Type to search

Pengembangan Diri Sehat & Cantik

10+ Cara Menjaga Kesehatan Mental, Saatnya Merasa Lebih Baik!

Cara Menjaga Kesehatan Mental

Menjaga kesehatan mental merupakan aspek yang tak kalah penting dengan menjaga kesehatan fisik. Dalam realitas dinamis dan penuh tantangan, memahami urgensi menjaga kesehatan mental menjadi kunci utama untuk mencapai keberhasilan dan kesejahteraan yang sesungguhnya dalam hidup.

Dengan mental yang sehat, seseorang bisa melakukan tugas- tugasnya dengan baik, mempunyai pikiran dan logika yang jernih dalam membuat keputusan, serta tidak mudah terjebak dalam situasi negatif. Di artikel ini, Halo Geet akan mengulas secara lengkap tentang cara menjaga kesehatan mental untuk membuat kamu merasa lebih baik di tengah situasi sulit.

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental

Kesehatan mental adalah pondasi keberhasilan dan kesejahteraan holistik. Saat seseorang memiliki kesehatan mental yang baik, seseorang bisa mencapai potensi penuh dalam hal produktivitas dan kreativitas.

Selain itu, mental yang sehat juga terbukti berdampak pada kesehatan fisik. Kesehatan mental yang optimal berperan menciptakan lingkungan yang mendukung sistem kekebalan tubuh dan keseimbangan hormonal. Ini bukan hanya tentang ketahanan mental tetapi juga mengenai dampak positif pada kesehatan fisik kita secara keseluruhan.

Sebaliknya, tanpa kesehatan mental yang baik, seseorang akan kesulitan untuk memberikan potensi terbaiknya. Ia akan mudah terpengaruh dengan hal- hal negatif di sekitarnya, mudah panik dan kesulitan mengontrol dirinya. Tidak jarang, mereka membuat diri mereka semakin terpuruk hingga membahayakan diri sendiri dan orang lain.

10+ Cara Menjaga Kesehatan Mental

Ada berbagai cara untuk menjaga kesehatan mental, dan setiap orang memiliki pendekatan yang berbeda. Mulai dari praktik meditasi dan olahraga yang teratur hingga menjaga pola makan yang seimbang, semuanya dapat berkontribusi positif. Mari mencobanya untuk kesehatan mental yang lebih baik!

1. Mengatakan Hal Positif pada Diri Sendiri 

Menurut penelitian, cara kamu berpikir tentang diri sendiri akan berdampak kuat pada kejiwaan. Saat kamu memandang dirimu secara positif, kamu akan menjadi pribadi yang lebih bahagia dan percaya diri. Sebaliknya, saat kamu terbiasa memandang diri secara negatif, kamu akan merasa rendah diri dan terpuruk.

Oleh sebab itu, penting sekali untuk membiasakan mengatakan hal- hal positif pada diri sendiri untuk membuat diri menjadi lebih optimasi.

Baca Juga :  Buat Kamu yang Baperan, Coba lah 6 Cara Ini untuk Melatih Kesabaran

2. Tuliskan Hal-Hal yang Membuat Kamu Bersyukur

Menurut orang bijak, semakin sering kita bersyukur, maka semakin banyak hal baik yang bisa kita nikmati. Tidak salah jika salah satu cara menjaga kesehatan mental adalah dengan menulis hal- hal yang kita syukuri.

Kamu bisa membuat jurnal dan menulis hal- hal yang kamu patut syukur setiap harinya. Selain membuatmu menjadi lebih tenang, kamu bisa mendapat manfaat jangka panjang dengan menjadi pribadi yang lebih positif.

3. Mengimplementasikan Meditasi Aktif

Kamu juga bisa melakukan praktek meditasi aktif untuk menjaga kesehatan mentalmu. Aktivitas ini termasuk seni berjalan, yoga, atau bahkan aktivitas kreatif seperti melukis atau menulis jurnal.

4. Olahraga Teratur dan Menyenangkan

Menjaga tubuh kita terus sehat secara fisik juga berdampak pada kesehatan mental. Lakukan kegiatan olahraga yang Anda sukai, misalnya bersepeda, berenang, atau hiking. Selain sehat, kegiatan ini juga meningkatkan suasana hati dan mengurangi tingkat stres.

5. Fokus pada Satu Hal pada Satu Waktu

Multitasking memang sangat melelahkan untuk banyak orang. Untuk melepas emosi negatif, kamu bisa fokus ke satu tujuan dan menyelesaikannya lebih dulu, sebelum beralih ke hal lain.

Kamu bisa memulainya dengan kesadaran bahkan untuk hal-hal sederhana seperti mandi, makan siang, atau berjalan pulang. Kamu juga bisa mencoba memperhatikan lebih detail pada sensasi fisik, suara, bau, atau rasa.

