LOADING

Type to search

Hack

15 Cara Efektif Mengerjakan Skripsi Agar Cepat Selesai

Cara mengerjakan skripsi agar cepat selesai
Bagikan

Siapa sih yang nggak mau skripsi cepat selesai? Ini sih pertanyaan yang pasti jawabannya semua mau.

Skripsi memang sering menjadi cerita horor di kalangan mahasiswa. Bahkan saat di awal semangat kita begitu menggebu- gebu dalam mengerjakan skripsi, ehh… tiba- tiba semangat itu bisa menghilang sekejap mata. Memang benar, skripsi itu nggak segampang teori!

Tidak sedikit mahasiswa yang beranggapan bahwa skripsi adalah momen terberat sebagai seorang mahasiswa. Ada banyak mahasiswa yang tertunda dan gagal dalam mengemban gelar sarjana lantaran tak mampu menyelesaikan skripsinya. Sayang banget, kan? 

15 Cara agar Skripsi mu Cepat Selesai

Memang gimana sih caranya supaya skripsi itu bisa cepat selesainya? Beneran sulit atau kita hanya terbawa omongan senior? Nah, buat kamu yang akan menghadapi skripsi, coba deh cara mengerjakan skripsi yang satu ini :

1. Pilih tema skripsi yang memang kamu sukai dan kamu pahami

Hindari bikin standar ketinggian hanya demi terlihat wah di mata teman- teman kamu. Banyak mahasiswa yang akhirnya skripsinya gagal lantaran gengsi dalam memilih topik skripsi.

Kalau memang kamu nggak menguasai topiknya, coret, dan pilih topik yang menurut kamu lebih mudah untuk dikerjakan.

2. Jangan menghabiskan waktu untuk mencari cara instan

Kamu bisa saja mencari cara instan atau cara curang dalam mengerjakan skripsi mu. Padahal, skripsi ini bukan sekedar lembaran tugas akhir, melainkan ujian terakhir yang benar- benar harus kamu taklukkan.

Daripada buang- buang waktu untuk mencurangi ujian ini, lebih baik kamu mengerahkan seluruh energi, waktu, dan pikiranmu untuk mengerjakannya dengan sebaik- baiknya.

3. Bikin deadline dan peringatan yang selalu memotivasi mu untuk mengerjakan skripsi

Peringatan ini nggak perlu yang lebay- lebay. Buatlah reminder yang simple yang membuatmu merasa rugi jika kamu menunda mengerjakan skripsi mu.

Misalnya saja jargon- jargon yang mengandung humor seperti “Menunda skripsi = menunda waktu bertemu mertua!”

Baca Juga :  Pengakuan Ayam Kampus, Berawal dari Kecewa dengan Pacar Sampai Terdesak Kebutuhan

4. Kerjakan skripsi di tempat yang bisa bikin kamu fokus dan nyaman

Hindari mengerjakan skripsi di tempat yang ramai saat kamu membutuhkan konsentrasi tinggi dalam mengerjakan skripsi mu. Carilah tempat yang kondusif, tenang, dan bikin kamu nyaman.

5. Hindari memilih dosen yang punya gender sama denganmu

“Lho, apa alasannya?”

Walaupun nggak bisa dibuktikan 100%, namun mengerjakan skripsi dengan dosen pembimbing yang ber- gender sama suka merasa sensi berlebihan.

Dan ternyata, sudah banyak mahasiswa yang merasa lebih hoki saat memilih dosen pembimbing dengan gender yang berlawanan!

6. Cari tahu apa kesukaan dosen pembimbingmu

Bukan rahasia lagi, skripsi ini bukan sekedar tentang otak, tapi juga strategi. Tips yang populer adalah mencoba melakukan pedekate ke dosen pembimbingmu dan mencari tahu apa kesukaannya.

Misalnya dia suka musik, saat ngobrol bisa kamu selingi musik kesukaannya. Kalau dia suka makan martabak, sesekali bawain makanan kesukaannya. Yakin deh, skripsimu bakal minim revisi dan cepat selesai,hehehe

7. Dosemu nulis buku? Jangan lupa gunakan bukunya sebagai referensi

Kalau buku dosenmu adalah referensi yang kamu sebutkan di skripsi, rasanya dosenmu akan sungkan untuk meminta banyak revisi.

