Type to search

Sehat & Cantik

20+ Cara Ampuh Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami

Cara Memutihkan Gigi Kuning

Karena gigi cukup berpengaruh pada penampilan, memutihkan gigi sering menjadi tips yang banyak dicari banyak orang. Dengan warna yang lebih putih dan cerah, gigi akan terlihat lebih bersih sehingga membuat orang merasa lebih nyaman dan percaya diri.

Selain melakukan perawatan teratur ke dokter gigi, memutihkan gigi juga dapat kita lakukan secara alami dengan herbal dan cara tradisional. Perawatan bisa dilakukan dengan cara yang mudah dan sederhana, namun tetap konsisten untuk memperoleh hasil maksimal.

Penyebab Gigi Bisa Menjadi Kuning

Sebelum mencari cara memutihkan gigi secara alami, penting juga mengetahui apa penyebab gigi menjadi kuning. Tanpa kita sadari, ada beberapa kebiasaan yang membuat gigi kita menjadi cepat kuning, seperti : 

  • Minum kopi dan teh yang berlebihan.
  • Kurang menjaga kebersihan gigi.
  • Penyakit tertentu yang bisa memicu perubahan warna pada gigi. 
  • Penuaan yang menyebabkan penipisan pada email gigi dan berkurangnya mineral.
  • Pola makan yang buruk, seperti makanan dengan kandungan gula tinggi.
  • Jarang menyikat gigi setelah makan. 
  • Merokok.

Jika beberapa hal di atas menjadi bagian dari kebiasaan kita sehari- hari, tidak heran jika gigi kita pun akan cepat mengalami perubahan warna menjadi kusam dan menguning.

Cara Memutihkan Gigi secara Alami

Selain mengurangi kebiasaan yang dapat membuat gigi menjadi kuning, ada beberapa cara bisa kita coba untuk memutihkan gigi secara alami. Apa saja? Antara lain sebagai berikut :

1. Menggunakan Jeruk Nipis

Jeruk nipis mengandung asam sitrat yang dapat membantu memutihkan gigi secara alami. Asam sitrat pada jeruk nipis berfungsi untuk menghilangkan noda pada email gigi. Selain itu, jeruk nipis juga mengandung sifat antibakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut dan gigi berlubang.

Untuk memutihkan gigi secara alami, gosokkan jeruk nipis langsung ke gigi. Atau bisa juga, gunakan perasan air jeruk nipis, kemudian tambahkan dengan segelas air. Gunakan air jeruk nipis tersebut untuk berkumur- kumur. Lakukan tips ini 2-3 kali seminggu untuk memperoleh hasil yang maksimal.

2. Membuat Pasta Baking Soda

Baking soda

Baking soda atau natrium bikarbonat memiliki sifat abrasif yang dapat membantu menghilangkan noda pada gigi. Dengan karakteristiknya, baking soda akan mengikis noda pada enamel gigi secara perlahan sehingga warna kuning pada gigi berkurang.

Untuk memutihkan gigi dengan baking soda, campurkan 1 sendok teh baking soda dengan air sampai menjadi pasta. Oleskan pasta ini pada gigi menggunakan sikat gigi, lakukan gerakan menggosok selama 2-3 menit. Lakukan rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal. 

3. Strawberry 

Suka dengan buah cantik berwarna merah ini? Selain mempunyai rasa asam manis yang disukai, strawberry mengandung asam malat yang membantu memutihkan gigi secara alami. Asam malat bersifat pengikis yang mampu menghilangkan noda pada email gigi.

Penggunaannya pun cukup mudah. Ambil beberapa buah strawberry segar, lumatkan hingga halus. Oleskan pada gigi selama 5-10 menit kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal.

4. Pepaya

Pepaya mengandung enzim papain yang membantu mengangkat noda pada gigi. Papain merupakan enzim proteolitik yang mampu menghancurkan pelikel protein penyebab noda.

Untuk menggunakannya pun cukup mudah. Ambil daging buah pepaya yang sudah matang lalu lumatkan hingga halus. Oleskan pada gigi selama 2-3 menit kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan gigi putih alami.

Baca Juga :  Cara Membersihkan Karang Gigi dengan Baking Soda

5. Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung bromelain yang dapat membantu membersihkan gigi secara alami. Bromelain adalah enzim yang terdapat secara alami pada tanaman lidah buaya dan mempunyai sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang baik.

Cara menggunakan lidah buaya untuk memutihkan gigi:

  • Ambil satu lidah buaya yang masih segar, belah dan keluarkan gelnya. 
  • Oleskan gel lidah buaya ini pada gigi menggunakan jari atau sikat gigi. Biarkan selama kurang lebih 5 menit.
  • Bilas dengan air bersih. 
  • Lakukan rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal.

Zat aktif bromelain dalam lidah buaya akan membantu mengangkat noda pada email gigi dan membuat gigi menjadi lebih putih secara bertahap. 

6. Minyak kelapa

Melansir dari Healthline, dalam perawatan mulut minyak kelapa berkhasiat untuk mengurangi plak, melawan penyakit gusi, hingga mencegah bau mulut. Selain itu, minyak kelapa juga mengandung asam laurat yang dapat membantu memutihkan gigi secara alami.

