Type to search

Hack Karir

5 Kebiasaan Kecil ini yang Mendorongmu Bekerja Lebih Efektif Saat WFH

Tips agar bekerja di rumah Work from Home WFH berjalan efektif
Share :

Bekerja dengan WFH atau work from home memang menjadi tantangan tersendiri. Jika kamu seorang freelancer atau biasa bekerja dengan jam kerja fleksibel, mungkin ini relatif sangat mudah dijalankan.

Namun berbeda saat kamu adalah karyawan yang biasa bekerja dengan jam kantor dan lebih suka bekerja sesuai dengan ritme pengawasan kantor. Disini kamu akan melihat ada banyak distraksi dan perlu beradaptasi lebih.

Namun, bukan berarti kamu tidak bisa mengatasinya. Kamu bisa memulainya dengan belajar mengenali distraksi yang ada di hadapanmu dan beradaptasi untuk memerangi distraksi tersebut.

Salah satunya bisa kamu coba dengan membangun beberapa kebiasaan kecil yang membantu kamu untuk lebih efektif saat melakukan praktek WFH.

1. Siapkan tempat bekerja yang menunjang di rumah

Buat tempat kerjamu menjadi senyaman mungkin

Ruang kerja adalah hal mendasar yang membantu kamu untuk fokus mengerjakan tugas selama melakukan WFH. Buat meja kerjamu menjadi tempat yang menyenangkan layaknya kamu ada di kantor.

Kamu bisa memulainya dengan membuat mejamu terlihat rapi dan bersih. Buang benda- benda tidak terpakai. Lalu tambahan barang- barang yang membantu pekerjaanmu dan membantumu bersemangat.

Misalnya saja alat tulis kantor yang tersusun rapi, frame foto idol Kpop favoritmu, quotes penyemangat, dan foto keluarga. Pastikan juga kamu duduk di kursi yang nyaman agar WFH mu terasa menyenangkan dan terasa seperti di kantor.

Baca Ini Juga Ya :   5 Cara Mengatasi Kulit Kering Akibat Kerja di Ruangan ber- AC

2. Buat manajemen waktu harian

Buat to do list dan susunan prioritas agar pekerjaan cepat rampung

Jika kamu bekerja di rumah namun masih lembur sampai larut malam, berarti ada yang salah dengan WFH mu. Kamu mungkin belum mempunyai manajemen waktu yang baik dan banyak distraksi yang masih mengganggumu.

Cobalah mengevaluasi kembali waktu kerjamu dan mengorganisir nya dengan lebih baik. Susun prioritas pekerjaan dan perketat dengan deadline untuk memastikan apa yang harus selesai dikerjakan segera kamu selesaikan.

Cara ini akan membantumu terhindar dari menunda pekerjaan. Susunan prioritas akan membantumu untuk lebih fokus mengerjakan satu tugas sebelum beralih ke tugas lainnya. Jangan lupa juga untuk beristirahat 15 menit setiap kali satu pekerjaan selesai.

3. Atur waktu saat berkomunikasi dengan rekan kerja, klien, atau atasan

Hindari buang- buang waktu untuk komunikasi tidak produktif

Ada kalanya kamu tetap harus menjalin komunikasi dengan rekan kerja, klien atau atasan saat WFH. Ini wajar dilakukan, namun kamu harus mengatur waktu komunikasi agar komunikasi berjalan efektif dan banyak tidak menghabiskan waktu.

Kadang ada juga rekan kerja yang ingin mengajak ngobrol biasa dan membuat kamu menghabiskan waktu tidak produktif pada hal tersebut. Meski sederhana, hal ini bisa mengganggu produktivitas.

Untuk mengakalinya, kamu bisa menggunakan tanda ‘busy’ pada WhatsApp, Slack, atau Skype agar tidak banyak terganggu. Namun jika mereka masih memaksa, sampaikan bahwa ada beberapa deadline pekerjaan yang harus segera kamu selesaikan.

Baca Ini Juga Ya :   Punya Teman Suka Ngaret? Biar Nggak Sebel, Coba Atasi Dengan Cara Ini

4. Motivasi dirimu untuk tetap fokus pada tujuan

Fokus.. fokus… fokus…

Salah satu kesulitan banyak orang saat menjalani kerja dari rumah adalah menjaga diri agar tetap bisa fokus. Pasalnya, suasana kerja antara kantor dan rumah memang sangat jauh berbeda.

Untuk mengatasinya, kamu bisa memotivasi dirimu dengan teknik melatih diri berpikir positif, percaya diri, dan mengetahui tujuan jangka panjang yang ingin kamu capai.

Dengan latihan sederhana ini, kamu akan bisa mengajari dirimu untuk tidak mudah terdistraksi dengan hal- hal di sekitarmu. Misalnya saja scrolling akun media sosial, atau stalking pekerjaan rekan kerja saat WFH.

5. Seimbangkan antara kehidupan pribadi dan pekerjaan

Jangan lupa buat istirahat ya/ via NewsMobile

Jika kamu masih sering merasa mudah kehilangan fokus saat bekerja dari rumah, cobalah untuk kembali ke hal- hal mendasar yang mungkin kamu lewatkan. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah mencapai work life balance.

Misalnya saja kamu melakukan beberapa hal berikut ini :

Loading...
  • Mengenakan pakaian seperti kamu akan pergi ke kantor dan berdandan seperti biasa agar kamu benar- benar merasa sedang bekerja meski berada di rumah
  • Lakukan rutinitas pagi hari seperti biasa seperti kamu akan pergi ke kantor
  • Agar energi tetap terjaga, jangan sampai terlambat untuk makan siang dan istirahat. Kamu juga bisa mengambil coffee break atau berjalan sesekali ke luar untuk mendapat udara segar
  • Komunikasikan dengan keluarga tentang sistem bekerja di rumah yang sedang kamu lakukan ini dan minta mereka untuk mendukungmu
  • Tetap berkomunikasi dengan rekan kerja dan atasan untuk membuatmu tetap terpantau meslo bekerja dari rumah
Baca Ini Juga Ya :   10 Ide Kebaya Modern Kekinian Super Cantik untuk Kondangan yang Baikin Semua Melirik

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk membuat WFH mu menjadi lebih efektif dan tetap terasa menyenangkan.

Selamat mencoba!


Share :

Komentar

komentar

Tags:
Loading...

You Might also Like