LOADING

Type to search

Pengembangan Diri Perlu Tahu

Waspada, Ini 9 Tanda Kamu Mengalami Kecemasan Akibat Media Sosial

Kecemasan akibat media sosial
Bagikan

Berselancar di media sosial kadang membuat kita lupa akan waktu dan berujung pada kecemasan akibat media sosial. Tidak jarang kita menghabiskan seluruh waktu kita scroll feed tanpa henti, dan fokus memikirkan hal yang tidak langsung ada di hadapan kita.

Sebenarnya ini bukan masalah besar, jika nggak sampai mempengaruhi fokus, cara berpikir, dan rasa percaya dirimu. Tapi apa jadinya jika apa yang kamu lihat di media sosial justru menghantuimu?

Bagaimana jika pelan- pelan kamu merasa ketagihan? Atau kamu sulit untuk menikmati aktifitasmu karena kecemasan terhadap media sosial itu sendiri?

Hmmm…. jangan- jangan kamu sedang mengalami kondisi kecemasan akibat media sosial dan terjebak FOMO?

Kenali Gejala Kecemasan karena Media Sosial

Dibalik manfaat media sosial yang cukup luar biasa, ternyata ada juga masalah yang bisa ditimbulkan. Hal ini biasanya terjadi saat kamu menggunakan medsos secara berlebihan. Bagi sebagian orang, hal ini berdampak pada timbulnya masalah kecemasan.

Bagaimana cara mengetahui kita sedang mengalami ini? Well, kamu bisa mengamatinya dari sembilan gejala kecemasan akibat media sosial berikut ini :

1. Cemas saat lepas dari ponsel

Kita mungkin sedikit kecanduan dengan gadget atau ponsel. Meski begitu, banyak orang masih bisa meletakkan ponsel mereka tanpa harus memegangnya sepanjang waktu. Terutama saat sedang bersama orang lain.

Namun jika kamu termasuk orang- orang yang tidak bisa melepaskan diri dari ponsel dan membuatmu mengabaikan sekitarmu, kamu mungkin mengalami FOMO (Fear of Missing Out) terhadap media sosial.

FOMO ini sendiri adalah kondisi dimana seseorang khawatir jika disebut tidak gaul, ketinggalan berita atau tren terbaru.

Baca Juga :  Mengenal Apa itu FOMO, Kecemasan Berlebih Karena Ketinggalan Info

2. Cemas saat ponsel ketinggalan atau kehabisan baterai

Apakah kamu panik berlebihan saat ponselmu ketinggalan atau kehabisan baterai saat sedang bepergian? Kejadian ini mungkin sangat menyebalkan.

Tapi jika kamu panik secara berlebihan seakan ketinggalan pesawat dan tidak ada jalan untuk pulang, maka curiga lah kamu telah mengalami kecemasan terhadap media sosial. Kamu mungkin panik karena tidak bisa mengabadikan momentum dan membagikan yang kamu lakukan ke media sosial.

3. Mempengaruhi rasa percaya diri

Sebelum aktif di medsos kamu adalah pribadi yang selalu percaya diri dengan tampilan dan keadaan fisikmu. Tapi tiba- tiba saja suka minderan setelah melihat foto- foto para influencer yang sering pamer body goal dan pake foto filter di medsos?

Atau kamu jadi gampang panik karena jumlah follower dan like sedikit? Dan parahnya saat like foto sedikit kamu menyalahkan dirimu karena terlihat terlalu gendut dan kurang cantik. Oh nooo!!

4. Cemas karena nggak ada sinyal

Sinyal memang punya pengaruh penting dalam hidup kita sekarang ini ya. Bagaimana tidak, semuanya kini serba tekno dan digital.

Beberapa orang memaklumi dan tidak panik berlebih saat sinyal bermasalah. Tapi ada juga yang cemas luar biasa saat sinyal bermasalah.

Alhasil, dibandingkan melakukan kegiatan lain yang lebih berfaedah, dia justru sibuk buka tutup aplikasi media sosial dengan berharap sinyal lekas pulih kembali.

Baca Juga :  Wahhh.. 10+ Makanan Ini Masih Bisa Dimakan Meski Tanggal Best-Before nya sudah Lewat

5. Cemas saat nggak bisa bermedsos ria

Setiap kali kamu nggak membuka medsos, pikiranmu selalu melayang pada apa yang teman- temanmu unggah di akun medsos mereka. Kamu khawatir akan ketinggalan berita tentang mereka sampai.

Tiada hari tanpa stalking akun teman di media sosial sampai kamu sadar ini telah menghabiskan waktumu berjam- jam.

6. Meragukan kebahagiaanmu sendiri

Secara umum kamu sebenarnya baik- baik saja. Tidak ada hal besar yang mengganggu hidupmu dan tidak ada masalah yang benar- benar perlu kamu khawatirkan.

Namun, rasa bosan dan kecanduan media sosial justru bisa membuatmu meragukan kebahagiaanmu sendiri. Misalnya saja like yang minim tiba- tiba menjadi masalah serius. Ada saat kamu follow seseorang tapi dia tidak follback ini juga menjadi masalah hidup.

7. Menghabiskan waktu berjam- jam untuk memantau akun media sosialmu

Bukan hanya stalking akun orang lain, tapi kamu juga menghabiskan banyak waktu untuk mengecek akun media sosialmu. Baik itu Instagram, Twitter, Facebook, dan akun medsos lainnya.

Kamu akan memastikan tidak ada unggahan yang memalukan, aku penasaran siapa saja yang mampir ke akun medsosmu dan melihat story mu.

8. Tidur terlalu larut karena medsos

Karena berselancar di medsos telah menjadi hobi yang tak terelakkan, ini bahkan membuatmu kehilangan tidur yang berkualitas. Kamu menjadi tidur larut malam dan mengalami kelelahan saat bangun di pagi hari.

Padahal sebenarnya itu bukan aktivitas yang berhubungan dengan produktifitas atau aktifitas berkualitas. Tapi kamu rela menghabiskan waktu sampai berjam- jam lamanya.

Baca Juga :  Hati- hati, 9 Merek Pembalut di Indonesia Ini Ternyata Mengandung Zat Berbahaya “Klorin”

9. Berencana menghapus akun, tapi tidak pernah bisa

Kamu mungkin sudah lelah dengan semua drama di media sosial dan menyadari tentang kecemasanmu. Kamu bahkan berencana untuk menghapus akun medsosmu, tapi tidak pernah bisa. Dan perasaan gelisah ini terus mengikutimu.

Jika kamu sudah berada di titik ini, mungkin ini saatnya kamu membutuhkan bantuan profesional agar bisa menghentikan kecanduan media sosial yang bisa berdampak lebih buruk dalam hidupmu.


Bagikan

Comments

comments

Tags:

You Might also Like