Type to search

Sehat & Cantik

14 Manfaat Yoga untuk Ibu Hamil & Tips Aman Melakukannya

Manfaat Yoga untuk Ibu Hamil

Cerita tentang manfaat yoga untuk ibu hamil memang bukan hal yang baru. Ada banyak jurnal yang mengulas betapa yoga bisa menjadi sahabat terbaik untuk ibu hamil karena berkhasiat untuk kesehatan tubuh dan pikiran.

Terutama untuk para bumil, kehamilan adalah masa yang penuh dengan perubahan fisik dan emosional bagi seorang wanita. Selama periode ini, menjaga kesehatan tubuh dan pikiran sangatlah penting.

Salah satu aktivitas yang bisa kita lakukan adalah dengan mempraktekkan senam yoga. Senam yoga untuk ibu hamil tidak hanya membantu menjaga kebugaran fisik, tetapi juga memberikan manfaat emosional yang luar biasa. 

Senam Yoga untuk Ibu Hamil

Selama bertahun- tahun, kita telah banyak mendengar manfaat yoga untuk kesehatan tubuh dan mental. Bagi ibu hamil, yoga menawarkan berbagai pose yang dirancang khusus untuk mendukung perubahan tubuh selama kehamilan.

Senam yoga untuk ibu hamil biasanya berfokus pada peningkatan fleksibilitas, penguatan otot, dan pernapasan yang dalam. Kelas yoga prenatal biasanya dipandu oleh instruktur yang berpengalaman yang memahami kebutuhan khusus ibu hamil.

Senam yoga untuk ibu hamil mencakup pose-pose lembut yang aman dan bermanfaat. Beberapa pose umum yang sering dilakukan termasuk pose kucing-sapi, pose kupu-kupu, dan pose anak.

Setiap pose memiliki manfaat khusus, seperti mengurangi nyeri punggung, meningkatkan sirkulasi darah, dan membantu dalam persiapan persalinan. Selain itu, yoga juga membantu dalam mengatasi stres dan kecemasan yang sering wanita hamil alami selama mengandung buah hati.

15 Manfaat Yoga untuk Ibu Hamil

Dengan latihan rutin, yoga membantu individu menjadi lebih tenang dan fokus. Sedangkan untuk ibu hamil, yoga prenatal secara umum membantu mempersiapkan kehamilan dan persalinan yang sehat.

Senam yoga untuk ibu hamil biasanya berfokus pada pengaturan pernafasan, poster tubuh, peregangan dan relaksasi tubuh. Deretan hal ini sangat penting selama masa kehamilan mengingat perubahan fisiologis yang ibu hamil alami.

1. Membantu Tubuh Tetap Aktif dan Kuat

Manfaat yoga untuk ibu hamil yang pertama adalah membantu tubuh bumil tetap kuat dan aktif selama kehamilan. Saat mengandung, tubuh wanita mengalami perubahan yang cukup drastis secara hormonal, fisik dan emosional.

Alhasil, ibu hamil biasanya menjadi mudah lelah dan lebih sensitif. Dengan senam yoga secara konsisten, tubuh ibu akan lebih cepat beradaptasi dengan semua perubahan tersebut. Pada akhirnya, hal ini akan membantu bumil untuk tetap produktif beraktivitas.

Baca Juga :  Jaga Diri Ya, Terlalu Gampang Cemas Bisa Berdampak Buruk pada Kesehatan Fisik mu

2. Menjaga Kesehatan Mental Ibu Hamil

Gerakan- gerakan pada yoga dapat membantu ibu hamil menjadi lebih rileks secara fisik dan mental. Hal ini dapat membantu meringankan gejala stres dan depresi.

Selain itu latihan pernafasan pada yoga juga mengaktifkan sistem saraf dan mengontrol hormon kortisol. Dengan hormon kortisol yang terkontrol, tubuh dan pikiran akan menjadi lebih rileks.

3. Meringankan Nyeri Punggung dan Nyeri Sendi

Manfaat yoga untuk ibu hamil selanjutnya adalah meredakan sakit pinggang dan nyeri sendi. Masalah sakit pinggang kerap menjadi keluhan ibu hamil di trimester kedua hingga ketiga di kehamilan. Dengan yoga prenatal, keluhan ini dapat berkurang.

Yoga prenatal dikenal cukup efektif dalam memperkuat otot dan meningkatkan fleksibilitas. Gerakan- gerakan pada yoga ini membantu melancarkan sirkulasi tubuh dan menjaga keseimbangan tubuh ibu hamil.

5. Melancarkan Aliran Darah

Peregangan dalam gerakan yoga bisa membantu meningkatkan aliran darah ke jantung. Dalam proses ini, artinya akan lebih banyak darah kaya oksigen yang juga mengalir ke janin. Bukan hanya sehat untuk ibu hamil, tapi juga berdampak baik untuk kesehatan calon buah hati.

6. Latihan Relaksasi

Senam yoga juga dapat menjadi sarana latihan relaksasi untuk ibu hamil. Umumnya ibu hamil cenderung sensitif terhadap rasa cemas karena perubahan hormon. Alhasil, ibu hamil lebih rentan depresi hingga kerap mengalami gangguan tidur.

Melalui senam yoga, ibu hamil akan merasa lebih tenang dalam menjalani kehamilan. Sarana relaksasi ini akan membantu ibu untuk bisa tidur lebih nyenyak dan lebih bisa mengendalikan stres.

7. Menurunkan Resiko Komplikasi

Senam yoga untuk ibu hamil juga bermanfaat untuk menurunkan resiko komplikasi selama kehamilan.  Hal ini berkaitan dengan tingkat stres dan rasa sakit pada ibu hamil berpotensi mengalami penurunan signifikan karena efek relaksasi dari yoga.

8. Meningkatkan Kualitas Tidur

Ibu hamil tidak jarang mengalami gangguan tidur selama masa kehamilan. Jenis gangguan tidur ini mungkin gejala yang wajar, namun bukan berarti baik. Terlebih jika ibu hamil juga merupakan ibu bekerja dan mempunyai aktivitas yang cukup padat.

Dengan yoga, ibu akan mempunyai kualitas tidur yang lebih baik. Dengan tidur yang berkualitas, hal ini akan membuat kehamilan menjadi lebih sehat secara fisik dan mental.

9. Otot Pinggul Menjadi Lebih Lentur

Beberapa gerakan dalam senam yoga ditujukan untuk membuat ibu siap dengan persalinan yang mudah dan sehat. Salah satunya dengan memberi manfaat dalam mempersiapkan otot pinggul yang lebih lentur.

Dengan otot pinggul yang lentur, proses persalinan akan menjadi lebih mudah. Oleh sebab itu, para praktisi selalu menyarankan ibu hamil agar konsisten dalam mengikuti senam yoga selama masa kehamilan.

Baca Juga :  Kapan sih Sebaiknya Batas Makan Waktu Malam? Ini Penjelasannya

10. Meningkatkan Ikatan dengan Bayi

Ada banyak gerakan dalam senam yoga yang mengharuskan bumil untuk berkomunikasi dengan janin di kandungan. Praktisi akan mengajarkan ibu cara berbicara dengan bayi yang membuatnya merasa nyaman. Misalnya dengan mengusap perut sebelum memulai senam dan komunikasi mengajak bayi untuk bergerak bersama.

Melalui komunikasi ini, akan terjalin bonding yang kuat antara ibu dan bayi selama proses latihan.

11. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Selain membantu ibu hamil tetap aktif beraktivitas, yoga juga membantu ibu menjaga berat badan tetap ideal sebelum melahirkan. Pasalnya, kenaikan berat badan yang berlebihan, terutama menjelang persalinan, hal ini juga berpotensi mempersulit proses persalinan.

12. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Masalah pencernaan seperti sembelit dan kembung sering kali ibu hamil alami karena perubahan hormon dan tekanan dari rahim yang membesar. Yoga membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dengan beberapa cara.

Gerakan- gerakan seperti seated twist dan cat-cow membantu merangsang organ pencernaan dan meningkatkan pergerakan usus, sehingga mengurangi gejala sembelit. Dengan pencernaan yang lebih baik, ibu hamil bisa merasa lebih nyaman dan sehat sepanjang kehamilan.

13. Mempersiapkan Tubuh untuk Persalinan

Yoga prenatal mencakup gerakan- gerakan yang secara khusus memperkuat otot-otot inti dan dasar panggul. Latihan seperti squats dan pose butterfly membantu membuka panggul, memperkuat otot-otot di sekitar area tersebut, dan meningkatkan fleksibilitas.

Selain itu, latihan pernapasan yang diajarkan dalam yoga, seperti teknik pernapasan dalam dan pernapasan perut, membantu ibu hamil untuk mengontrol nafas dan mengurangi rasa sakit selama kontraksi. Dengan rutin berlatih yoga, tubuh menjadi lebih siap untuk menghadapi proses persalinan yang membutuhkan kekuatan, ketahanan, dan kontrol pernapasan yang baik.

14. Membantu Proses Pemulihan Pasca Melahirkan

Yoga tidak hanya bermanfaat selama kehamilan, tetapi juga sangat membantu dalam proses pemulihan setelah melahirkan. Latihan yoga pasca melahirkan fokus pada penguatan kembali otot-otot yang melemah selama kehamilan dan persalinan, seperti otot perut dan dasar panggul.

Gerakan- gerakan seperti bridge dan pelvic tilts membantu mengencangkan kembali area ini dan meningkatkan sirkulasi darah, yang penting untuk penyembuhan. Selain itu, yoga membantu meredakan ketegangan pada punggung dan bahu yang sering kali tegang akibat menggendong bayi dan menyusui.

Melalui latihan yang konsisten, ibu baru dapat mengembalikan kekuatan dan fleksibilitas tubuhnya, serta mengatasi kelelahan dan stres yang sering dialami setelah melahirkan.

Baca Juga :  Arti Stockholm Syndrome, Gejala, Penyebab dan Cara Mengobati

Tips Aman Melakukan Yoga saat Hamil

Meskipun yoga prenatal aman untuk sebagian besar ibu hamil, penting untuk tetap memperhatikan beberapa tips berikut untuk memastikan keamanan dan kenyamanan :

1. Konsultasikan bersama Dokter

Sebelum memulai yoga, selalu konsultasikan dengan dokter atau bidan untuk memastikan bahwa kondisi kesehatan bumil memungkinkan untuk melakukan latihan ini.

2. Pilih Kelas Yoga Prenatal

Bergabunglah dengan kelas yoga yang didesain khusus untuk ibu hamil. Instruktur yang berpengalaman akan memberikan panduan tepat dan memastikan latihan yang aman untuk ibu hamil.

3. Gunakan Peralatan yang Tepat

Gunakan matras yoga yang nyaman dan dukungan tambahan seperti bantal atau balok yoga untuk membantu gerakan- gerakan tertentu.

4. Hindari Pose yang Berisiko

Hindari pose yang melibatkan tekanan pada perut atau risiko jatuh, seperti pose inversi atau pose berbaring di perut.

5. Fokus pada Pernapasan

Latihan pernapasan dalam yoga sangat penting untuk relaksasi dan membantu mengatasi kontraksi selama persalinan.

6. Jaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Pastikan ibu hamil minum cukup air sebelum, selama, dan setelah latihan yoga untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

7. Dengarkan Tubuh mu

Dengarkan dan percayai apa yang tubuh bumil rasakan. Jika timbul perasaan tidak nyaman atau mengalami nyeri selama latihan, segera hentikan dan konsultasikan dengan instruktur atau dokter.

Kesimpulan

Yoga adalah salah satu latihan terbaik yang bisa ibu hamil lakukan untuk menjaga kesehatan mental dan fisik. Dengan berbagai manfaat yoga untuk ibu hamil ini, bumil akan melalui masa kehamilan dengan lebih nyaman dan mempersiapkan tubuh untuk persalinan.

Dengan mengikuti tips aman yang telah disebutkan, ibu hamil dapat menikmati manfaat yoga tanpa khawatir akan risiko yang mungkin terjadi. Selalu ingat untuk berkonsultasi dengan dokter dan mengikuti panduan dari instruktur yoga prenatal yang berpengalaman.

Comments

comments

Tags:

You Might also Like

0 Shares
Share via
Copy link
Powered by Social Snap