Type to search

Pengembangan Diri

Mengenal Kepribadian Ekstrovert, Ciri- ciri & Tips Menghadapinya

Mengenal apa itu kepribadian ekstrovert

Kepribadian ekstrovert merupakan salah satu dari dimensi kepribadian menurut model Big Five. Mereka yang termasuk ke dalam kelompok kepribadian ini cenderung lebih terbuka dalam hubungan sosial dan mudah bergaul dengan orang lain.

Selain itu, ada banyak hal menarik yang bisa kamu temui dalam tipe kepribadian ini. Simak ulasan Geet ya!

Apa itu Kepribadian Ekstrovert?

Kepribadian ekstrovert adalah tipe kepribadian yang terbuka dengan segala hal dirasakannya, aktif, dan mudah bergaul dengan orang lain. Seorang ekstrovert suka bertemu dengan orang baru, bergaul dan terlibat dalam aktivitas sosial yang menyenangkan.

Di sisi lain, memang ada kepribadian yang cenderung lebih tertutup dan lebih suka menghabiskan banyak waktu bersama diri sendiri. Namun ekstrovert adalah kebalikan dari tipe kepribadian tersebut.

Ekstrovert seperti tidak pernah kehabisan energi dan tidak pernah bosan untuk menghabiskan waktu bersama orang lain, untuk bercerita dan melakukan hal- hal lain. Ya, mereka memang tipe kepribadian yang bersifat sosial, ramah dan energik.

Ciri- Ciri Orang dengan Kepribadian Ekstrovert

Ekstrovert mudah bergaul dengan orang- orang di sekitarnya

Selain beberapa fakta di atas, kamu juga bisa mengenali seorang ekstrovert dari ciri- ciri berikut :

1. Mudah Bergaul dengan Orang Baru

Seorang ekstrovert cenderung punya lingkungan sosial yang lebih luas dari seorang introvert. Mereka suka bertemu dengan orang- orang baru dan membangun hubungan yang erat dengan mereka.

Dalam lingkungan sosial, ekstrovert adalah sosok yang selalu antusias untuk berpartisipasi dalam kegiatan sosial. Mereka juga selalu inisiatif untuk berkenalan dengan orang baru.

2. Aktif dan Energik

Dibandingkan dengan sosok introvert, seseorang dengan kepribadian ekstrovert cenderung lebih aktif dan energik. Mereka suka melakukan banyak hal dan tidak suka diam di tempat yang sama dalam waktu lama.

Mereka yang ekstrovert mempunyai semangat hidup yang tinggi dan mudah terkesan dengan hal- hal baru dan menarik.

Baca Juga :  7 Langkah Menghadapi Ambivert dan Menjalin Hubungan dengan Mereka

3. Suka Berbicara dan Berbagi Cerita dengan Orang Lain

Orang dengan sifat ekstrovert seperti tak pernah kehabisan energi untuk berbicara dan berbagi cerita dengan orang lain. Mereka suka menjadi pusat perhatian dalam kelompok dan cenderung mengambil peran dalam situasi sosial.

Memang, komunikasi adalah salah satu yang menonjol dari seorang ekstrovert. Tidak heran kalau mereka selalu nyaman untuk melakukan hal ini.

4. Lebih Percaya Diri dalam Situasi Sosial

Seorang ekstrovert lebih mudah mengatasi rasa gugup dalam situasi sosial. Di banyak situasi, mereka tampak lebih percaya diri. Mereka mudah merasa nyaman berada di tengah- tengah kerumunan orang.

Selain itu, seorang ekstrovert juga lebih terbuka dengan perubahan dan tidak takut mencoba hal baru.

Kekurangan dan Kelebihan Kepribadian Ekstrovert

Kepribadian ekstrovert sering disebut sebagai tipe kepribadian yang menyenangkan dan mudah bergaul. Namun, seperti semua tipe kepribadian lainnya, ekstrovert juga memiliki kelemahan yang perlu diwaspadai.

Kelebihan dan kekurangan sosok ekstrovert yang perlu diketahui dan waspadai antaralain sebagai berikut : 

Kelebihan Kepribadian Ekstrovert

1. Mudah Membuat Hubungan Sosial

Seseorang dengan kepribadian ekstrovert cenderung bersifat terbuka dan sosial. Mereka merasa nyaman berada di tengah keramaian dan mudah berinteraksi dengan orang lain.  Sifat sosial ini membuat mereka mudah membentuk hubungan sosial yang erat dan memiliki banyak teman.

Selain itu, mereka juga sering kali mencari perhatian dan interaksi sosial, sehingga membuat mereka menjadi sosok yang mudah dikenal dan diingat.

2. Mudah Beradaptasi dengan Lingkungan Baru

Seorang ekstrovert mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Mereka cenderung lebih terbuka untuk mencoba hal-hal baru dan senang mengambil risiko.

Hal ini membuat mereka lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan baru dan orang-orang baru yang mereka temui. Mereka juga menyukai variasi dalam kehidupan mereka, sehingga mereka jarang kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan yang berbeda.

