Type to search

Perlu Tahu

Mengapa Kunci Hotel Berbentuk Kartu? Ini Alasannya!

Mengapa Kunci Hotel Berbentuk Kartu/ Cardlock

Kunci hotel berbentuk kartu memang terbilang sebuah konsep yang unik. Kunci dengan bentuk kartu atau cardlock ini menjadi hal yang biasa di sebagian besar hotel di seluruh dunia.

Cardlock tentunya juga bukan kartu biasa. Melainkan sensor yang bisa mengunci ruangan sekaligus menyalakan peralatan elektronik di kamar.

Cardlock diperoleh tamu saat check-in di resepsionis. Para tamu nanti akan memperoleh cardlock yang masing- masing tertulis nomor kamarnya. Artinya, cardlock ini eksklusif hanya untuk kamar yang dituju dan tidak bisa digunakan untuk kamar yang lain.

Alasan dan Manfaat Di Balik Kunci Hotel Berbentuk Kartu

Alasan dibalik kunci hotel berbentuk kartu
Image via Freepik

Apakah kamu pernah bertanya- tanya mengapa hotel menggunakan kunci yang bentuk nya seperti kartu? Tentu saja, keunikan dan estetika bukan alasan utama mengapa kunci hotel berbentuk kartu.

Apakah ada alasan khusus dibaliknya? Berikut adalah beberapa alasan dan manfaatnya : 

1. Sistem Keamanan yang Lebih Baik

Kunci berbentuk kartu mempunyai tingkat keamanan yang jauh lebih baik daripada kunci konvensional pada umumnya. Kunci konvensional mudah disalin, yang artinya bisa membuka kemungkinan kejahatan seperti perampokan atau pencurian.

Selain itu, kunci berbentuk kartu ini menggunakan teknologi chip yang memungkinkan informasi terkait dengan kamar dan tamu tersimpan secara digital. Hal ini membuat kunci sulit untuk disalin dan membuka kemungkinan kejahatan lainnya.

Baca Juga :  Siapa yang Harus Bayar Saat Makan Bareng? Ternyata Begini Tradisi di Berbagai Negara

2. Kemudahaan Penggunaan

Dengan bentuk kartu, kunci hotel menjadi lebih mudah digunakan dan lebih praktis daripada kunci konvensional. Mudah untuk disimpan di dompet atau tas, sehingga tidak perlu khawatir salah membawa kunci atau mudah hilang.

Selain itu, kunci berbentuk kartu juga mudah dipindai sehingga staf hotel bisa memeriksa dan mengontrol akses kamar dengan lebih mudah.

3. Meningkatkan Efisiensi Hotel

Siapa sangka, ternyata bentuk kartu ini juga bisa meningkatkan efisiensi hotel. Misalnya, staf hotel bisa memprogram kunci- kunci ini dengan mudah untuk membuka beberapa kamar. Atau bahkan, untuk mengontrol akses ke area tertentu di hotel.

Dengan cara ini, staff hotel bisa efisien dalam bekerja dan mempercepat proses pelayanan check-in dan check-out tamu.

4. Mengatur Fasilitas Tambahan

Meski tidak hotel semua menerapkannya, kunci hotel berbentuk kartu ini bisa dikembangkan untuk dimanfaatkan sebagai fasilitas tambahan di hotel. Misalnya sebagai kartu akses ke pusat kebugaran, kolam renang, hingga kartu pembayaran untuk layanan tambahan di hotel.

Tentu ini bisa menambah kenyamanan untuk pengunjung yang menginap, bukan?

Kesimpulan

Penggunaan kunci berbentuk kartu di hotel tidak semata- mata karena alasan unik dan estetika. Di balik itu, terdapat manfaat dan alasan yang kuat. Mulai dari tingkat keamanan yang lebih baik hingga efisiensi yang meningkat sampai integrasi ke sistem digital.

Baca Juga :  Dikira Produk Luar Negeri, Padahal 8 Brand Ini Asli Indonesia Lho

Dengan begitu, secara keseluruhan cardlock adalah sistem kunci hotel yang lebih mumpuni dari sisi keamanan daripada kunci konvensional.

Comments

comments

Tags:
0 Shares
Share via
Copy link
Powered by Social Snap