Type to search

Hubungan Perlu Tahu

Apa itu Red Flag? Kenali 10 Ciri- ciri Red Flag dalam Hubungan

Apa itu Red Flag? Kenali 10 Ciri- ciri Red Flag dalam Hubungan

Red Flag adalah istilah yang ramai menjadi perbincangan di media sosial akhir- akhir ini. Istilah ini berkaitan dengan sinyal tanda bahaya dalam sebuah hubungan yang tidak boleh diabaikan.

Saat jatuh cinta, orang cenderung mengabaikan red flag karena masih terbuai dalam asmara. Padahal jika tidak peka, kita bisa terjebak dalam hubungan toxic yang merugikan diri sendiri.

Di artikel ini, Halo Geet akan mengulas secara lengkap tentang apa itu Red Flag dan ciri- ciri yang harus diwaspadai dalam hubungan.

Arti Kata Red Flag dalam Bahasa Gaul

Pertama-tama, mari kita bahas arti kata Red Flag” dalam bahasa gaul. Secara harfiah, kata Red Flag berasal dari bahasa Inggris yang artinya Bendera Merah. Sedangkan dari laman Collins Dictionary, istilah Red Flag merujuk pada kondisi berbahaya atau sinyal bahwa sesuatu harus segera dihentikan.

Dalam bahasa gaul, istilah Red Flag adalah petunjuk bahwa sesuatu telah menjadi peringatan, tanda bahaya dan patut dicurigai. Hal ini berlaku untuk berbagai konteks, seperti pekerjaan, hubungan asmara, bisnis, pertemanan hingga politik.

Selain dalam bahasa gaul yang ngehits saat ini, Red Flag juga sering digunakan sebagai tanda bahwa sesuatu berjalan tidak seperti seharusnya dalam bidang bisnis atau politik. Misalnya saja tentang kebijakan yang kurang tepat atau praktek tidak etis yang tidak sesuai dengan standar seharusnya.

Arti Kata Red Flag dalam Hubungan

Red Flag umumnya bisa kita gunakan dalam berbagai konteks. Namun, banyak orang menggunakan istilah ini dalam konteks hubungan asmara.

Red Flag dalam hubungan artinya adalah tanda bahaya atau kondisi yang tidak sehat dalam sebuah hubungan asmara. Hal ini bisa berupa perilaku pasangan yang mencurigakan atau dinamika hubungan yang tidak sehat.

Red Flag dalam hubungan bisa mencakup posesif berlebihan, manipulatif, ketidaksetiaan, kebohongan, atau masalah komunikasi yang serius. Kita bisa mengenali tanda- tanda bahaya ini dari sikap atau perilaku pasangan, baik laki- laki atau perempuan.

Misalnya saat seseorang membatasi kebebasan pasangan mereka atau selalu mengontrol kemana pasangannya pergi. Ini adalah tanda- tanda bahwa hubungan sudah tidak sehat. Jika hubunganmu berada dalam fase ini, cobalah untuk mengkomunikasikan ketidaknyamanan yang kamu rasakan dan menemukan terbaik agar hubungan sehat kembali.

Baca Juga :  Kriteria Wanita yang Paling Banyak Dicari Pria untuk Dijadikan Istri

10 Ciri-ciri Red Flag dalam Hubungan

Ciri- ciri Red Flag dalam Hubungan

Dalam sebuah hubungan, penting untuk selalu memperhatikan tanda-tanda yang menjadi indikasi hubungan tidak sehat. Untuk menjaga hubungan tetap sehat dan bahagia, penting untuk memahami dan mengidentifikasi ciri- ciri Red Flag dalam hubungan berikut ini : 

1. Ketidaksetiaan yang Berulang

Ketidaksetiaan dalam hubungan adalah Red Flag yang serius. Ini mencakup perilaku seperti berselingkuh secara berulang kali atau micro cheating hingga ke tahap membuat pasangan tidak nyaman. Ketidaksetiaan dapat menghancurkan kepercayaan dan merusak dasar hubungan Anda.

2. Ketidakjujuran

Kebohongan dan penipuan dalam hubungan adalah tanda bahaya yang patut kamu waspadai. Pasangan yang sering berbohong bisa membuat hubungan menjadi tidak sehat.

3. Kontrol Berlebihan/ Over Protektif & Posesif

Jika pasangan terlalu membatasi kebebasan pasangan atau mengontrol kegiatan mereka, ini bisa menjadi tanda bahwa hubungan tidak sehat.  Hubungan yang sehat membutuhkan keseimbangan untuk terhubung dengan dunia luar dan menghargai ruang pribadimu.

Pasangan yang over protektif dan posesif akan membuatmu kesulitan untuk bernafas. Kamu akan terus merasa tersiksa dan akan menguras energi psikismu.

