LOADING

Type to search

Pengembangan Diri

7 Cara Sederhana Mencintai Diri Sendiri agar Hidupmu Semakin Bahagia

Cara mencintai diri sendiri
Bagikan

Setiap orang tentu ingin merasa bahwa dirinya dicintai. Kadang kita berpikir terlalu keras apakah kita ini termasuk sosok yang dicintai oleh orang lain atau tidak.

Namun yang kita lupakan, kita tidak bertanya pada diri sendiri, apakah kita sudah memberi cinta yang cukup untuk diri sendiri? Sebelum berharap cinta pada orang lain atau memberi cinta kepada yang lain.

Jangan Lupa untuk Mencintai Diri Sendiri agar Hidupmu Bahagia

Kenyataannya, kadang kita mudah mencintai orang lain dan berharap rasa cinta datang untuk kita. Kita lupa bahwa mencintai diri sendiri sebenarnya juga sama pentingnya. Bahkan jauh lebih penting.

Jika kamu belum melakukan itu, sekarang adalah saat yang tepat untuk memulainya. Dengan mencintai diri sendiri, kamu akan merasakan hidup yang jauh lebih berkualitas dan bahagia 

1. Belajar mengasihi diri sendiri

Beberapa orang lebih mudah untuk mengasihi teman dan keluarga daripada mengasihi diri sendiri. Jika kamu termasuk orang dalam golongan ini, cobalah untuk tidak terlalu keras mengkritik diri sendiri.

Posisikan diri mu sebagai seorang teman yang sedang berada dalam posisi sepertimu. Jika kamu temannya, kamu akan menasehatinya untuk berpikir positif dan mengatasinya dengan tenang.

Hal yang sama perlu kamu terapkan pada diri sendiri. Ajak diri mu untuk berpikir positif, dan ajak diri mu untuk jeda sesaat agar energimu bisa kembali lagi.

Baca Juga :  13 Ilustrasi Ini Nyess Banget Buat Kamu yang Suka Mengeluh Capeknya Hidup. Setelah Membacanya Kamu Akan Berpikir Lebih Positif dan Menjadi Lebih Bersyukur

2. Nikmati waktu sendiri

Mencintai diri sendiri dengan menikmati waktu sendiri

Me time akan sangat penting untuk membuat energimu kembali lagi. Kamu bisa keluar untuk makan enak, nonton film favorit, atau sekedar jalan- jalan di taman menikmati waktu senggang.

Kamu juga bisa menikmati waktu sendiri sambil menikmati musik dan melakukan kegiatan yang kamu suka. Dengan kegiatan yang kamu nikmati sendiri inilah kamu bisa menumbuhkan rasa cinta terhadap diri sendiri.

3. Buat daftar karakteristik diri mu yang paling kamu sukai

Lebih mudah untuk mengenali sisi negatif diri sendiri. Ini lah yang membuat kita sering kehilangan semangat dan kurang menghargai diri sendiri.

Cobalah untuk mengenali dan menghargai sisi positif diri mu sendiri. Tulislah sebuah catatan yang berisi tentang karakteristik, kelebihanmu dan hal- hal yang membuat kamu bangga.

Setelah itu, luangkan sedikit waktu untuk membaca daftar karakteristik yang paling kamu sukai.

4. Rayakan pencapaianmu

Mencintai diri sendiri dengan merayakan pencapaian

Tidak peduli seberapa kecil atau besar pencapain yang kamu raih, kamu berhak untuk mendapatkan penghargaan untuk itu. Rayakan lah setiap pencapaian yang kamu miliki dan itu akan menguatkan kualitas positif dalam diri mu.

5. Berani berkata tidak

Apakah kamu sering terjebak pada situasi yang membuat kamu bingung menentukan pilihan?

Dan pada akhirnya, kamu terpaksa mengiyakan kemauan semua orang. Padahal, hal ini tidak sehat untuk kamu dan menumbangkan rasa percaya diri nya.

Cobalah untuk belajar berkata tidak di saat kamu tidak menginginkannya. Dengan begitu, kamu akan menjadi lebih matang dalam mengambil keputusan dan tidak terjebak dalam penyesalan.

Baca Juga :  Ciri Lingkungan Kerja Toxic : Ada Surga Gosip sampai Atasan Gila Hormat

6. Berhati- hati dengan caramu menghabiskan waktu

Kegiatan dan orang- orang yang kita pilih untuk menghabiskan waktu adalah cerminan dari bagaimana perasaan kita tentang diri sendiri.

Agar kamu dapat merasakan energi positif dan menambah kualitas hidupmu, cobalah untuk menghabiskan waktu dengan melakukan hal- hal yang kamu suka dan berada di antara orang- orang positif yang membuatmu bahagia.

7. Jangan ragu minta bantuan

Meminta bantuan saat kita benar- benar membutuhkan bukanlah hal yang memalukan. Saat kita sedang kewalahan dengan masalah yang kita hadapi, meminta bantuan pada sahabat atau orang terdekat akan membuat semuanya terasa lebih baik.

Selain itu, membiarkan orang lain membantu diri yang sedang kesusahan juga bagian dari mencintai diri sendiri. Ini tidak akan membuatmu lemah, tapi justru membuatnya belajar banyak hal.


Nah, sudahkah kamu mencintai diri sendiri? Saatnya untuk mempraktekannya dan memberitahu lebih banyak orang lainnya agar mereka juga tidak lupa mencintai diri sendiri.


Bagikan

Comments

comments

Tags: