Type to search

Sehat & Cantik

Cara Membersihkan Karang Gigi dengan Baking Soda

Cara Membersihkan Karang Gigi dengan Baking Soda

Dalam konteks kesehatan gigi, pemahaman mendalam mengenai apa itu karang gigi sangatlah penting. Pemahaman ini melibatkan pengenalan terhadap faktor-faktor yang memicu pembentukan karang gigi, serta dampak kesehatan yang mungkin timbul akibat ketidakseimbangan dalam perawatan gigi.

Dengan memahami apa itu karang gigi, seseorang akan menjadi lebih peduli terhadap kesehatan mulutnya. Selain menggosok gigi secara teratur, yang tidak kalah penting adalah rajin membersihkan karang gigi secara berkala. Sudahkah kamu melakukannya?

Apa itu Karang Gigi?

Karang gigi atau tartar adalah sebuah suatu lapisan keras yang terbentuk di permukaan gigi. Karang gigi terbentuk dari penumpukan plak yang terjadi secara bertahap.

Plak, kombinasi bakteri dan sisa makanan yang mengkristal, akan menjadi karang gigi bila tidak dibersihkan secara teratur. Pembentukan karang gigi umumnya terjadi di area gigi yang sulit dijangkau oleh sikat gigi, seperti di bagian belakang atau di antara gigi.

Karang gigi bisa menjadi sumber masalah kesehatan mulai dari peradangan gusi hingga risiko kerusakan enamel. Oleh karena itu, penting sekali untuk setiap individu membersihkan karang gigi secara berkala. 

Mengapa Karang Gigi Menjadi Ancaman Serius Bagi Kesehatan Gigi dan Gusi?

15 Cara Ampuh Menghilangkan Karang Gigi Bandel Secara Alami

Karang gigi bukan sekadar masalah kebersihan gigi yang sepele. Mengabaikan karang gigi bisa menyebabkan konsekuensi serius bagi kesehatan gigi dan gusi.

Ada beberapa alasan konkret mengapa karang gigi harus diatasi dengan serius:

1. Gangguan pada Enamel Gigi

Karang gigi yang menumpuk berpotensi merusak enamel gigi, lapisan pelindung yang esensial untuk menjaga kesehatan gigi. Gangguan pada enamel dapat menyebabkan penipisan gigi, meningkatkan risiko kerusakan, dan memicu munculnya lubang gigi.

Baca Juga :  6 Nutrisi Sehat untuk Bikin Kulit Kamu Kencang dan Awet Muda Alami. Nggak Perlu Pakai Suntik dan Obat!

2. Peradangan Gusi yang Merugikan

Penumpukan karang gigi seringkali berujung pada peradangan gusi. Ini adalah respons alami tubuh terhadap keberadaan bakteri dan zat berbahaya dalam karang gigi. Peradangan yang berlarut-larut dapat berkembang menjadi penyakit gusi yang lebih serius. Jangan sampai ini terjadi ya!

3. Risiko Kesehatan yang Lebih Luas

Penting untuk diingat bahwa kesehatan gigi tidak terisolasi. Karang gigi yang tidak diatasi dapat menyebabkan masalah pernapasan, penyebaran bakteri ke saluran darah, dan bahkan berkontribusi pada risiko penyakit kardiovaskular.

Cara Membersihkan Karang Gigi dengan Baking Soda

Ada beberapa upaya yang bisa kita lakukan untuk membersihkan karang gigi. Selain melakukan scalling ke dokter gigi, kamu bisa mencoba baking soda yang termasuk ke dalam salah satu tips yang ampuh untuk membersihkan karang gigi secara alami.

Beberapa studi menyebut penggunaan baking soda sebagai campuran pasta gigi atau obat kumur terbukti efektif mengurangi bakteri dan plak gigi, sekaligus menjadi kadar pH mulut menjadi seimbang. Inilah alasan kuat mengapa baking soda menjadi ramuan ampuh untuk membersihkan karang gigi.

Berikut adalah beberapa tips untuk membersihkan karang gigi dengan baking soda :

1. Membuat Pasta Baking Soda

  • Campurkan dua sendok teh baking soda dengan satu sendok teh air ke dalam mangkuk, lalu aduk hingga membentuk pasta kental.
  • Oleskan pasta  di sikat gigi dan gunakan sebagai sika gigi secara lembut, terutama di area dengan karang gigi.
  • Berkumur dengan air hangat setelah selesai untuk membersihkan sisa baking soda di dalam mulut.
Baca Juga :  Kapan sih Sebaiknya Batas Makan Waktu Malam? Ini Penjelasannya

2. Menggunakan Baking Soda dan Air Oksigen

Menambahkan air oksigen dapat membantu membunuh bakteri dan memberikan efek pemutihan pada gigi.

