Type to search

Health & Beauty

WHO: 7 Cara ini Bisa Hindari Penyebaran Virus Corona di Tempat Kerja

Share :

Ada banyak keputusan yang terpaksa diambil oleh pemilik perusahaan dengan kondisi penyebaran virus corona saat ini. Virus corona ini sendiri menyebar sejak akhir 2019 dan WHO (World Health Organization) menyebut wabah ini sebagai kasus kesehatan darurat internasional.

Menindaklanjuti penyebaran virus corona, WHO merilis panduan tentang bagaimana virus ini bekerja dan bagaimana cara menghindarinya. Salah satunya adalah bagaimana cara menghindari penyebaran virus corona ini di tempat kerja.

Buat kamu yang sampai sekarang masih tetap harus bekerja karena kebijakan perusahaan, kamu perlu memperhatikan beberapa hal berikut untuk membantu pencegahan virus corona ya :

1. Virus Corona menyebar lewat cairan tubuh

Jangan sekali- kali membuang ingus sembarangan di Perancis
via: viralsection.com

Ini hal pertama yang wajib kamu ketahui. Covid-19 ini menyebar lewat perantara cairan tubuh. Mulai dari air liur, bersin yang tersentuh oleh bagian luar tubuh, hingga partikel kecil saat seseorang batuk.

Misalnya tidak sengaja ada orang yang batuk dan dia tidak menggunakan masker, maka partikelnya mungkin bisa mengenai meja atau benda lain di lingkungan kantor.

Penyebaran ini kurang lebih mirip dengan cara kerja flu.

Baca Ini Juga Ya :   Saat Kesepian Menjadi Tantangan karena Bekerja dari Rumah Terlalu Lama

2. Jaga kebersihan ruangan kerja

WHO mengungkapkan bahwa cara ampuh mencegah penularan virus corona sebenarnya sangat sederhana: yaitu memastikan higienitas di sekitarmu tetap terjaga.

Di tempat kerja, kamu bisa mengawalinya dengan membersihkan meja menggunakan desinfektan dan memberikan pembersih tangan di tempat- tempat yang sering dilewati karyawan. Kamu juga bisa mengingatkan rekan- rekan kerjamu untuk rajin cuci tangan.

Pajang poster yang mempromosikan kebersihan pernafasan. Termasuk juga langkah- langkah pencegahan Covid-19 dan panduan keselamatan kerja.

3. Selalu siap sedia masker dan tisu

Selain menjaga higinietas, jangan lupa juga untuk selalu menyediakan masker dan tissue. Kedua barang ini wajib tersedia dan diberikan kepada mereka yang sudah mengalami gejala flu.

Sediakan juga tempat sampah tertutup sebagai tempat pembuangan untuk menjaga kebersihan aliran udara dan lingkungan.

Baca Ini Juga Ya :   Alasan Mengapa Isolasi Mandiri saat Pandemi Covid-19 Bikin Kita Tersiksa

4. Bersama- sama meningkatkan kesadaran orang- orang terhadap virus Corona

Kesadaran masing- masing individu terhadap pencegahan virus corona sangat penting untuk menghambat penyebaran virus mematikan ini.

Selain mengupayakan dengan poster tentang kebersihan pernafasan, kegiatan sharing bersama tim akan membantu meningkatkan kesadaran setiap orang di lingkungan kantor.

5. Istirahatkan tubuh jika merasa tidak fit

Virus corona cepat menyebar lewat batuk dan terutama saat imun tubuh sedang lemah. Jika kamu merasa sedang tidak fit, sebaiknya beristirahat di rumah dan meminum obat seperti paracetamol.

Memberi waktu istirahat yang cukup dan mengistirahatkan tubuh yang tidak fit akan menjaga imun tubuh agar tetap kuat. Ini kunci penting dalam menghalau Covid-19.

Loading...

6. Hindari bepergian sementara waktu

Rebahan di rumah aja

Himbauan social distancing sudah digaungkan oleh pemerintah beberapa waktu lalu. WHO sendiri menyarankan agar sementara waktu orang- orang tidak keluar negeri atau melakukan traveling.

Jika memang untuk keperluan darurat kamu harus melakukan hal ini, maka pastikan kamu mengecek apakah wilayah yang kamu kunjungi termasuk area zona merah Covid-19.

Karyawan yang kembali dari area terjangkit Corona harus melakukan isolasi diri untuk gejala selama 14 hari. Jika kemudian menderita batuk ringan atau demam ringan dengan suhu di atas 37,3 derajat Celcius, atau gejala yang lebih lanjut, cobalah untuk menghubungi gugus tugas Covid-19.

Baca Ini Juga Ya :   Para Dokter Yakin Cuaca Indonesia Bikin Virus Corona Tidak Betah

7. Jangan mendiskriminasi mereka yang tertular

Jika ada rekan kerja yang menunjukkan gejala virus Corona, langsung pisahkan orang tersebut ke dalam ruang isolasi dan segera laporkan ke layanan kesehatan setempat. Lawan penyakitnya, tapi jangan musuhi orangnya.

Sebaliknya, kamu perlu memberi rekan kerja dukungan moral agar ia bisa segera pulih dari penyakit ini.

Melawan virus Corona sebenarnya tidak berbeda jauh dengan melawan penyakit pada umumnya. Hal terpenting adalah menjaga higienitas dan terus menjaga imun tubuh agar tahan terhadap virus.


Share :

Komentar

komentar

Tags:
Loading...

You Might also Like