LOADING

Type to search

Pengembangan Diri

8 Cara Sehat dan Efektif Mengatasi Kesedihan yang Mendalam

Cara Mengatasi Kesedihan Mendalam
Bagikan

Saat sedang patah hati atau terjebak dalam masalah, wajar jika kita merasa sedih. Kesedihan ini sendiri adalah emosi yang normal dialami setiap manusia. Meski begitu, bersedih tidak boleh berlarut- larut. Usai sedih, kamu harus bangkit dan bahagia lagi.

Maka dari itu, kamu perlu mengetahui bagaimana cara untuk bangkit lagi usai kesedihan melanda hatimu. Setiap orang mungkin punya cara yang berbeda- beda dalam mengusir rasa sedihnya.

Tips Mengatasi Kesedihan yang Sehat dan Efektif

Nah, mungkin saja kamu bisa mengatasi kesedihan mu dengan berbagai cara yang diulas Halo Geet di artikel ini.  Beberapa cara berikut juga sudah lazim digunakan orang lain dalam mengusir rasa sedih mereka kok.

Jadi jika mereka berhasil, kamu pasti juga bisa berhasil menggunakan cara ini. Yuk kita coba sama- sama :

Sadari emosi sedih yang kamu alami, dan rangkul perasaan itu

Saat kamu sedih, kamu nggak perlu mengelak atau membohongi perasaan mu itu kok. Jika kamu membohongi perasaanmu, kamu justru terjebak dalam perasaan itu terus menerus.

Jadi, langkah pertama yang perlu kamu lakukan untuk mengatasi kesedihan adalah dengan menyadari emosi sedih yang kamu rasakan.

Menangis? It’s okay.. Itu akan melepas rasa sedihmu

Menangis adalah obat untuk mengatasi rasa sedih yang sangat manjur. Menangis nggak membuat kamu lemah kok. Sama sekali nggak.

Sebaliknya, menangis ini sendiri membantu kamu mengeluarkan hormon stress dari dalam tubuh dan menjadi sarana untuk mengekspresikan kesedihan dengan benar. Ini akan membantumu merasa lebih baik setelahnya.

Ceritakan pada orang yang kamu percaya

Bercerita akan membuat kamu merasa lega. Berbagi kesedihanmu dengan orang terdekat yang kamu percaya bisa menjadi sarana untuk mengekspresikan rasa sedih, sekaligus menyadarkanmu kalau ada banyak orang- orang yang masih sayang kamu.

Ini akan membuat kamu termotivasi untuk nggak berlarut- larut sedihnya.

Baca Juga :  6 Alasan Kenapa Cewek Pemberani ini Bikin Cowok Tergila- gila

Beri dukungan untuk diri sendiri juga

Bukan dari teman saja, tapi kamu juga bisa memberi dukungan untuk diri sendiri. Ini bukan hal yang aneh kok, dan benar- benar bisa kamu lakukan. Caranya gimana?

Cobalah untuk mencari tempat yang tenang dan sepi, entah itu di kamar tidur atau tempat kamu ingin Me Time di luar. Tapi pastikan tempat ini cukup tenang ya.

Letakkan tangan kanan di dada dan tangan kiri di perut sambil mengatakan dengan pelan kalau kamu selalu ada dan peduli dengan kesedihan yang kamu alami. Jika perlu, ajak dirimu sendiri berbicara dari hati ke hati.

Tuliskan di kertas atau buat coretan dan gambar

Jika kamu memilih untuk nggak berbagi pengalaman dan rasa sedihmu pada orang lain, cobalah untuk menulisnya melalui kertas atau dalam jurnal. Kamu bisa sekaligus mendengarkan musik instrumental atau lagu favorit yang membuatmu merasa lebih tenang.

Kamu juga bisa menuangkan rasa sedihmu dalam bentuk karya. Puisi, gambar, atau lukisan bisa membantumu mencurahkan rasa sedihmu dan membuatmu merasa lebih lega.

Berendam dengan air hangat

Air hangat itu sangat menenangkan. Cobalah untuk berendam di air hangat atau sekedar merasakan kehangatan air dari pancuran saat kamu sedang merasa sedih.

Efek relaksasi yang dihasilkan air hangat ini akan membuat kamu merasa segar dan tenang dari kesedihan yang menyerangmu.

Baca Juga :  5 Alasan Mengapa Seorang Ibu juga Perlu Berpendidikan Tinggi

Berjalan- jalan menikmati udara segar

Jangan terjebak di dalam ruangan terus menerus saat sedih. Cobalah untuk beraktifitas kembali di luar rumah dengan berjalan- jalan di area sekitarmu. Aktifitas fisik dan suasana luar bisa meningkatkan hormon endorfin yang membuat suasana hatimu lebih nyaman.

Cari tahu apa yang bisa bikin kamu senang

Cara paling efektif untuk mengatasi kesedihanmu adalah dengan melakukan hal- hal yang menyenangkan. Misalnya saja nonton drakor favoritmu, berolahraga atau meditasi.

Intinya, lakukan hal- hal yang membuat kamu senang dan bersemangat lagi.

Tanda- tanda kesedihan sudah mengganggu kesehatan mental

Ada kalanya saat kamu sudah mencoba berbagai cara, tapi kesedihan sudah menguasai diri mu terlalu dalam. Jika ini terjadi, ini bisa menjadi indikasi dari adanya depresi.

Mengenal apa itu revenge porn

Saat seseorang menderita depresi, rasa sedih yang dia alami cenderung lebih mendalam dan menetap. Kesedihan ini biasanya tidak bisa diatasi begitu saja dan bahkan cenderung mengganggu kehidupan sehari- hari.

Jika sedihmu sudah berubah menjadi depresi, ini adalah tanda- tanda yang mungkin kamu rasakan :

  • Terus- terusan merasa cemas, sedih, dan hampa.
  • Merasa bersalah, tidak bisa, atau tidak berharga.
  • Mudah gelisah dan kesal.
  • Merasa lelah, lebih lambat dan tak berenergi.
  • Hilang atau berlebihan nafsu makan.
  • Berat badan menurun drastis atau justru obesitas.
  • Putus asa dan terlalu pesimis.
  • Mengalami gangguan kesehatan seperti sakit kepala atau sakit perut yang tidak bisa diatasi dengan penanganan medis.
  • Berkurangnya ketertarikan atau rasa bahagia dalam melakukan hal yang kamu sukai.
  • Mempunyai pemikiran bunuh diri atau bahkan pernah mencoba bunuh diri.
  • Kesulitan dalam mengingat, berpikir, atau membuat keputusan.
  • Gangguan tidur, seperti tidur berlebihan, bangun terlalu pagi, atau insomnia.
Baca Juga :  22 Hal Aneh yang Sering Dialami oleh Mereka yang Berkepribadian Introvert

Apabila kamu tetap merasa tidak lebih baik setelah menerapkan tips- tips di atas atau bahkan keadaan semakin buruk, cobalah untuk berkonsultasi pada psikolog atau psikiater. Berkonsultasi pada pakarnya akan membuatmu merasa terbantu dan segera menemukan solusi yang lebih baik untuk masalah yang kamu alami.


Bagikan

Comments

comments

Tags: