Type to search

Sehat & Cantik

Buah- buahan yang Perlu Dihindari Pemilik Golongan Darah O

Buah jeruk, buah yang harus dihindari pemilik golongan darah O

Kita mengenal buah- buahan sebagai makanan kaya akan nutrisi yang perlu untuk dikonsumsi sehari- hari. Namun di sisi lain, ternyata ada klasifikasi buah- buahan yang cocok dan kurang cocok berdasarkan golongan darah masing- masing.

Jika kamu mempunyai golongan darah O misalnya, buah yang dipilih sebaiknya juga menjadi pilihan yang mengenyangkan dan lebih sehat untuk menggantikan makanan pokok, seperti nasi, roti, atau pasta, dilansir dari Buku Diet Sehat Golongan Darah O (2015).

Saat pemilik golongan darah O ini mengonsumsi buah yang mengenyangkan daripada selembar roti, atau sepiring nasi, ini akan membantu sistem pencernaan mereka bekerja optimal.

Di saat bersamaan, buah- buahan ini akan membantu golongan darah O untuk mempunyai berat badan yang ideal.

Buah yang Harus Dihindari Golongan Darah O

Selain buah yang direkomendasikan, ada juga buah yang perlu diwaspadai pemilik golongan darah O. Buah- buahan ini dianggap tidak cocok karena berdampak buruk untuk kesehatan mereka.

Hal ini merujuk pada sifat sistem pencernaan golongan darah O yang cenderung sangat asam. Maka dari itu, pemilik golongan darah ini dianjurkan untuk tidak mengonsumsi buah- buahan yang mengandung asam untuk mengurangi resiko gangguan lambung dan iritasi dinding lambung.

Berikut ini adalah beberapa contoh buah- buahan yang sebaiknya golongan darah O hindari karena kandungan asamnya yang kurang bersahabat :

  • Jeruk keprok 
  • Jeruk orange 
  • Buah jeruk medan 
  • Jeruk Pontianak 
  • Jeruk garut 
  • Stroberi 
Baca Juga :  Cara Ampuh Memutihkan Gigi dengan Baking Soda, Ternyata Mudah!

Sebaliknya, pemilik golongan darah O disarankan untuk lebih memilih buah- buahan pembentuk basa untuk menghindari masalah kesehatan mereka. Beberapa buah yang para ahli sarankan antara lain buah plum, prune (plum kering), dan buah fig.

Warna merah gelap, biru, dan ungu gelap pada buah ini adalah tanda bahwa buah ini bisa memberikan reaksi basa dalam sistem pencernaan.

Jeruk grapefruit, meski dalam golongan jeruk juga boleh kita konsumsi, tapi tidak boleh berlebihan. Meski kandungan asamnya tinggi, tetapi buah ini termasuk buah pembentuk basa setelah dicerna.

Buah Pembentuk Basa yang Perlu Kita Waspadai

Buah pembentuk basa pada dasarnya sangat baik untuk pemilik golongan darah O. Namun, tidak semuanya baik untuk pemilik golongan darah ini.

Contohnya adalah buah melon. Beragam buah melon terbukai baik membentuk basa, tapi sekaligus mengandung cukup banyak jamur. Padahal tubuh golongan darah O sangat sensitif terhadap jamur.

Maka dari itu, buah melon dan semangka juga adalah kelompok buah yang kita konsumsi secukupnya saja. Khusus untuk melon jenis honeydew dan blewah disarankan untuk dihindari sama sekali karena paling tinggi kandungan jamurnya.

Sebaliknya, buah- buahan beri baik untuk pemilik golongan darah O, misalnya saja ciplukan atau gooseberry. Kita juga sebaiknya menghindari blackberry karena kandungan lektin yang bisa mengganggu sistem pencernaan golongan darah O.

Pemilik darah O sebaiknya rajin mengkonsumsi jus nanas yang bisa membantu mencegah dan mengatasi retensi air dan perut kembuh. Kedua hal ini berperan dalam kegemukan pada tubuh pemilik golongan darah O.

Buah nanas juga disarankan untuk disantap 3-4 kali per hari dalam porsi satu buah atau 85-100 gram di masing- masing kesempatan.

Akan lebih sehat lagi jika hal ini dikombinasikan dengan mengonsumsi jus buah atau sayuran 2-3 kali per hari, masing- masing 1-2 gelas atau setara 250-500 ml.

Baca Juga :  Wanita Perlu Tahu, Cara Memilih Celana Dalam yang Benar agar Aman dari Bakteri

Comments

comments

Tags:

You Might also Like

0 Shares
Share via
Copy link
Powered by Social Snap