LOADING

Type to search

Perlu Tahu

Wajib Tahu : 7 Tanda Segitiga di Botol Minum Plastik Ternyata Punya Arti yang Penting Banget

Arti tanda segitiga di simbol kemasan plastik
Bagikan

Banyak dari kita yang merasa sudah familiar banget dengan kemasan berbahan plastik. Kenyataannya, ada banyak wadah atau kemasan yang menggunakan bahan dasar plastik. Seperti piring, gelas, dan bahkan botol minuman yang sering kita bawa kemana- mana. Kita nyaris tidak bisa hidup tanpa plastik.

Namun, sering nggak sih kamu sadar kalau setiap botol kemasan berbahan dasar plastik ini dilengkapi dengan sebuah simbol sederhana yang biasanya tertera di bawah?

Setiap simbol yang terdiri dari segitiga dan angka ini menunjukkan apa bahan dari botol kemasan tersebut. Beda simbol, tentu saja beda makna dan cara penggunaannya.

Membaca Arti Tanda Segitiga di Botol Minum Plastik

Biar nggak penasaran, yuk simak lewat ulasan HaloGeet.com berikut ini ;

1. Tanda segitiga dengan angka 1 = PETE atau PET (polyethylene terephthalate)

1. Tanda segitiga dengan angka 1 = PETE atau PET

Simbol segitiga di botol plastik dengan angka 1 tertuju untuk botol plastik berwarna transparan atau jernih seperti botol air mineral dan kemasan botol minuman lainnya. Botol berjenis PETE atau PET ini berarti hanya sekali pakai saja.

Jika memakainya terlalu sering, terlebih untuk menyimpan air hangat atau panas, dampaknya bisa berbahaya. Pasalnya, ini membuat lapisan polimer di botol meleleh dan mengeluarkan zat karsinogenik yang bisa memicu kanker dalam jangka waktu lama.

2. Tanda segitiga dengan angka 2 = HDPE (high density polyethylene)

2. Tanda segitiga dengan angka 2 = HDPE

Tanda segitiga dengan simbol HDPE biasanya digunakan untuk botol susu yang berwarna putih susu, galon air minum, kursi lipat, dan lain- lain. HDPE mempunyai sifat bahan yang lebih keras, kuat, dan lebih tahan terhadap suhu tinggi.

HDPE adalah salah satu bahan plastik yang aman digunakan karena mempunyai kemampuan untuk mencegah reaksi kimia antara kemasan dan isinya. Sama seperti PET, HDPE juga sebaiknya hanya untuk satu kali pemakaian karena pelepasan senyawa antimoni trioksida terus mengalami peningkatan seiring berjalannya waktu.

Baca Juga :  Terungkap Alasan Ilmiah Mengapa Panda Makan Bambu

3. Tanda segitiga dengan angka 3 = V atau PVC (polyvinyl chloride)

3. Tanda segitiga dengan angka 3 = V atau PVC

Plastik dengan simbol V atau PVC ini dapat ditemukan di botol- botol dan pembungkus seperti cling wrap. Reaksi yang terjadi antara PVC dan makanan yang dengan kemasan plastik ini bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada hati, ginjal, dan juga berpengaruh ke berat badan.

Maka dari itu, sebaiknya hindari pemakaian plastik jenis ini. Cari lah alternatif pembungkus lain yang lebih sehat dari PVC.

4. Tanda segitiga dengan angka 4 = LDPE (low density polyethylene)

4. Tanda segitiga dengan angka 4 = LDPE

LDP adalah plastik tipe coklat atau thermoplastic (dibuat dari minyak bumi) yang kerap digunakan untuk tempat makanan, plastik kemasan, dan botol- botol yang lembek. Sifat mekanis jenis plastik LDPE ini relatif kuat, fleksibel, agak tembus cahaya, dan mempunyai permukaan berlemak.

Pada suhu di bawah 60 derajat Celcius jenis plastik ini sangat resisten terhadap senyawa kimia. Plastik ini mempunyai daya proteksi ke uap air yang tergolong baik, namun kurang baik untuk gas- gas lain seperti oksigen.

Meski sulit untuk hancur, jenis plastik ini masih bisa untuk proses daur ulang. Jenis plastik ini juga baik untuk tempat makanan karena sulit bereaksi secara kimiawi terhadap makanan dan minumannya.

5. Tanda segitiga dengan angka 5 = PP (polypropylene)

5. Tanda segitiga dengan angka 5 = PP

Polypropylene merupakan bahan terbaik untuk makanan dan minuman karena tahan terhadap lemak, stabil dalam suhu tinggi, kuat, dan mempunyai daya tembus uap yang rendah.

Ciri- ciri dari plastik ini ini adalah mengkilat, dan transparent tapi berawan (tidak jernih). Bahan PP ini kerap digunakan untuk gelas plastik, tutup botol, botol susu, mainan anak, dan botol minuman.

Baca Juga :  Selain Cegah Corona, Menikah Tanpa Resepsi Lebih Baik untuk Kesehatan Mental mu

6. Tanda segitiga dengan angka 6 = PS (Polystyrene)

6. Tanda segitiga dengan angka 6 = PS

Bahan PS sering digunakan untuk bahan tempat makan Styrofoam, tempat minum sekali pakai, dan lain sebagainya. PS sendiri adalah polimer aromatic yang dapat mengeluarkan bahan styrene ke makanan saat bersentuhan.

Selain tempat makanan, styrene juga bisa didapat dari asap rokok, asap kendaraan, dan bahan konstruksi Gedung. Sebisa mungkin jenis bahan ini harus dihindari karena berbahaya untuk kesehatan otak, mengganggu hormone estrogen yang bisa mengakibatkan masalah reproduksi, pertumbuhan dan sistem saraf. Selain itu, bahan ini juga sulit didaur ulang.

7. Tanda segitiga dengan angka 7 = Other?

7. Tanda segitiga dengan angka 7 = Other?

Kemasan dengan jenis plastik ini terdiri dari 4 jenis, yaitu PC – polycarbonate, SAN – styrene acrylonitrile, ABS – acrylonitrile butadiene styrene, dan nylon. Bahan jenis PC bisa kita temukan dengan mudah di botol susu bayi, sippy cup, botol  minum polikarbonat, termasuk kaleng susu formula.

PC sendiri tidak dianjurkan sebagai tempat menyimpan makanan atau minuman karena bisa melepas Bisphenol A yang dapat merusak sistem hormone, menurunkan produksi sperma, dan mengubah fungsi imunitas.

Sedangkan ABS dan SAN adalah salah satu bahan plastik yang baik untuk penggunaan kemasan makanan dan minuman. Pasalnya, bahan ini mempunyai resistensi tinggi terhadap reaksi kimia dan suhu, serta punya kekuatan, kekakuan, dan tingkat kekerasan yang sudah ditingkatkan.

Bahan SAN biasanya ada di mangkok mixer, pembungkus termos, piring, alat makan, sikat gigi, dan penyaring kopi. Sedangkan ABS sering menjadi bahan mainan lego dan pipa.

Baca Juga :  Apa sih Pentingnya Lockdown & Kenapa Negara Terinfeksi Corona Perlu Melakukannya?

Setelah mengetahui makna- makna simbol plastik di botol minum kemasan, coba lah untuk lebih bijak dalam menggunakan botol tersebut sesuai dengan rekomendasinya ya.


Bagikan

Comments

comments

Tags: