Type to search

Health & Beauty

Kenali 10+ Makanan Penyebab Jerawat yang Harus Kamu Hindari

Makanan yang menyebabkan berjerawat
Share :

Jerawat di wajah memang menjadi masalah serius untuk banyak orang, terutama perempuan. Dilansir dari Healthline, hampir 10 persen populasi di dunia menderita karena jerawat.

Sebagian besar orang berpikir kalau jerawat hanya disebabkan oleh muka yang kotor atau skin care yang kurang cocok dengan wajah. Padahal, ada banyak hal yang sebenarnya bisa menyebabkan munculnya jerawat di wajah. Mulai dari produksi sebum dan keratin berlebih, bakteri, hormon, pori- pori tersumbat, dan peradangan.

Selain itu, pola makan ternyata juga bisa menjadi penyebab munculnya jerawat. 

Kok bisa sih makanan menyebabkan jerawat?

Jerawat biasanya muncul saat pori- pori di kulit tersumbat sel kulit mati, bakteri, minyak (sebum), kotoran, atau kombinasi semuanya. Pori yang tersumbat bisa mengalami peradangan yang selanjutnya tumbuh sebagai jerawat.

Sejauh ini belum ada bukti valid yang melaporkan makanan sebagai penyebab utama dan satu- satunya kemunculan jerawat. Namun, beberapa makanan memang berpengaruh terhadap kadar hormon yang disebut insulin-like growth factor 1 (IGF-1).

Beberapa penelitian mengungkap bahwa kadar IGF-1 yang berlebih bisa memicu peningkatan produksi sebum atau minyak di kulit penyebab jerawat. Agar terhindar dari jerawat atau meredam pertumbuhannya, penting untuk menjaga pola makan kita agar lebih sehat.

Makanan yang Berpotensi Menyebabkan Jerawat

Jerawat bisa muncul karena tidak seimbangnya hormon dalam tubuh, terutama kadar hormon IGF-1 yang terlalu tinggi.

Nah, ada beberapa makanan sehari- hari yang secara alami bisa meningkatkan kadar hormon tersebut jika dikonsumsi terlalu sering atau dalam porsi berlebihan. Akibatnya, jerawat bisa mulai tumbuh atau bahkan semakin subur.

1. Karbohidrat Olahan

Mie menjadi salah satu makanan pemicu jerawat

Mereka yang mengonsumsi karbohidrat olahan beresiko terkena jerawat hingga 20 persen. Karbohidrat olahan ini akan diserap ke dalam alirah darah dengan cepat sehingga menaikkan kadar gula darah dan insulin. Kadar insulin yang tinggi ini tidak baik untuk orang yang mudah berjerawat karena bisa memicu hormon androgen untuk lebih aktif.

Reaksi pada jenis makanan ini adalah munculnya jerawat dengan membuat sel kulit tumbuh lebih cepat sekaligus meningkatnya produksi sebum.

Makanan dengan karbohidrat olahan ini antara lain :

  • Roti & cracker
  • Sereal
  • Pasta yang terbuat dari tepung
  • Nasi putih
  • Mie
Baca Ini Juga Ya :   Jangan Lagi Kantongi Dompet di Saku Celana Belakang. Resikonya Bikin Merinding!

2. Makanan Olahan Susu

Es krim juga bisa menjadi penyebab jerawat

Orang yang suka mengonsumsi susu dan es krim berpotensi mengalami jerawat empat kali lebih banyak. Peneliti menduga ini terjadi karena susu dapat meningkatkan kadar insulin yang memicu perkembangan jerawat.

Selain itu, susu juga mengandung asam amino yang merangsang hati untuk menghasilkan lebih banyak IGF-1.

Beberapa makanan olahan susu yang bisa mengakibatkan jerawat antara lain :

  • Susu 
  • Es krim
  • Yogurt

3. Makanan dan minuman manis

Makanan manis dengan gula tambahan meningkatkan resiko terkena jerawat hingga 30 persen. Sedangkan mereka yang hobi makan pastry dan cake secara konsisten beresiko 20% lebih besar.

Beberapa makanan manis yang bisa mengakibatkan jerawat ini antara lain :

Loading...
  • Cake
  • Pastry
  • Soda dan minuman manis
  • Sirup

4. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji menjadi pemicu jerawat

Makanan cepat saji kaya akan kalori, lemak, dan karbohidrat yang memicu jerawat. Sebuah studi yang dilakukan di China terhadap 5000 remaja membuktikan bahwa diet tinggi lemak menyebabkan resiko jerawat 43 persen.

