Type to search

Sehat & Cantik

15 Cara Ampuh Menghilangkan Karang Gigi Bandel Secara Alami

15 Cara Ampuh Menghilangkan Karang Gigi Bandel Secara Alami

Menghilangkan karang gigi bisa menjadi kegiatan yang tricky untuk sebagian besar orang. Banyak orang yang merasa kegiatan ini sangat menyebalkan. Namun tentunya dapat dihilangkan dengan praktis dengan datang klinik dokter gigi.

Selain membersihkan karang gigi di dokter gigi, ternyata ada pilihan lain untuk merontokkan sendiri karang gigi yang bandel secara alami. Beberapa tips merontokkan karang gigi alami ini mungkin sedikit merepotkan, tapi tentu menjadi pilihan yang lebih hemat untuk sebagian orang.

Apa itu Karang Gigi?

Karang Gigi (Plak Gigi/ Tartar/ Kalkulus) merupakan zat yang mengeras yang berkembang dari plak gigi yang berasal dari bakteri, sisa makanan, gula dan zat lain. Karena bersumber dari sisa makanan dan bakteri, karang gigi harus dibersihkan secara rutin.

Tartar membutuhkan perhatian khusus agar tidak memicu kerusakan yang lebih buruk pada gigi. Jika sudah terlanjur menebal dan mengeras, tidak perlu panik. Ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk merontokkan dan menghilangkan karang gigi secara alami di rumah.

Bukan Hanya Merusak Gigi, Karang Gigi Juga Menurunkan Percaya Diri

Karang gigi tidak boleh dibiarkan begitu saja. Pasalnya, kotoran yang menumpuk ini bisa menyebabkan pembengkakan dan pendarahan pada garis gusi.

Bukan hanya pada kesehatan gigi, karang gigi juga mengurangi rasa percaya diri karena dapat mengganggu penampilan dan menimbulkan bau tidak sedap. Gigi yang bersih dan bebas karang gigi adalah salah satu faktor utama dalam menjaga senyum yang menarik.

Cara Menghilangkan Karang Gigi Hitam Secara Alami Tanpa ke Dokter Gigi

Selain kunjungan ke dokter gigi, sebenarnya ada beberapa cara menghilangkan karang gigi yang bisa dilakukan di rumah. Ada banyak cara alami yang bisa kamu praktekkan untuk menghilangkan karang gigi hitam. Berikut adalah 15 metode yang efektif yang bisa Anda terapkan:

1. Menyikat Gigi dengan Cara yang Benar

Untuk menghilangkan karang gigi dengan alami, pastikan kamu menyikat gigi dengan sikat gigi yang tepat dan cara yang benar. American Dental Association (ADA) sendiri merekomendasikan untuk sikat gigi dua kali sehari, dengan pasta gigi berfluoride dan dengan durasi dua menit setiap kali.

Berikut cara sikat gigi yang efektif : 

  • Gerakkan kuas sikat gigi dengan pendek dan melingkar
  • Mulailah menyikat bagian belakang mulut dengan gigi geraham atas
  • Lanjutkan dengan menyikat permukaan depan dan belakang gigi atas
  • Ulangi langkah ini 1-3 kali pada gigi di rahang bawah.
Baca Juga :  20+ Cara Ampuh Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami

2. Metode Flossing

Flossing - menghilangkan karang gigi dengan benang gigi

ADA menyebut kalau menggosok gigi saja tidak efektif untuk membersihkan karang gigi. Asosiasi dokter gigi ini menyarankan untuk melakukan flossing sekali sehari.

Flossing sendiri merupakan praktek membersihkan sela- sela gigi dengan benang gigi sehingga bagian gigi yang tidak terjangkau oleh sikat gigi dapat lebih bersih dan bebas dari kuman. Flossing bisa membantu menghilangkan partikel dan plak makanan yang menjadi pemicu karang gigi dan menyebabkan bau mulut.

3. Menggunakan Baking Soda

Baking Soda cukup efektif untuk merontokkan karang gigi yang sudah mengeras. Bahkan menurut penelitian, pasta gigi dengan kandungan soda kue juga lebih efektif dalam mengurangi jumlah plak.

Untuk menghilangkan karang gigi dengan baking soda, campurkan baking soda dengan tea tea tree essential untuk membentuk pasta, lalu oleskan ke sikat gigi. Namun, kamu tidak boleh menggabungkan pasta gigi dan baking soda secara langsung.

4. Menggunakan Mouthwash/ Obat Kumur

Selain menyikat gigi dengan benar dan flossing, kamu juga menghilangkan karang gigi lewat obat kumur. Menurut ADA, obat kumur yang efektif untuk melawan plak gigi adalah obat kumur dengan kandungan bahan pelawan bakteri seperti cetylpyridinium, chlorhexidine, atau minyak esensial tertentu.

Selain itu, menggunakan mouthwash dengan kandungan fluoride secara rutin juga membantu mengendalikan pembentukan karang gigi.

5. Konsumsi Buah- Buahan Berserat

Cara alami menghilangkan karang gigi selanjutnya adalah dengan mengunyah buah- buahan kaya serat dan air. Yang termasuk ke dalam kategori ini misalnya apel, stroberi dan semangka.

Buah- buahan berserat dan berair sendiri merupakan salah satu cara pembersihan mandiri atau self-cleansing yang sangat efektif untuk membersihkan kotoran di gigi.

Baca Juga :  Cara Membersihkan Karang Gigi dengan Baking Soda

6. Konsumsi Teh Hijau

Merujuk pada bertajuk Green Tea (Camellia Sinensis): Chemistry and Oral Health oleh Zohaib Khurshid, dkk, dari King Faisal University, Al-Hafuf, Saudi Arabia, 2016, teh hijau juga sangat baik untuk kesehatan gigi. Konsumsi rutin teh hijau dapat mengurangi jumlah bakteri di mulut yang menjadi penyebab timbulnya karang gigi.

7. Konsumsi yang Tercukupi dari Air Putih

Rongga mulut yang lembab bisa membantu menjaga kebersihan gigi dari sisa makanan dan bakteri. Itulah mengapa konsumsi air putih dalam jumlah yang disarankan bisa menjadi cara yang ampuh untuk menghilangkan karang gigi.

Minum air putih usai makan juga membantu membersihkan sisa- sisa makanan yang menempel pada gigi dan sulit terjangkau sikat gigi. Selain itu, minum air putih juga menyeimbangkan zat mineral di rongga mulut untuk mencegah gigi berlubang.

8. Gunakan Kulit Jeruk

Kulit jeruk kaya akan vitamin C dan mempunyai sifat anti-mikroba yang sangat ampuh untuk mengatasi karang gigi tanpa harus pergi ke dokter gigi. Untuk merontokkan karang gigi dengan kulit jeruk, kamu bisa menggosokkan kulit jeruk secara lembut ke gigi selama dua menit.

9. Gunakan Ekstrak Lidah Buaya

Lidah Buaya terkenal sebagai tanaman yang kaya akan manfaat. Salah satunya adalah menjadi tanaman ampuh untuk menghilangkan karang gigi.

Kamu bisa menggunakan ekstrak daun lidah buaya segar dan menggosokannya ke gigi. Meski sedikit pahit, cara ini cukup ampuh mengurangi penumpukan karang gigi dan populasi bakteri di mulut.

10. Berkumur dengan Minyak Kelapa

Cara menghilangkan karang gigi secara alami selanjutnya adalah dengan minyak kelapa murni. Minyak kelapa kaya akan antioksidan dan asam laurat yang efektif menghilangkan bakteri jahat di dalam mulut.

Untuk merontokkan karang gigi dengan minyak kelapa kamu cukup berkumur satu sendok dengan minyak kelapa selama 5-10 menit. Melansir dari DetikHealth, teknik ini diklaim dapat mengurangi plak gigi hingga 50% pada orang yang mengalami radang gigi.

11. Berkumur dengan Cuka Apel

Cuka sari apel dapat mengurangi penumpukan plak gigi dengan efektif. Cuka apel mempunyai sifat anti-mikroba yang dapat membunuh bakteri penyebab gigi berlubang dan bau mulut. Dengan karakteristiknya ini, cuka apel bekerja memecah laposan plak, yang melapisi enamel gigi dengan demineralisasi.

Kendati begitu, cara ini tidak boleh terlalu sering digunakan. Pasalnya, cuka apel juga mempunyai efek samping bisa merusak enamel gigi yang sulit diperbaiki.

Baca Juga :  Awas! Terlalu Sering Sendiri & Melakukan 8 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Otak Rusak

12. Konsumsi Jambu Biji

Daun dan buah jambu biji dikenal sebagai kombinasi anti plak yang kuat dan efektif melawan bakteri pembentuk plak. Selain itu, mengonsumsi jambu biji juga efektif membantu mengurangi pembentukan gusi.

13. Garam Dapur

Cara mudah selanjutnya untuk menghilangkan karang gigi secara alami adalah dengan garam dapur. Kamu bisa memasukkan satu sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Setelah itu aduk hingga tercampur dan gunakan kumur- kumur, terutama di area karang gigi selama 1 menit. Lakukan ini sehari tiga kali.

14. Cengkeh

Cengkeh juga menjadi bahan yang ampuh untuk merontokkan tartar. Untuk menggunakannya, tumbuh cengkeh hingga berbentuk bubuk dan oleskan pada karang gigi yang membandel.

15. Kurangi Konsumsi Teh dan Kopi

Teh dan kopi mungkin minuman favorit untuk banyak orang. Sayangnya, keduanya juga menjadi minuman yang mudah meninggalkan noda pada gigi. Jika saat ini kamu punya masalah karang gigi yang buruk, cobalah untuk mengurangi konsumsi kedua minuman ini.

Kesimpulan

Menghilangkan karang gigi secara alami adalah langkah penting untuk menjaga kesehatan gigi dan meningkatkan rasa percaya diri. Dengan mengikuti beberapa metode alami yang Halo Geet rangkum di atas, kamu dapat memiliki senyum yang sehat dan menarik tanpa perlu pergi ke dokter gigi. Tetapi ingatlah untuk tetap menjaga perawatan gigi rutin dan berkonsultasi dengan dokter gigi jika kamu punya masalah kesehatan gigi yang serius.

Comments

comments

Tags:
0 Shares
Share via
Copy link
Powered by Social Snap