3. Mudah Membangun Jaringan Sosial

Dengan karakternya, seorang ekstrovert bisa mempunyai  jaringan sosial yang luas dan sering kali dikenal di lingkungan mereka. Mereka senang bertemu orang baru dan merasa nyaman dalam situasi sosial yang baru.

Dalam proses membentuk hubungan sosial, mereka juga bisa memperlihatkan ketertarikan dan empati pada orang lain, sehingga membuat mereka menjadi sosok yang mudah didekati.

Selain itu, karena mereka sering berada di tengah-tengah keramaian, mereka sering mendapatkan kesempatan untuk bertemu orang-orang baru yang bisa memperluas jaringan sosial mereka.

Baca Juga :  Tes Kepribadian : Pilih Gambar Bulu yang Kamu Suka, Bisa Ungkap Kepribadianmu

4. Memiliki Kemampuan Komunikasi yang Baik

Ekstrovert adalah sosok komunikator yang handal. Mereka bisa menyampaikan pendapat mereka dengan jelas dan mudah orang lain pahami. Kemampuan ini sangat membantu dalam proses membentuk hubungan sosial yang baik dan erat.

Selain itu, karena mereka sering berbicara dan berinteraksi dengan orang lain, mereka juga cenderung lebih sensitif terhadap bahasa tubuh dan ekspresi wajah orang lain. Hal ini pula yang membuat mereka bisa dengan mudah membaca situasi sosial yang sedang terjadi.

Kekurangan Kepribadian Ekstrovert

1. Sulit Menjaga Keseimbangan antara Kehidupan Sosial dan Pribadi

Sosok ekstrovert dikenal sebagai karakter yang sangat aktif dan suka berinteraksi dengan orang lain. Hal ini bisa membuat mereka sulit untuk menemukan keseimbangan antara kehidupan sosial dan pribadi.

Mereka sering kali terlalu sibuk dengan kegiatan sosial dan bisa menjadi lelah atau terlalu terbuka pada orang-orang baru. Ini bisa mempengaruhi kesehatan mental dan fisik mereka jika tidak bisa mengimbanginya dengan waktu pribadi yang cukup.

2. Terlalu Bergantung Pada Interaksi Sosial

Seorang ekstrovert seringkali mengalami kesulitan dalam menjaga kebahagiaan dan kepuasan diri sendiri tanpa adanya interaksi sosial. Alhasil, mereka merasa tidak nyaman saat tidak ada orang di sekitar mereka.

Mereka juga bisa menjadi terlalu bergantung pada penerimaan sosial dan validasi dari orang lain untuk merasa bahagia atau sukses.

3. Kurang Sabar dalam Menghadapi Masalah

Para ekstrovert cenderung merespons masalah dengan cepat dan ingin mengambil tindakan segera. Namun, mereka seringkali kurang sabar dalam menghadapi masalah dan bisa menjadi cepat putus asa saat menghadapi kendala atau kesulitan.

Kekurangan sabaran ini sering membuat mereka kesulitan dalam menyelesaikan masalah dan kehilangan motivasi untuk mencapai tujuan.

Baca Juga :  Mengenal Kepribadian Introvert, Ciri- ciri & Tips Menghadapinya

4. Sulit Menjaga Fokus pada Tugas yang Sama

Kekurangan dari kepribadian ekstrovert selanjutnya adalah energi yang tinggi bisa membuat mereka mudah terpengaruh dengan lingkungan di sekitarnya.

Mereka sering kesulitan untuk tetap fokus pada satu tugas yang sama dalam waktu lama. Mereka sering kali tergoda untuk beralih ke kegiatan yang lebih menarik dan bisa kehilangan minat pada tugas yang sedang dihadapi.

5. Cenderung Menjadi Terlalu Bising

Karena kesukaan mereka dalam mengobrol, seorang ekstrovert cenderung menjadi sangat bising dalam situasi sosial. Hal ini bisa menjadi masalah dalam beberapa situasi. Misalnya saat berbicara dengan orang yang lebih introvert atau dalam situasi yang memerlukan ketenangan dan konsentrasi, seperti menghadiri acara formal atau rapat.

Mereka juga cenderung mengambil ruang dan waktu yang besar dalam percakapan, sehingga bisa membuat orang lain merasa terganggu atau tidak dihargai.

Kesimpulan

Mengenal kepribadian introvert, ambivert, ekstrovert

Seseorang dengan tipe kepribadian ekstrovert dikenal sebagai sosok yang aktif, suka mengobrol dan mudah bergaul. Mereka seolah- olah punya energi yang tak pernah ada habisnya untuk berinteraksi dengan orang- orang di sekitarnya.

Namun sama seperti jenis kepribadian lain, seperti introvert dan ambivert, seorang ekstrovert juga mempunyai beberapa kekurangan. Mulai dari kesulitan menyeimbangkan kehidupan sosial dan pribadi, sampai ketergantungan terhadap interaksi sosial. Untuk itu, seorang ekstrovert pun perlu belajar untuk bisa memposisikan diri agar bisa menyeimbangkan hidupnya lebih baik lagi.

Comments

comments

Tags:

You Might also Like

0 Shares
Share via
Copy link
Powered by Social Snap