LOADING

Type to search

Pengembangan Diri

Buat Kamu yang Nggak Enakan, Gunakan 4 Alasan Ampuh ini Untuk Menolak Ajakan

Tips menolak ajakan untuk orang yang nggak enakan
Bagikan

Menjadi orang yang serba nggak enakan memang serba sulit. Apalagi saat kamu sudah berusaha keras meredam rasa nggak enakan ini, tapi ternyata kamu tidak bisa mengendalikannya.

Saat ingin berkata “tidak”, namun ujung- ujungnya kamu justru mengiyakan setiap permintaan yang datang ke kamu. Padahal, perasaan nggak enakan ini justru mempersulit hidupmu.

Kamu sulit mengeluarkan pendapatmu hingga akhirnya selalu ikut arus, bahkan ke hal- hal yang sebenarnya tidak sesuai dengan nuranimu. Ujung- ujungnya, kamu akan merasa sulit bahagia.

Tips Menolak untuk Kamu yang Nggak Enakan

Apakah kamu termasuk orang yang sering merasa nggak enakan?

Jika iya, kamu harus belajar untuk mengendalikan perasaanmu dengan lebih baik. Percayalah, jika kamu tidak mencoba untuk menghilangkannya, kamu akan semakin merugikan diri sendiri.

Untuk mengawalinya, cobalah untuk belajar menolak ajakan teman karena merasa nggak enak. Latihan dari sekarang yaa…

1. “Maaf ya aku terlanjur punya janji lain”

Meskipun sebenarnya kamu sedang nggak punya janji, tapi trik ini bisa kamu gunakan untuk menepati janji pada diri sendiri untuk mengurangi sifat nggak enakan.

Intinya sih, kalau memang kamu nggak bisa atau sedang merasa tidak ingin pergi bareng temanmu, cobalah untuk mengatakannya. Kamu tidak punya kewajiban untuk ikut kemanapun temanmu pergi.

2. “Aku nggak ikut dulu ya, mungkin lain kali aku gabung”

Nggak semua penolakan selalu berarti mengecewakan orang lain. Selama kamu menyampaikannya dengan baik dan tidak menyinggung, semua akan baik- baik saja. Untuk melengkapi kalimat ini, kamu juga bisa menambahkan ungkapan permintaan maaf.

Baca Juga :  Heboh Karantina ala Raja Thailand : Ditemani oleh 20 Selir di Hotel Mewah

3. “Lagi nggak enak badan/ capek banget nih, aku langsung pulang aja ya”

Kalimat ini cocok untuk digunakan saat kamu seorang introvert. Biasanya kamu adalah orang yang kurang nyaman menghadapi keramaian, dan membuat kamu seperti kehabisan energi. Nah, kamu bisa menggunakan alasan ini jika memang tidak ingin ikut. 

4. “Maaf ya aku lagi banyak kerjaan nih, nggak bisa ditinggal”

Nggak masalah juga kok menggunakan pekerjaan sebagai alasan untuk menolak ajakan. Sampaikan kalau kamu punya banyak tanggungan pekerjaan yang sudah mendekati deadline dan harus segera kamu selesaikan secepatnya.

Dengan begitu, tidak akan ada yang memaksa kamu untuk ikutan.

Meskipun kamu berteman, kamu tidak harus mengiyakan seluruh permintaan teman kamu. Cobalah untuk memilah- milah ajakan mereka sesuai dengan situasimu. Belajar lah mengendalikan perasaanmu agar kamu tidak merugikan diri sendiri. Selamat mencoba yaa…


Bagikan

Comments

comments

Tags:

You Might also Like