Selain itu, konsumsi makanan cepat saji terlalu sering juga meningkatkan resiko munculnya jerawat hingga 17 persen. Peneliti sendiri menyebut bahwa makanan cepat saji, seperti burger, nugget, hotdog, kentang goreng, dan soda, bisa memicu jerawat karena mempengaruhi ekspresi gen yang mengubah kadar hormon.

Hal ini nih yang memicu timbulnya jerawat.

Baca Ini Juga Ya :   Jangan Tunggu Sampai Parah, Kenali 5 Tanda Stress di Kulit Wajah Ini

5. Cokelat

Beberapa riset mengenai kaitan jerawat dan coklat sudah beberapa kali dilakukan. Salah satu riset mengungkap kalau cokelat menyebabkan jerawat lantaran meningkatkan reaktivitas sistem kekebalan terhadap bakteri penyebab jerawat.

Selain itu, coklat sendiri mengandung gual dan susu dalam jumlah tinggi yang merupakan dua penyebab jerawat.

6. Protein Whey

Kandungan asam amino leucine dan glutamine  dalam protein whey sering dikonsumsi sebagai suplemen. Asam amino ini membuat sel bertumbuh dan memecahkan diri dengan lebih cepat,  sekaligus berkontribusi terhadap munculnya jerawat.

Selain itu, asam amino juga bisa menstimulasi tubuh untuk memproduksi kadar insulin lebih tinggi, yang sebelumnya disebut terkait dengan penyebab munculnya jerawat.

Contoh makanan yang mengandung protein whey antara lain :

  • Susu
  • Keju ricotta
  • Yogurt
  • Keju

7. Makanan Laut

Makanan laut seperti udang dan lobster mengandung iodine dalam jumlah tinggi. Saat dikonsumsi dalam jumlah berlebih,  zat ini bisa memicu timbulnya jerawat.

8. Buah Kering

Buah segar memang menyehatkan, namun lain halnya dengan buah kering. Pasalnya, buah kering mengandung karbohidrat olahan seperti nomer 1 yang menyebabkan timbulnya jerawat.

9. Alkohol

Cocktail alkohol warna- warni bisa mengandung gula yang tinggi. Selain itu, alkohol adalah diuretik yang bisa membuat kulit dehidrasi. Jika kulit kering, ini akan membuatnya sulit eksfoliasi dengan baik. Akibatnya, pori- pori bisa tersumbat dan jerawat mudah bermunculan.

Loading...

10. Jus buah

Jus botolan, termasuk jus buah cold pressed yang sedang ngehits juga bisa menjadi pemicu timbulnya jerawat. Pasalnya, dalam olahan jus, minuman yang satu ini jadi mengandung gula yang tinggi tanpa serat.

Baca Ini Juga Ya :   Wanita Lebih Cepat Tua dari Pria, Mitos atau Fakta? Ini Faktanya..

11. Makanan tinggi lemak omega-6

Makanan kaya Omega-6 juga menjadi makanan berikutnya yang diduga menjadi penyebab jerawat. Ini bisa terjadi karena ketidakseimbangan antara konsumsi asam lemak omega-6 dan omega-3 yang mendorong terjadi peradangan yang memperburuk kondisi jerawat.

Makanan yang kaya lemak omega-6 ini diantaranya adalah jagung dan minyak kedelai.

12. Lemak trans

Lemak trans biasanya berasal dari minyak sayur yang sebelumnya sudah dipakai untuk memasak. Lemak ini juga bisa ditemukan dalam makanan olahan mulai dari kue, keripik, biskuit, dan mentega.

Lemak trans ini tidak baik untuk kesehatan karena bisa menyumbat pembuluh darah, termasuk pembuluh darah kecil di kulit. Lemak ini juga bisa memicu peradangan yang bisa menumbuhkan jerawat di wajah.

Alih- alih mengonsumsi lemak trans, cobalah untuk mengonsumsi sumber lemak yang sehat, seperti minyak zaitun, kacang kenari, dan alpukat.

Gimana Caranya Biar Pola Makan Nggak Bikin Jerawatan?

Makanan tertentu dikenal bisa memicu jerawat. Agar terhindar dari efeknya, kamu perlu jeli dalam memilih makanan yang dikonsumsi. Boleh saja sebenarnya sesekali mengonsumsi makanan di atas, tapi kamu perlu memperhatikan porsinya.

Hindari terlalu banyak, dan terlalu sering. Terlebih jika kamu memang sensitif terhadap salah satunya. Kurangi makanan mengandung lemak jahat dan makanan cepat saji.

Selain itu, cobalah untuk mengonsumsi lebih banyak makanan sehat seperti buah dan sayuran. Kamu juga bisa coba mengganti nasi putih dengan nasi mereka yang mempunyai indeks glikemik lebih kecil.


Share :

Komentar

komentar

Tags:
Loading...

You Might also Like