  • Campurkan satu sendok teh baking soda dengan beberapa tetes air oksigen. 
  • Campur hingga membentuk pasta yang rata. 
  • Oleskan pasta ini pada sikat gigi dan gunakan untuk menyikat gigi dengan gerakan melingkar selama dua menit. 
  • Selesaikan dengan berkumur dengan air hangat.

3. Baking Soda dan Minyak Kelapa untuk Kelembutan Ekstra

Minyak kelapa memberikan kelembutan pada proses pembersihan. Sikat gigi dengan campuran ini, memberikan perhatian khusus pada area-area yang rentan terhadap karang gigi.

Cara menggunakannya sama seperti dua tips di atas. Kamu perlu mencampur satu sendok teh baking soda dengan satu sendok teh minyak kelapa hingga merata. Setelah menggunakannya untuk sikat gigi, berkumur- kumurlah dengan air hangat untuk menghilangkan bekas soda.

Potensi Risiko Penggunaan Baking Soda

Penggunaan baking soda sebagai bahan yang membersihkan karang gigi memang salah satu tips yang populer. Kendati begitu, ada risiko yang perlu diperhatikan agar tips ini bermanfaat dan tidak sebaliknya.

1. Abrasi Enamel Gigi

Salah satu risiko utama dari baking soda adalah potensi abrasi pada enamel gigi. Baking soda, meskipun efektif dalam menghilangkan noda dan karang gigi, memiliki tingkat kekerasan yang dapat merusak lapisan pelindung gigi. Selain itu, penggunaan berlebihan atau sikat gigi dengan tekanan berlebihan dapat meningkatkan risiko abrasi ini.

2. Iritasi Gusi

Baking soda bersifat abrasif, dan kontak langsung dengan gusi dapat menyebabkan iritasi. Pada beberapa individu, terutama yang memiliki gusi sensitif, penggunaan baking soda tanpa hati-hati dapat memicu peradangan dan ketidaknyamanan.

Baca Juga :  Hati- hati! Patah Hati Bisa Punya Efek Seperti Serangan Jantung

3. Gangguan pH Alami Mulut

Baking soda bersifat basa sehingga penggunaannya dapat mengubah pH alami di dalam mulut. Perubahan ini bisa mengganggu keseimbangan bakteri baik dan buruk, meningkatkan risiko pertumbuhan bakteri yang dapat merugikan kesehatan gigi dan gusi.

Cara Mengurangi Risiko

Kabar baiknya, kamu tetap bisa mengurangi resiko dari baking soda untuk membersihkan karang gigi. Beberapa tips penting yang bisa kamu terapkan antara lain :

  • Frekuensi Penggunaan yang Terkontrol : Batasi penggunaan baking soda menjadi tidak lebih dari dua kali seminggu untuk menghindari abrasi berlebihan.
  • Pilih Metode Aplikasi yang Lembut : Gunakan metode penggunaan yang lembut untuk mengurangi risiko abrasi langsung pada gigi.
  • Berkonsultasi dengan Dokter Gigi : Sebelum mengadopsi tips pembersihan dengan baking soda, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter gigi untuk menentukan apakah metode ini sesuai dengan kondisi gigi dan gusi mu.

Bijak Menggunakan Baking Soda untuk Kesehatan Gigi

Banyak referensi yang mengungkap betapa ampuhnya penggunaan baking soda sebagai bahan pembersih gigi memiliki manfaat efektif dalam mengatasi karang gigi dan noda. Namun, perlu diingat bahwa keberhasilan penggunaan ini terletak pada pengendalian frekuensi serta penggunaan dengan hati-hati.

Risiko abrasi enamel gigi, iritasi gusi, dan perubahan pH alami mulut harus menjadi pertimbangan. Untuk mengurangi risiko, disarankan untuk membatasi penggunaan, memilih metode aplikasi yang lembut, dan selalu berkonsultasi dengan dokter gigi sebelum mengadopsi rutin penggunaan baking soda.

Semoga bermanfaat!

Comments

comments

Tags:

You Might also Like

0 Shares
Share via
Copy link
Powered by Social Snap