dan kamu baca.

Yang lebih mencurigakan adalah saat dia menerima panggilan telepon. Dia nggak mau terang- terangan berkomunikasi di depanmu, berusaha menutupi sesuatu atau bahkan menyembunyikan layar agar nggak terlihat.

Kalau kamu melihat gelagat ini, berhati- hatilah. Ini adalah salah satu indikasi kuat dia sedang melakukan perselingkuhan.

7. Selingkuh kadang bikin orang insecure. Dia yang salah, tapi dia yang membuat tuduhan seolah- olah kamu melakukan kesalahan

Hal yang aneh tapi sering terjadi, saat seseorang selingkuh, mereka justru memproyeksikan perasaan mereka sendiri ke pasangannya.

Misalnya saja tiba- tiba dia sering nggak percaya pada mu. Padahal sebenarnya dia yang sedang berulah.

8. Tiba- tiba suka belanja sembunyi- sembunyi bisa menjadi tanda pasangan selingkuh

Kalau yang satu ini mungkin nggak mudah kamu deteksi. Tapi misalnya kamu dan paangan mempunyai rekening biasa, kamu akan melihat tanda- tanda seperti peningkatan penarikan ATM atau pembayaran belanjaan.

Jika ini sudah terjadi dan dia sama sekali nggak membicarakan ini denganmu, cobalah untuk mengusutnya lebih dalam. Besar kemungkinan dia mempunyai prioritas baru yang cukup menyita finansialnya.

9. Pasangan yang sebelumnya selingkuh juga punya kemungkinan buat selingkuh lagi

Jika pasanganmu sebelumnya pernah berselingkuh, kamu perlu waspada. Pasalnya, penelitian menunjukkan kalau mereka yang selingkuh, akan cenderung untuk mengulanginya. Percaya sih boleh- boleh saja, tapi waspada juga sama pentingnya.

Baca Juga :  Menurut Ahli, Ini 3 Alasan Mengapa Pria Beristri Enggan Bercerai untuk Menikahi Selingkuhannya

10. Berubah sensitif kalau ngobrolin tentang perselingkuhan

Menurut Psikolog Robert Wiss Ph.D., MSW, yang dilansir dari Psychology Today, orang yang selingkuh akan sensitif dengan topik perselingkuhan. Mereka akan menghindari obrolan tentang perselingkuhan untuk menutupi kesalahannya.

11. Frekuensi hubungan intim berkurang atau malah meningkat

Buat yang sudah menikah, tanda pasangan selingkuh juga bisa dirasakan dari frekuensi hubungan suami istri. Ada yang frekuensi berhubungan mengalami penurunan, ada juga yang justru mengalami peningkatan.

Frekuensi berhubungan menjadi berkurang karena pasangan sedang fokus pada orang lain atau banyak urusan. Tapi juga bisa mengalami peningkatan untuk menutupi kesalahannya.

Meski mengalami penurunan atau peningkatan frekuensi, namun kualitas berhubungan mengalami penurunan dan ini adalah hal yang tidak bisa ditutupi. Dia tidak lagi merasa terhubung secara emosional denganmu.

Jika kamu melihat tanda- tanda ini, satu atau beberapa, sebenarnya bukan jaminan langsung kalau pasangan pasti selingkuh. Namun tanda- tanda ini bisa menjadi alarm agar kamu peka bahwa ada yang salah dalam hubunganmu saat ini.

Tentu saja kamu berharap bahwa ini adalah masalah yang bisa diatasi bersama dan bukan perselingkuhan. Namun jika ternyata benar perselingkuhan, cobalah untuk mengambil langkah tegas kepada pasanganmu.


Bagikan

Comments

comments

Tags:

You Might also Like