LOADING

Type to search

Perlu Tahu

Siapa yang Harus Bayar Saat Makan Bareng? Ternyata Begini Tradisi di Berbagai Negara

Tradisi siapa yang harus bayar saat makan bareng
Bagikan

Salah satu kegiatan menyenangkan yang biasanya dilakukan bersama keluarga, sahabat, atau teman kantor adalah berkumpul bersama. Entah itu untuk sekedar hangout atau untuk makan bersama. Namun yang sering jadi perkara, siapa yang bayar tagihan makan bareng nantinya bisa memicu persoalan.

Ada yang inisiatif untuk membayar bill masing- masing orang. Ada juga yang sukanya nebeng, hahaha…. Kalau kebetulan ada yang berulang tahun sih, ya tetap ya, dia akan ditodong untuk membayar semua tagihan sebagai pajak ulang tahun, hehehe

Di negara kita sih sebenarnya nggak sulit untuk menentukan siapa yang harus membayar tagihan makan. Kita dapat membuat kesepakatan di awal apakah mau membayar sendiri- sendiri atau ada yang menawarkan untuk membayar semua tagihan.

Jika pergi dengan atasan atau teman kantor, memang nggak ada salahnya untuk kamu menawarkan diri untuk membayar. Idealnya sih mereka yang posisinya lebih tinggi yang membayar.

Namun jika kalian setingkat, kalian bisa mendiskusikan apakah bayar sendiri- sendiri sesuai tagihan atau makan bersama dan tagihan dibagi rata.

Kebiasaan Siapa yang Bayar saat Makan Bareng di Berbagai Negara

Kalau cerita di atas adalah tradisi membayar yang ada di negara kita. Lantas, sama nggak sih dengan kebiasaan siapa membayar di negara lain? Well, kenyataannya setiap negara punya kebiasaan sendiri- sendiri terkait siapa yang membayar. 

Penasaran seperti apa? Simak deh tradisi ‘siapa yang harus membayar’ di berbagai negara di dunia seperti HaloGeet.com ulas berikut ini :

Baca Juga :  Waspada! Ini 7 Tanda Kamu Konsumsi Terlalu Banyak Kafein

1. Tradisi Siapa yang Harus Bayar di Belanda

Pernah nggak sih dengar istilah Dutch Pay?

Istilah yang berasal dari Belanda ini mempunyai makna bahwa masing- masing orang harus bayar tagihannya sendiri saat makan. Meskipun diajak orang lain, kalau nggak ada kesepakatan bahwa dia yang mentraktir, ya mereka harus bayar sendiri- sendiri.

2. Anak Lelaki Tertua Bertanggungjawab Terhadap Semua Tagihan Makan

Di Korea Selatan, anak lelaki paling tua diharuskan untuk membayar semua tagihan makan. Idealnya sih anak lelaki tertua ini menawarkan diri untuk melunasinya, tidak peduli berapa total tagihannya.

3. Tradisi Split The Bill di Amerika Serikat

Beda lagi dengan di Amerika Serikat, mereka terbiasa untuk membagi tagihan sama ratau atau biasa dikenal dengan sistem split the bill. Menurut mereka, dengan dibagi rata, meski ada yang pesan dengan  harga lebih murah atau lebih mahal, mereka nggak bakal ribet buat menghitungnya

4. Kalau di Thailand, Dia yang Mengajak, Dia yang Harus Bayar

Siapa yang mengajak makan, dia lah yang membayar, begitu tradisi ‘Siapa yang Harus Bayar’ di Thailand. Kamu nggak perlu inisiatif untuk meminta membagi atau menghitung tagihan bersama orang lain saat kamu yang mengundang mereka, hehehe

5. Bayar di Depan ala Swedia

Di Swedia, terdapat restoran yang menawarkan untuk membayar makanan di depan. Mirip- mirip saat kita makan di foodcourt atau restoran cepat saji gitu deh, jadi pesan sekaligus bayar.

Dengan cara ini, nantinya nggak akan bingung memikirkan siapa yang harus bayar karena setiap orang langsung membayar saat itu juga.

Baca Juga :  Gawat! Kasus KDRT Meningkat di Indonesia Selama Pandemi Corona

6. Split Bill juga Menjadi Tradisi Siapa yang Bayar di Australia

Nah, di negara Kanguru, budaya siapa yang harus membayar saat kencan mirip- mirip dengan Amerika Serikat. Saat makan bersama, mereka akan membagi sama rata bill makanannya.

Namun jika ada orang yang punya penghasilan tertinggi, biasanya dia akan menawarkan untuk membayar lebih banyak.

Di Australia juga berlaku membagi rata tagihan makan/ via: howcast.com

7. Membagi Rata Tagihan Makan Bersama Teman di India

Kalau di India, pergi dengan teman seumuran berarti membagi rata tagihan makannya. Namun untuk acara makan bersama keluarga besar, anggota lelaki tertua biasanya akan menjadi pihak yang bertanggung jawab untuk membayar semua tagihan.

Anak muda di India akan membagi rata tagihan makan mereka/  cbronline.com

8. Di Filipina, Tuan Rumah yang akan Membayar

Saat menjadi tuan rumah, orang Filipina akan kekeuh untuk membayar semua tagihannya, meski ditolak oleh tamunya. Bagi mereka, membayar tagihan ini adalah sebuah kehormatan tersendiri.

Di Filipina berlaku tuan rumah sebagai pihak yang membayar/ via: goeastmandarin.com

9. Sama Seperti Filipina, Membayar Tagihan juga Merupakan Kehormatan di Vietnam

Nggak beda jauh dengan Filipina, orang- orang Vietnam juga beranggapan bahwa membayar tagihan tamu adalah sebuah kehormatan. Tamu akan dianggap tidak sopan saat menolaknya.

Sama seperti di Filipina, membayar tagihan tamu adalah kehormatan di Vietnam/ via: dailymail.co.uk

Baca Juga :  Work from Home Nggak Seenak yang Dibayangin, Ini Nih Deretan Cobaan yang Kamu Alami

10. Orang Kanada lebih Menyukai Tagihan Terpisah

Orang Kanada lebih suka meminta tagihan terpisah agar begitu mereka membayar, mereka nggak ribet untuk menghitung apa yang mereka makan

Agar nggak ribet, masyarakat Kanada lebih suka membayar tagihan mereka sendiri/ via: businessinsider.com

11. Kalau di Italia, Tergantung dengan Siapa Kamu Pergi

Kalau di Italia, sistem split the bill berlaku untuk perkara siapa yang bayar saat makan bareng bersama dengan teman dekat. Namun jika mereka pergi bersama dengan teman kantor, maka yang paling senior dan mempunya posisi tinggi lah yang akan membayar tagihannya

Sistem split the bill diberlakukan di Italia saat makan bersama teman/ via: indiatimes.com

Jadi ternyata beda negara beda cara pembayarannya ya?

Kalau kebetulan kamu punya teman di beberapa negara di atas dan berencana buat makan bareng, pastikan kamu memahami tradisi mereka juga ya. Biar nggak salah paham dan punya persiapan, hehehe


Bagikan

Comments

comments

Tags: