Type to search

Perlu Tahu

Ngehits Sih, Tapi 10 Challenge Viral ini Berbahaya untuk Nyawa

Ngehits Sih, Tapi 10 Challenge Viral ini Berbahaya untuk Nyawa
Share :

Ada banyak cara menggunakan media sosial untuk berkomunikasi. Baik itu berkomunikasi secara personal atau bahkan membangun gerakan serentak yang mudah viral.

Gerakan viral di media sosial biasanya dibuat dengan beragam tujuan. Untuk tujuan yang serius misalnya, ada aksi tanda tangan petisi online. Namun untuk tujuan menghibur, biasanya netizen menggunakan hashtag lucu atau penyebaran meme.

Untuk tujuan hiburan, biasanya orang- orang akan melakukan challenge kocak dan cenderung nyeleneh. Tujuannya agar challenge mudah viral dan diikuti banyak orang.

Beberapa challenge yang pernah viral antara lain challenge dengan hashtag #10yearchallenge. Dalam challenge ini netizen mengunggah foto 10 tahun lalu, disandingkan dengan foto terkini.

Challenge ini sangat ramai, dan bahkan diikuti oleh banyak selebriti di seluruh dunia. Namun, dibaliknya serunya challenge ini, ternyata ada bahaya yang mengintai. Salah satunya adalah kasus pencurian identitas.

Sama halnya dengan challenge lain yang pernah viral. Selain membahayakan kesehatan, juga berpotensi merenggut nyawa.

Penasaran challenge apa saja yang viral dan mengandung bahaya itu? Berikut ini adalah beberapa challenge tersebut :

1. 10 Years Challenge

1. 10 Years Challenge
via Marion Jola’s Instagram

Challenge yang ngehits beberapa waktu lalu ini menyandingkan foto terbaru seseorang dan diri mereka 10 tahun lalu dengan hashtag #10yearschallenge. Nah, challenge ini ternyata cukup berbahaya.

Salah satu akibat dari challenge ini adalah penggunaan foto sebagai bahan uji coba algoritma pengenalan wajah. Dampaknya bisa mengarah ke pencurian identitas juga.

Baca Ini Juga Ya :   4 Alasan yang Membuat Susu Kental Manis Jadi Polemik di Indonesia. Gunakan Aja Secukupnya

2. Bird Box Challenge

2. Bird Box Challenge
via cbc.ca

Challenge viral kali ini terinspirasi dari film Bird Box yang tayang di Netflix. Challenge ini menantang orang untuk beraktifitas sambil menutup mata. Dampaknya tentu saja kita bisa menabrak benda- benda berbahaya dan juga terjatuh.

Bahkan sudah ada beberapa korban akibat challenge ini sehingga muncul larangan untuk tidak melakukannya.

3. In My Feelings Challenge

3. In My Feelings Challenge

Challenge dengan menari sembari keluar dari mobil diiring lagu In My Feelings ini juga sempat viral dan banyak dipraktekkan selebriti Hollywood dan tanah air. Namun tidak lama challenge ini langsung dilarang polisi karena mengakibatkan beberapa kecelakaan.

4. Kylie Jenner Challenge

4. Kylie Jenner Challenge

Challenge Kylie Jenner juga merupakan challenge berbahaya lainnya. Kamu diminta untuk menghisap gelas atau botol air untuk mendapatkan efek bibir yang lebih besar. Challenge ini bisa mengakibatkan bibir melepuh karena pembuluh darah terhenti.

Akibatnya, beberapa orang masuk rumah sakit akibat mengikuti challenge ini.

5. The Cinnamon Challenge

5. The Cinnamon Challenge
via Jukin Media

Challenge ini mengharuskan seseorang menelan satu sendok bubuk kayu manis sekaligus tanpa minum apapun dalam waktu satu menit. Challenge ini ternyata sangat berbahaya untuk kesehatan, khususnya paru- paru.

Hal ini karena menghirup kayu manis bisa mengakibatkan kerusakan paru- paru. Efek jangka panjangnya bisa mengakibatkan peradangan dan infeksi paru- paru.

Loading...
Baca Ini Juga Ya :   Bikin Geleng- Geleng Kepala, Media Asing Soroti Karakter Orang Indonesia yang Suka Selfie di Dekat Area Bencana

6. The Salt and Ice Challenge

6. The Salt and Ice Challenge

Dalam challenge ini, kamu harus menuangkan garam di bagian tubuhmu lalu menempatkan es di atas tumpukan garam tersebut. Hal ini dapat menciptakan sensasi terbakar yang ekstrem di kulit.

Setelah itu, kamu diminta untuk menahan rasa sakit itu dalam waktu selama mungkin. Salah satu akibat dari challenge ini adalah menyebabkan radang dingin dan luka bakar level ketiga. Bahaya banget, kan?

7. Eraser Challenge

7. Eraser Challenge

Di tahun 2015, challenge ini telah membuat seorang remaja dirawat di rumah sakit karena mengalami infeksi parah. Dalam challenge ini, kamu harus menggosokkan penghapus di kulit sambil mengucapkan alfabet dalam sebuah kalimat.

Hal ini bisa mengakibatkan iritasi hingga luka bakar karena gesekan penghapus dilakukan secara terus- menerus di kulit dalam waktu yang cukup banyak dan dilakukan dengan cukup keras.

8. The Choking Game

8. The Choking Game

The Choking Game adalah challenge viral selanjutnya yang sangat berbahaya. Game ini terdiri dari dua orang dan dilakukan dengan mencekik leher untuk mencegah aliran oksigen ke dalam otak. Dimana satu orang akan bertugas untuk mencekik dan satunya yang dicekik.

Akibat dari game berbahaya ini, seseorang bisa pingsan bahkan meninggal dunia karena aliran oksigen dari otak terhenti.

Baca Ini Juga Ya :   Merinding! Kisah Si Kembar yang Bertemu Kembali di Usia 16 Tahun Karena Instagram

9. Ice Bucket Challenge

9. Ice Bucket Challenge

Ice Bucket Challenge awalnya merupakan gerakan untuk tujuan menggalang dana untuk penelitian penyakit ALS. Kemudian challenge ini menjadi viral dan diikuti oleh banyak khalayak.

Challenge yang menimbulkan sensasi dingin di tubuh dan kepala ini disebut berbahaya karena siraman es langsung dan mendadak pada kepala bisa menyebabkan tubuh shock. Selain itu, detak jantung juga bisa langsung menurun dan mengakibatkan ritme kerja jantung terganggu.

10. Condom Snorting Challenge

. Condom Snorting Challenge

Challenge terakhir yang pernah membuat heboh dunia maya adalah Condom Snorting Challenge. Dalam game ini peserta akan memasukkan kondom ke dalam lubang hidup, lalu menariknya lewat tenggorokan dan mengeluarkannya kembali lewat mulut.

Game ini menyakitkan karena menyebabkan gesekan jaringan dalam hidung dan mulut. Selain itu, besar juga kemungkinan tersedak dan terjadi infeksi akibat challenge ini.

Loading...

Share :

Komentar

komentar

Tags:
Loading...

You Might also Like