LOADING

Type to search

Hubungan

6 Alasan Pasangan yang Lama Pacaran Justru Cepat Pisah Setelah Menikah

Pasangan pacaran lama cenderung cepat pisah saat menikah
Bagikan

Setiap hubungan bisa mengalami perjalanan unik satu sama lain. Ada pasangan yang sudah lama pacaran, lalu menjalani pernikahan bahagia. Namun ada juga pasangan yang pacarannya sudah lama, namun belum lama justru berpisah saat menikah.

Fenomena unik yang bisa kita temukan di beberapa pasangan ini pun dianalisis lebih lanjut oleh Brightside. Dilansir dari laman mereka, setidaknya ada beberapa hal yang mempengaruhi hal tersebut :

1. Tidak bisa berkomitmen

Hubungan pacaran berbeda dengan pernikahan. Pernikahan menuntut komitmen yang lebih kuat antara perempuan dan laki- laki. Dan sayangnya, tidak semua orang yang berpacaran lama punya komitmen yang kuat.

Padahal komitmen ini sebenarnya bisa terlihat dari perilaku sehari- hari. Jika dia sulit menghargaimu dalam hubungan yang sudah berjalan, maka suatu saat hubungan akan hancur. Sekalipun sudah ada ikatan suci.

2. Menjalani hubungan dengan lebay

Berdasarkan studi oleh Journal of Personality & Social Psychology, pasangan yang menunjukkan ketertarikan secara berlebihan di awal cenderung mudah berpisah setelah menikah.

Pasalnya, perhatian yang berlebihan saat pacaran ini memicu tumbuhnya ekspektasi yang tak bisa dipenuhi setiap waktu. Segala perhatian berlebih saat pacaran tak lagi spesial di pernikahan nanti karena sudah sering diberikan.

3. Tak bisa membedakan cinta dan rasa nyaman

Kesalahan terburuk yang terjadi dalam banyak hubungan adalah salah menyadari rasa cinta dan nyaman semata. Keraguan ini lah yang membuat orang- orang setelah menikah tersadar bahwa mereka tidak pernah benar- benar jatuh cinta.

Baca Juga :  Kriteria Wanita yang Paling Banyak Dicari Pria untuk Dijadikan Istri

4. Perubahan kebutuhan

Orang berubah seiring waktu. Mulai dari perasaan, sampai kebutuhan mereka. Saat ini terjadi, tidak semua pasangan bisa beradaptasi. Ada ingin bertumbuh bersama, dan ada juga yang lebih ingin fokus memenuhi kebutuhan diri sendiri.

5. Hanya ingin status

Ada banyak alasan mengapa seseorang menikah. Dan tidak semuanya karena cinta. Salah satunya adalah karena ingin menyandang status menikah setelah pacaran begitu lama.

Dan karena keinginan sesaat ini lah yang kadang membuat pernikahan ini menjadi akhir yang penuh penyesalan. Kenyataannya, masing- masing belum siap dengan tanggung jawab baru yang akan diemban.

6. Tidak sesuai ekspektasi

Ada yang pacaran lama dan merasa sudah mengenal pasangan luar dalam, tapi merasa banyak hal yang berubah setelah menikah.

Nah, perasaan sudah mengenal dan ekspektasi yang tinggi ini lah kerap menjadi penghancur dalam hubungan. Pasangan harusnya menyadari bahwa komunikasi mereka lebih intens dan pernikahan harus saling melengkapi.


Bagikan

Comments

comments

Tags:

You Might also Like