4. Ketidakseimbangan dalam Hubungan

Hubungan yang sehat harus seimbang dalam memberikan dan menerima. Red Flag muncul ketika salah satu pihak selalu memberi atau mengambil lebih dari yang seharusnya, tanpa rasa ‘saling’ yang seimbang.

5. Ketidakmampuan untuk Memecahkan Konflik

Tidak ada hubungan yang bebas dari konflik. Namun dalam hubungan tidak sehat, salah satu pihak akan selalu lari dari konflik dan mencari pembenaran atas setiap masalah yang terjadi. Lambat laun kamu akan lelah dalam hubungan ini.

Baca Juga :  Hati- hati, 9 Merek Pembalut di Indonesia Ini Ternyata Mengandung Zat Berbahaya “Klorin”

6. Perasaan Tidak Aman

Perasaan tidak aman dalam hubungan adalah Red Flag. Jika kamu merasa takut, terintimidasi, atau tidak dihargai oleh pasanganmu, ini adalah indikasi masalah yang serius.

7. Isolasi dari Teman dan Keluarga

Ciri Red Flag dalam hubungan selanjutnya adalah pasangan yang mengisolasi dari teman dan keluarga. Ini dapat merusak hubungan sosial mu sekaligus membuatmu sulit keluar dari hubungan toxic.

8. Kekerasan Verbal

“Dia cuma mulutnya aja kok yang kasar, hatinya nggak”
“Tapi kan yang penting dia nggak mukul..”

Banyak yang mengabaikan dampak kekerasan verbal dalam hubungan dengan dalih tidak melakukan kekerasan verbal. Padahal, kekerasan verbal bisa sangat membuat mentalmu terpuruk, membuat diri merasa bersalah dan memicu depresi.

Selain itu, dia yang benar- benar menyayangimu seharusnya belajar mengendalikan mulutnya agar tidak melukaimu. Kamu pantas mendapatkan sosok yang lebih menghargaimu dan membuat mentalmu sehat.

9. Manipulasi Emosional

Manipulasi emosional adalah tanda bahaya yang serius dalam hubungan. Pasangan yang sering memanipulasi emosimu bisa merusak kesehatan mental dan emosional.

10. Kekerasan Fisik

Jika hubungan sudah disertai kekerasan fisik, apapun alasannya, ini adalah Red Flag yang tidak bisa ditoleransi lagi. Mereka yang melakukan kekerasan fisik, lalu minta maaf, tidak ada jaminan tidak akan mengulangi perbuatannya lagi.

Tidak melakukan kekerasan fisik ini sendiri merupakan salah satu bare minimum dalam hubungan asmara. Jangan sampai kamu terjebak dalam hubungan tidak sehat ini. Sayangilah diri sendiri!

Baca Juga :  Demi Hidup Lebih Nyaman, Coba Tips Menghilangkan Rasa Iri karena Media Sosial

Contoh Red Flag dalam Hubungan

Mengenali Red Flag dalam hubungan adalah kunci untuk menjaga kesehatan dan kebahagiaan. Sinyal tanda bahaya dari perilaku atau dinamika dalam hubungan ini seharusnya tidak kamu abaikan karena bisa mengindikasikan masalah yang lebih dalam.

Berikut adalah beberapa contoh kasus red flag dalam hubungan :

1. Pasangan yang Selalu Mengkritik

Salah satu contoh Red Flag yang umum dalam hubungan adalah saat pasangan selalu mengkritik. Dia selalu saja menemukan topik apa saja yang menjadi bahan kritikan untukmu. Mulai dari menyoroti kelemahan atau kekuranganmu, bahkan dalam hal-hal kecil. Jika tidak segera berhenti, kebiasaan ini bisa merusak harga diri dan mengganggu kesehatan emosionalmu.

2. Kontrol Keuangan yang Berlebihan

Contoh selanjutnya adalah saat pasangan mengendalikan keuangan mu sepenuhnya. Ini termasuk membatasi akses yang kamu miliki dalam menggunakan uang sendiri atau memutuskan bagaimana uang itu harus digunakan tanpa pertimbangan bersama. 

Kesimpulan

Red flag dalam hubungan adalah tanda-tanda yang harus diwaspadai karena bisa menjadi indikasi masalah serius. Penting untuk selalu memperhatikan tanda bahaya ini sebagai alarm dalam hubungan dan mengambil tindakan yang tepat.

Untuk menghadapi red flag dalam hubungan, penting untuk berkomunikasi dengan pasangan dan mencari jalan keluar bersama. Jika perlu, kamu juga bisa meminta bantuan profesional. Pastikan kalian berdua berada di jalur yang sama untuk mempunyai hubungan yang sehat dan bahagia.

Pasalnya, kesehatan dan kebahagiaan dalam hubungan adalah hal yang sangat penting. Ingatlah selalu untuk meresapi kualitas hubungan mu dan menjaganya untuk tetap sehat.

Comments

comments

Tags:
0 Shares
Share via
Copy link
Powered by Social Snap