Type to search

Sehat & Cantik

9 Tanda kamu Menderita Depresi Tapi Tidak Menyadarinya

Mengenal tanda- tanda depresi

Banyak orang yang memperlihatkan tanda- tanda depresi namun tidak menyadarinya. Bisa jadi, ini adalah tanda depresi ringan dan kamu merasa hanya sedang kelelahan. Namun jika tidak menyadarinya dan membiarkan keadaan berlarut- larut, dampak yang lebih buruk mungkin menanti.

Depresi adalah gangguan mental yang sering kali sulit dikenali, terutama karena gejalanya bisa tampak samar atau mirip dengan kondisi lain. Saat seseorang menderita depresi, maka ia harus segera mendapatkan pertolongan. Jika tidak, depresi ini akan semakin buruk dan berakibat fatal untuk penderitanya. 

Terlihat Tanda- tanda Depresi Tapi Tidak Menyadarinya?

Banyak orang mungkin tidak menyadari bahwa mereka mengalami depresi hingga kondisinya menjadi cukup parah. Padahal, efek buruk depresi bisa merambah kemana- mana. Penderita bisa melukai diri sendiri dan orang- orang di sekitarnya.

Agar kamu peka terhadap depresi, penting untuk mengenali tanda- tanda depresi yang kerap penderita alami. Apa saja? Antara lain berikut ini : 

1. Perasaan Sedih yang Berlarut-larut

Sedih adalah emosi yang normal, tetapi jika kamu merasakan kesedihan mendalam atau kosong selama berminggu-minggu tanpa alasan yang jelas, ini bisa menjadi tanda depresi. Perasaan ini sering kali tidak hilang meskipun sudah melakukan hal-hal yang biasanya menyenangkan.

Baca Juga :  Waspada! Ini 7 Tanda Kamu Konsumsi Terlalu Banyak Kafein

2. Kehilangan Minat atau Kesukaan

Orang yang mengalami depresi sering kali kehilangan minat pada aktivitas yang biasanya mereka nikmati. Misalnya saat kamu mempunyai hobi olahraga dan berkumpul bersama teman, namun tidak tertarik lagi dengan aktivitas ini. Kehilangan minat ini bisa menjadi indikasi kuat dari depresi.

3. Kamu Sulit untuk Berkonsentrasi pada Suatu Hal

Tanda depresi selanjutnya adalah kamu sulit berkonsentrasi pada suatu hal. Kamu bahkan seperti terlupa hal- hal penting dalam hidupmu dan sering terlihat linglung. Kesulitan ini sering membuat kamu malas melakukan apapun dan semua hal terlihat tidak penting lagi untukmu.

4. Energi yang Menurun Drastis dan Cepat Lelah

Merasa lelah sepanjang waktu adalah salah satu gejala umum depresi. Ini bisa terjadi meskipun kamu cukup tidur dan tidak melakukan aktivitas fisik yang berlebihan. Kelelahan ini juga sering disertai dengan penurunan energi yang signifikan.

5. Kamu sering Mengalami Gangguan Tidur

Macam- macam Gangguan Tidur dan Cara Mengatasinya

Tanda depresi juga bisa terlihat dari gangguan tidur yang kamu alami, baik itu insomnia atau malah tidur terlalu lama. Kedua hal ini membuat kamu mempunyai antusiasme mu dalam melakukan aktifitas berangsur- angsur menghilang.

6. Perubahan Nafsu Makan dan Berat Badan

Orang dengan depresi mungkin mengalami perubahan nafsu makan yang drastis, baik itu kehilangan nafsu makan atau makan berlebihan. Kamu bisa sering merasa lapar atau selalu kenyang sehingga pola makanmu berantakan. Alhasil, kamu pun mengalami penurunan atau peningkatan berat badan yang signifikan.

Baca Juga :  5 Lulur Alami Berbahan Kopi untuk Kulit Sehat dan Cantik

7. Perasaan Tidak Berharga atau Bersalah yang Berlebihan

Merasa tidak berharga, bersalah, atau meremehkan diri sendiri adalah gejala umum depresi. Perasaan ini sering kali tidak proporsional dengan situasi yang sebenarnya dan dapat menghantuimu sepanjang hari.

8. Kamu selalu merasa tidak mood dan ingin marah

Saat mengalami tanda depresi, kamu seolah- olah berubah menjadi orang lain. Kamu menjadi sosok yang lebih pendiam, pemarah, suka menyendiri, dan sering kesal sendiri. Orang- orang di sekitarmu pun sering bingung saat melihat tingkahmu.

9. Pikiran tentang Kematian

Pemikiran tentang kematian hingga keinginan untuk mengakhiri hidup adalah tanda yang sangat serius dari depresi. Jika kamu atau seseorang yang kamu kenal memiliki pemikiran ini, penting untuk segera mencari bantuan profesional.
Depresi adalah kondisi serius yang memerlukan perhatian dan penanganan yang tepat oleh ahli. Jika kamu merasakan beberapa tanda di atas, jangan berpikir itu hal yang akan hilang dengan sendirinya.

Kamu harus segera mengatasi hal tersebut dengan meminta bantuan teman atau berkonsultasi langsung dengan ahlinya. Dengan mengatasinya segera, maka masalahmu akan cepat selesai dan kesehatan mental akan terjaga.

Comments

comments

Baca Juga :  13 Manfaat Bunga Lavender untuk Kesehatan dan Kecantikan
0 Shares
Share via
Copy link
Powered by Social Snap