Selain tengsin, sebenarnya dia merasa bangga karena kamu sudah mengapresiasi karyanya.

8. Kurangi jadwal nongkrong sama teman

Fokus, fokus, fokus. Kurangi banyak nongkrong sana sini saat skripsimu masih amburadul. Percaya deh, akan ada banyak waktu untuk itu semua. Saat ini kamu hanya ingin skripsimu cepat selesai. Titik!

Baca Juga :  Langsung Praktekin! Ini 10 Cara Ampuh untuk Menaklukkan Dosen Killer

9. Kamu perlu berada di lingkungan mahasiswa yang sama- sama ingin cepat jadi sarjana

Hindari dulu pertemanan yang kegiatannya masih main- main saja kalau kamu memang pengen cepat selesai skripsi. Biar bagaimanapun, pertemanan akan sangat mempengaruhi pola pikir dan motivasi kamu dalam kuliah.

Kalau kamu berada di lingkungan yang teman- temanmu pengen cepet lulus, kamu pasti akan merasakan hal yang sama. Ayoo dikebut skripsinya.

10. Rajin datang ke wisuda teman agar semakin pengen cepat lulus

Saat kamu melihat teman- temanmu lulus, walaupun berusaha santai, pasti dalam hati kamu berharap untuk menyusul mereka segera. Yes, lagi- lagi ini motivasi untuk nggak menunda- nunda menyelesaikan skripsimu.

11. Kurangi kegiatan ekstrakurikuler atau kegiatan mahasiswa lainnya

Kegiatan ekstrakurikuler atau kegiatan mahasiswa lainnya memang termasuk kegiatan produktif sih. Namun, punya skala prioritas itu wajib hukumnya. Jika memang skripsimu ini adalah hal penting yang harus segera kamu selesaikan, kurangi dulu kegiatan- kegiatan lain yang bisa merusak fokusmu.

Mengerjakan skripsi dan tugas kuliah

12. Cuti dari pekerjaanmu saat ini

Apakah kamu termasuk mahasiswa yang kuliah sambil bekerja? Atau saat ini menjadi karyawan freelance di sebuah perusahan?

Demi menyelesaikan skripsimu dengan cepat, cobalah untuk mengambil cuti pekerjaan terlebih dulu. Banyak atasan perusahaan sangat memahami hal ini dan biasanya memberikan dispensasi untuk karyawan yang ingin menyelesaikan skripsinya.

Baca Juga :  Punya Teman Suka Ngaret? Biar Nggak Sebel, Coba Atasi Dengan Cara Ini

13. Ingat biaya kuliah dan harapan orangtua

Mana yang lebih gampang, nyelesain kuliah atau cari uang untuk biayai kuliah? Coba deh kamu renungkan lagi kerja keras orang tuamu untuk membuat kamu bisa kuliah seperti sekarang ini.

Harapannya adalah agar kelak kamu menjadi anak yang sukses di masa depan. Biaya kuliah itu nggak murah. Orang Tuamu pasti akan sedih kalau lulus mu tertunda terus.

14. Kerjakan dengan sepenuh hati, jangan setengah- setengah

Biar nggak tertunda dan cepat selesai, kamu harus sepenuh hati dalam mengerjakan skripsi mu. Lakukan yang terbaik, mulai dari saat riset topik, mengerjakan kontennya, dan meneliti kembali skripsimu sebelum diserahkan pada dosen.

Saat kamu menyerahkannya kepada dosen mu, skripsi itu sudah merupakan versi terbaik dari yang kamu kerjakan.

15. Jangan lupa untuk meminta doa restu orangtua

Doa orangtua untuk anaknya adalah doa yang selalu mujarab. Maka dari itu, entah orangtua dekat atau berada di tempat jauh karena kamu merantau, pastikan kamu meminta doa restunya agar kuliahmu lancar dan cepat selesai.


Bagikan

Comments

comments

Tags:

You Might also Like