Type to search

Relationship

Perlu Nggak Sih Menghapus Foto Mantan dari Akun Medsosmu? Jawaban ini Bikin Kamu Lega

Share :

Bagi beberapa orang, teringat kenangan mantan adalah hal yang horor. Dengan berbagai cara, kenangan itu berusaha untuk disingkirkan. Tidak mudah, tapi layak untuk terus dicoba. Apakah kamu juga termasuk kelompok ini?

Terlebih untuk pasangan yang suka mengunggah kebersamaan di media sosial. Akan ada banyak jejak kenangan yang dilakukan bersama. Ada banyak foto bersama yang diambil karena tidak ingin melewatkan momen- momen indah.

Tapi saat sudah putus, kamu mungkin bingung dengan banyaknya foto yang sudah terlanjur diunggah di akun medsos mu. Lalu apa yang seharusnya dilakukan? Apakah akan dihapus? Atau dibiarkan saja?

Melihat foto mantan bikin gagal move on?

Menghapus foto mantan agar bisa move on

Jika kehadiran fotonya di akun medsos membuatmu susah move on, nggak ada salahnya kok menghapus foto tersebut. Ini akan jauh melegakan dan membantumu cepat move on.

Dilansir dari Huffington Post, melihat foto mantan di akun medsos memang bisa menggagalkan usaha seseorang untuk move on. Mungkin kamu awalnya hanya punya niat bernostagia. Tapi ini justru memancing kenangan indah yang menyiksa hati.

Penelitian lain dalam  jurnal Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking tahun 2015 mengungkap bahwa semakin sering kita membuka foto- foto bersama mantan di medsos, maka semakin besar juga hasrat untuk kembali menjalin hubungan dengan mantan.

Baca Ini Juga Ya :   Alasan Mengapa Orangtua Perlu Bersyukur Punya Anak yang Tak Bisa Diam

Melihat foto mantan membuka luka lama kembali

Melihat foto mantan membuat terluka lagi
via Pixabay

Bukannya cepet move on, sering melihat gambar mantan justru akan membuka luka lama mu kembali. Akhirnya bisa timbul penyesalan kenapa putus dengan mantan. Apalagi jika kamu sampai stalking mantan juga di akun medsos nya, itu akan membuatmu semakin menderita.

Kamu mungkin akan menjadi sibuk berpikir bagaimana kehidupan mantan sekarang dan bagaimana pacarnya saat ini. Apakah dia benar- benar bahagia atau apakah pacarnya sekarang sama perhatiannya dengan kamu dulu?

Selain membuka luka lama, ini akan menciptakan luka baru juga di hatimu.

Yang perlu kamu perhatikan saat hapus foto mantan dari akun medsos

Tips menghapus foto mantan

Kadang menghapus gambar mantan disertai dengan perasaan khawatir. Khawatir jika mantan tersinggung atau hal yang lainnya.

Tapi perlu kamu ingat kembali, kebahagiaan dan ketentraman jiwamu saat ini adalah hal yang lebih penting. Kamu nggak perlu takut menghapus foto si dia karena memang hubungan kalian saat ini sudah kandas. Jadi sah- sah saja kok.

Untuk menepis rasa khawatir mu ini dan agar kamu makin lega untuk move on, sebaiknya perhatikan beberapa hal ini dulu sebelum menghapus foto mantan dari akun medsos :

Baca Ini Juga Ya :   Ini Lho 10 Kisah Cinta Tragis Paling Legendaris yang Bikin Kamu Nangis

1. Mantapkan hati dulu

Kamu nggak sedang buru- buru kok. Jadi kamu nggak perlu cepat- cepat menghapus fotonya jika memang belum siap.

Kalau kamu terburu- buru, kamu mungkin justru terjebak dalam penyesalan karena buru- buru menghapus foto mantan dari akun medsos mu. Lebih parah lagi kalau penyesalan ini bikin kamu terus menerus mencari foto kenangan bersama mantan. Fix, kamu belum benar- benar siap.

Setiap individu yang baru saja putus selalu butuh waktu masing- masing untuk menenangkan diri. Jadi yang terpenting adalah memantapkan hatimu. Yakinkan diri bahwa kamu siap memulai lembaran baru dan sudah lebih rela untuk menghapus foto- foto lamanya.

Setelah ini kamu nggak akan lagi cari- cari foto si dia atau stalking mantan demi melihat foto- fotonya.

Baca Ini Juga Ya :   Nggak Perlu Banjir Tangisan, 5 Hal Ini Akan Membuat Kamu Bersyukur Sudah Putus Cinta

2. Hapus foto bukan berarti hapus pertemanan

Jika kamu putus secara baik- baik, menghapus fotonya dari akun medsos mu akan menjadi lebih mudah. Kamu menyadari bahwa menghapus foto mantan bukan berarti menghapus pertemanan. Ada yang berubah, tapi dia masih bisa menjadi temanmu.

Dengan begitu kalian bisa sama- sama saling mendukung untuk move on dan menghargai privasi satu sama lain.

Loading...

3. Cara untuk menghargai pasangan baru

Menurut Kati M. Waber, seorang peneliti dalam jurnal Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking tahun 2014, menyebut bahwa seluruh konten di medsos, entah itu berupa foto, komentar, atau video, bisa membuat kita sulit menghapus bayangan mantan.

Ini bisa membahayakan hubunganmu bersama pasangan baru. Pasanganmu bisa beranggapan kalau kamu masih susah move on dengan mantan mu, padahal kamu sudah punya dia.

Maka dari itu, menghapus foto mantan bisa menjadi salah satu cara buat lebih menghargai kehadiran pasanganmu saat ini. Biarlah masa lalu menjadi masa lalu. Dan kamu akan sepenuhnya menikmati lembaran barumu saat ini.


Share :

Komentar

komentar

Tags:
Loading...