Asam laurat adalah asam lemak rantai medium yang memiliki sifat antibakteri. Dengan sifatnya ini, asam laurat dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut dan gigi berwarna kuning.

Untuk penggunaannya, kamu bisa menggunakan minyak kelapa extra virgin organic dan mengoleskannya secara langsung pada gigi sesaat sebelum menyikat gigi. Kamu juga bisa mencampurkan minyak kelapa dengan baking soda untuk lebih memperkuat daya pemutih giginya. Lakukan rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil memutihkan gigi yang maksimal.

7. Kayu Manis

Kayu manis memiliki sifat antibakteri yang membantu memutihkan gigi secara alami. Rempah ini mengandung senyawa sinamaldehida yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut dan gigi berwarna kuning.

Cara menggunakan kayu manis untuk memutihkan gigi:

  • Tumbuk kayu manis hingga menjadi bubuk halus. Tambahkan sedikit air untuk membuat pasta.
  • Oleskan pasta kayu manis pada gigi menggunakan jari atau sikat gigi. 
  • Diamkan selama 1-2 menit lalu kumur hingga bersih. 
  • Lakukan rutin 2-3 kali seminggu untuk melihat yang optimal.

Kayu manis aman digunakan secara topikal pada gigi. Namun berhati-hatilah jika menelannya dalam jumlah banyak karena dapat menyebabkan iritasi lambung. Gunakan kayu manis dengan bijak untuk mendapatkan senyum cerah nan putih alami.

8. Tomat

Tomat mengandung lycopene, antioksidan dan hidrogen peroksida yang membantu memutihkan gigi secara alami. Lycopene adalah pigmen merah alami yang memberikan warna merah pada tomat. Zat ini sangat ampuh untuk memutihkan gigi karena sifat bleaching-nya. Selain itu, kandungan hidrogen peroksida dalam buah ini juga membantu gigi menjadi lebih cerah dan putih.

Beberapa cara menggunakan tomat untuk memutihkan gigi secara alami:

  • Potong tomat segar menjadi beberapa bagian, lalu gunakan untuk menggosok- gosok ke area gigi. Lakukan 2-3 kali seminggu. 
  • Buat pasta tomat dengan mencampur tomat yang sudah dihaluskan dengan sedikit garam. Oleskan pasta tomat pada gigi, diamkan selama 5 menit lalu bilas. Lakukan 3-4 kali seminggu.
  • Campur jus tomat dengan baking soda, aduk hingga menjadi pasta. Oleskan campuran ini pada gigi selama 3-5 menit kemudian bilas bersih. Lakukan 2-3 kali seminggu. 
Baca Juga :  Macam- macam Gangguan Tidur, Penyebab dan Cara Mengatasi

9. Siwak

Siwak mengandung alkaloid, sodium bikarbonat, silika, chloride dan fluoride yang berkhasiat menjaga kebersihan gigi dan mulut, serta dapat memutihkan gigi secara alami.

Meski pasta gigi siwak mulai populer beberapa tahun belakangan, sebenarnya siwak sudah populer sebagai perawat kesehatan gigi dan mulut sejak aman dahulu. Untuk menggunakannya, kamu bisa menggosokkan batang siwak secara merata ke gigi. Lakukan 2-3 kali sehari untuk hasil yang optimal.

10. Arang Kayu

Dengan kandungan alkalinya, arang kayu dapat secara efektif mengikis noda kuning pada gigi. Itulah mengapa bahan ini juga bisa menjadi pemutih gigi alami yang efektif. Kendati begitu, arang kayu sebaiknya digunakan dalam skala kecil karena penggunaan berlebih dapat mengikis lapisan enamel gigi.

Untuk menggunakan arang kayu sebagai pemutih gigi alami, ambil secuil arang kayu, lalu haluskan dan tambah dengan perasaan air lemon. Gunakan kombinasi ini untuk menyikat gigi.

11. Garam

Dengan sifat anti radang dan antibakterinya, garam bisa menjadi bahan alami yang ampuh untuk melawan bakteri dan mengurangi peradangan akibat infeksi. Cara menggunakannya pun cukup mudah.

Kamu bisa melarutkan ½ sendok teh garam ke dalam segelas air hangat dan gunakan untuk berkumur selama 15-20 detik sebelum atau sesudah menggosok gigi. Lakukan perawatan ini 2-3 kali sehari.

12. Kulit Pisang

Saat makan buah pisang, hindari untuk langsung membuang kulitnya. Pasalnya, kulit pisang juga bisa menjadi terapi alami untuk memutihkan gigi.

Pisang mengandung saponin yang memberi efek mencerahkan dan memutihkan gigi. Selain itu, kandungan kalum, magnesium dan mangan juga dapat membantu menghilangkan noda pada gigi. Caranya, kamu cukup menggosok- gosok kulit pisang ke bagian gigi secara merata.