Deretan aktivitas ini akan membantu kamu untuk menjadi lebih fokus sekaligus membantu mengatasi overthinking dari hal- hal di sekitarmu.

Baca Juga :  Buat Kamu yang Nggak Enakan, Gunakan 4 Alasan Ampuh ini Untuk Menolak Ajakan

6. Makanan Sehat dan Lezat

Makanan juga berperan penting dalam kesehatan fisik dan mental. Beberapa jenis makanan juga terbukti dapat meningkatkan suasana hati. Karbohidrat dalam jumlah sedang terbukti meningkatkan serotonin dan makanan kaya protein membantu kamu tetap waspada.

Pilih makanan yang kaya nutrisi, seperti buah-buahan, sayuran, dan omega-3, untuk mendukung fungsi otak yang optimal. Sayuran dan buah-buahan yang kaya nutrisi akan menjadi makanan yang sehat untuk setiap sel tubuh.

7. Terbukalah pada Seseorang

Tidak ada salahnya untuk bersikap terbuka kepada orang lain. Kendati begitu, kamu juga harus jeli dalam mengelola pertemanan. Berada bersama dengan mereka yang membawa nuansa positif akan membantu kamu berpikir lebih positif dan semakin mengenal diri sendiri.

8. Membatasi Media Sosial

Menentukan batasan waktu untuk penggunaan media sosial juga berdampak positif pada kesehatan mental. Terlalu banyak paparan dapat meningkatkan stres dan kecemasan. Kamu juga sebaiknya memfokuskan diri pada koneksi sosial yang mendukung dan bermanfaat.

9. Melakukan Sesuatu untuk Orang Lain

Cara menjaga kesehatan mental selanjutnya adalah dengan melakukan sesuatu untuk orang lain. Beberapa penelitian mengungkap bahwa membantu orang lain berdampak positif terhadap perasaan seseorang. Kamu akan merasa lebih baik dan menjadi lebih berharga.

Bahkan dengan bersikap ramah terhadap orang sekitar pun bisa menjadi obat yang mujarab untuk kesehatan mental seseorang. Jadi, jangan sungkan untuk melakukan hal- hal baik ya!

10. Istirahat yang Cukup

Membiasakan diri untuk mendapat waktu istirahat yang cukup akan berdampak positif pada kesehatan mental. Kurang tidur sendiri merupakan salah satu hal yang sering berdampak negatif pada suasana hati dan kinerja otak. Maka dari itu, pastikan kamu tidur dengan cukup dan berkualitas agar bisa memulai harimu dengan lebih baik.

11. Melakukan Aktivitas Kreatif

Aktivitas kreatif bisa membuatmu merasa lebih tenang dan damai. Kegiatan seperti menulis, menggambar, atau bermain musik, dapat menjadi cara yang efektif untuk melepaskan ekspresi dan meredakan stres.

Baca Juga :  Hati- hati! Terlalu Sering Minum Es Teh Manis Bisa Mengakibatkan 5 Hal Ini

12. Menjalankan Work-Life Balance

Di tengah kehidupan yang sibuk, work life balance adalah solusi untuk mental yang sehat. Ciptakan lah keseimbangan dalam rutinitas harian mu. Buat porsi yang pas untuk urusan pekerjaan, istirahat, dan waktu bersama keluarga atau teman-teman.

Percayalah, Kamu Tidak Benar- benar Sendiri!

Seseorang yang mengidap kesehatan mental seringkali merasa sendiri dan tidak punya tempat untuk berbagi. Hal ini mendorong mereka menjadi overthinking tentang hal yang tidak benar- benar terjadi.

Ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk melawan rasa sepi ini : 

Terbuka untuk Koneksi Baru yang Bermakna

Bukan hanya tentang jumlah teman, tetapi tentang kualitas hubungan. Cari orang-orang yang dapat memahami dan mendukungmu untuk perjalanan hidup yang lebih positif.

Manfaatkan Teknologi untuk Bersosialisasi

Teknologi bisa menjadi cara baru untuk terhubung dengan seseorang. Kamu bisa mengikuti kelompok minat, forum online, atau aplikasi kencan teman yang memungkinkan kamu untuk dengan orang-orang baru.

Mengikuti Komunitas Lokal

Bergabung dengan komunitas lokal atau klub hobi adalah cara yang bagus untuk bertemu dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama. Aktivitas ini juga bisa membantumu untuk hubungan yang lebih dalam.

Terlibat dalam Kegiatan Sosial

Kamu juga bisa turut proaktif dalam mencari kegiatan sosial. Pergilah ke acara-acara komunitas, pertemuan, atau kelas yang sesuai dengan minatmu.

Ikuti Kelas atau Workshop

Bergabung dengan kelas atau workshop adalah cara yang bagus untuk bertemu dengan orang-orang baru sambil meningkatkan keterampilan atau hobi.

Comments

comments

Tags:

You Might also Like

0 Shares
Share via
Copy link
Powered by Social Snap