13. Cuka Apel

Selain menghilangkan karang gigi, cuka apel juga dapat kamu gunakan untuk memutihkan gigi secara alami. Hal ini tak lepas dari kandungan senyawa asam asetat yang dapat berfungsi sebagai pemutih gigi alami. Selain itu, cuka apel juga mempunyai efek anti mikroba yang membantu melawan bakteri di area mulut.

Untuk memutihkan gigi dengan cuka apel, ambil satu sendok cuka apel, lalu gosok- gosokka secara merata di area gigi.

14. Apel

Buah Apel Hijau
Image via Freepik.com/azerbaijan_stockers

Selain baik untuk menjaga pencernaan, buah apel juga dapat memutihkan gigi yang kuning secara alami. Untuk mendapatkan manfaat ini, ada dua cara yang bisa kamu lakukan.

Pertama, mengonsumsi buah apel secara rutin. Yang kedua menggosokkan buah apel secara langsung ke bagian gigi untuk mengangkat noda kuning pada gigi. Sangat mudah, kan?

15. Daun Sirih

Sebelum pasta gigi populer, nenek moyang kita sudah terlebih dulu menggunakan daun siri sebagai bahan untuk membersihkan gigi secara alami. Hal ini tak lepas dari zat alami yang terkandung pada daun ini yang dapat membasmi penyebab kerusakan gigi dan membantu gigi mempertahankan warna putih alaminya.

Untuk menggunakannya, ambil 1-2 helai daun sirih segar dan gosokkan secara merata ke bagian gigi. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan air rebusan sirih untuk berkumur- kumur setiap pagi dan sore.

Baca Juga :  9 Tanda kamu Menderita Depresi Tapi Tidak Menyadarinya

16. Jahe

Kandungan anti bakteri pada jahe bukan hanya melawan kuman di dalam mulut, tapi juga membersihkan noda kuning pada gigi. Kamu bisa mendapatkan manfaat ini dengan menggosok- gosokkan jahe ke bagian gigi secara merata. Dengan begitu, gigimu akan semakin bersih dan putih alami.

17. Daun Salam

Bukan hanya menjadi andalan saat di dapur, ternyata daun salam juga bisa menjadi bahan untuk merawat gigi dengan efektif. Dengan kandungan astringent dan antibakterinya, daun salam membantu merawat kesehatan gigi dan gusi. Selain itu, daun ini juga dapat menjadi herbal yang memutihkan gigi secara alami.

Cara menggunakannya cukup mudah. Rebus daun salam pada air secukupnya dan gunakan untuk berkumur- kumur secara teratur.

Hal Lain yang Dapat Membantu Memutihkan Gigi

Selain menggunakan bahan alami di atas, ada beberapa upaya lain yang bisa kamu lakukan untuk membantu memutihkan gigi. Simak rangkuman HaloGeet berikut ini ya!

18. Melakukan Flossing

Flossing adalah cara membersihkan sela- sela gigi dari plak dan sisa makanan menggunakan benang gigi (dental floss). Sisa makanan dan plak seringkali tidak terjangkau seutuhnya dengan sikat gigi biasa. Jika dibiarkan begitu saja, hal ini dapat menyebabkan bakteri menumpuk dan membuat gigi berwarna kuning.

Untuk mengatasinya, melakukan flossing akan membantu untuk menghilangkan plak atau sisa makanan yang tidak terjangkau oleh sikat gigi biasa. Dengan cara ini, gigi akan lebih bersih maksimal dan terhindar dari perubahan warna menjadi kuning.

19. Menyikat Gigi dengan Cara yang Benar

Cara memutihkan gigi selanjutnya adalah dengan menyikat gigi dengan benar. Meski terdengar sederhana, kebiasaan ini akan rupanya sangat berdampak.

Pastikan kamu sudah menyikat masing- masing gigi dengan gerakan membulat selama dua menit, atau 30 detik di masing- masing bagian gigi depan, dalam, samping kiri dan kanan. Rutinlah gosok gigi sesuai rekomendasi dokter gigi, yaitu setidaknya dua kali sehari pada pagi dan malam hari sebelum tidur.

Selain itu, pastikan kamu menggunakan pasta gigi dengan kandungan fluoride dan triclosan. Pasalnya, kedua kandungan tersebut sangat efektif untuk membersihkan plak gigi yang menyebabkan gigi kuning dan karang gigi.

20. Mengurangi Konsumsi Gula

Asupan gula yang berlebihan dapat menjadi merusak kesehatan gigi dan warna putih alami gigi. Gula berlebih dapat memicu pertumbuhan bakteri Streptococcus yang menyebabkan penumpukan plak hingga radang gusi.

Selain mengurangi asupan gula, pastikan kamu juga menggosok gigi setelah mengonsumsi makanan dengan kandungan gula.

21. Mengurangi Konsumsi Makanan dan Minuman Berwarna

Makanan dan minuman berwarna dapat menjadi salah satu pemicu warna gigi berubah menjadi kuning. Maka dari itu, salah satu cara menjaga gigi tetap bersih dan putih adalah mengurangi konsumsi makanan dan minuman berwarna.

Comments

comments

Tags:
0 Shares
Share via
Copy link
Powered by Social Snap