Type to search

Health & Beauty

Makin Langka & Mahal, Begini Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri

Membuat Hand sanitizer di rumah
Share :

Penyebaran wabah corona yang semakin meluas memang menciptakan kepanikan tersendiri. Ini juga yang membuat langkanya masker dan hand sanitizer. Padahal menjaga higienitas adalah salah satu cara untuk menjaga imunitas di tengah penyebaran pandemi ini.

Sebenarnya mencuci tangan lebih dianjurkan dibandingkan dengan hand sanitizer ini sendiri. Namun, masyarakat tetap memburu alat pembersih yang satu ini karena dirasa praktis dan mengurangi pertumbuhan mikroorganisme di tangan.

Bahan untuk Membuat Hand Sanitizer Sendiri

Karena efek corona yang membuat harga sanitizer mahal dan keberadaannya menjadi langka di beberapa tempat, kita bisa berupaya untuk membuat hand sanitizer sendiri dari lima bahan alami ini :

Cuka Putih

Cuka putih sering dipakai sebagai formula pembersih rumah tangga karena dapat melarutkan residu dan menetralkan bau. Cuka juga tidak beracun dan mempunyai kemampuan untuk terurai sehingga ramah lingkungan.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa tingkat keasaman yang tinggi pada cuka putih bisa membantu membunuh bakteri dan menjadikan bahan satu ini sebagai desinfektan yang efektif.

Baca Ini Juga Ya :   WHO: 7 Cara ini Bisa Hindari Penyebaran Virus Corona di Tempat Kerja

Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya

Lidah buaya dikenal sebagai tanaman ajaib karena mempunyai banyak manfaat. Beberapa diantaranya adalah menyembuhkan luka bakar dan iritasi, serta baik untuk menjaga kelembaban kulit.

Untuk memakai lidah buaya sebagai hand sanitizer, kita memerlukan campuran alkohol dengan perbandingan 2:1 dan ekstrak kulit jeruk yang sudah diperas.

Selain membersihkan tangan, hand sanitizer dari lidah buaya ini juga menjaga kulit tetap lembab dan lembut.

Minyak Atsiri

Minyak atsiri mungkin menjadi kontroversi di beberapa budaya. Namun, minyak ini juga populer sebagai anti infeksi dan anti kuman yang ampuh. Minyak atsiri sendiri digunakan sebagai hand sanitizer karena mempunyai kualitas anti bakteri, anti-mikroba, dan anti jamur.

Baca Ini Juga Ya :   Hati- hati! Terlalu Sering Minum Es Teh Manis Bisa Mengakibatkan 5 Hal Ini

Colloidal Silver

Colloidal silver dikenal sebagai antibiotik alami. Sifat antimikroba dari colloidal silver ini pada dasarnya adalah ion perak atau partikel nano tersuspensi dalam cairan seperti air.

Banyak profesional medis topikal yang menggunakan bahan ini sebagai antiseptik untuk mengobati luka secara efektif. Bahan ini juga kerap digunakan sebagai pelapis antibiotik untuk perangkat medis.

Colloidal silver ini sendiri bisa ditemukan di toko makanan kesehatan dan produk herbal.

Loading...

Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri

Nah, setelah mengumpulkan bahan- bahannya, langkah selanjutnya adalah membuat hand sanitizer ini di rumah. Siapkanlah bahan- bahan sesuai dengan takaran berikut :

  • Air yang disaring atau lidah buaya (basa) sebanyak 120 ml (setengah gelas)
  • Cuka putih 120ml (setengah gelas)
  • Minyak atsiri 10-12 tetes
  • Colloidal silver 1 sendok makan dan isopropil alkohol
Baca Ini Juga Ya :   Lemak vs Karbohidrat, Mana sih Yang Paling Berpotensi Bikin Gemuk?

Campurkan bahan- bahan tersebut ke dalam mangkuk, lalu masukkan ke dalam botol yang lebih kecil agar praktis digunakan.

Catatan

Yang perlu dipahami, sampai saat ini belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan hand sanitizer bisa membunuh atau menghentikan laju penyebaran virus Covid-19. Hand sanitizer juga tidak bisa menghentikan mencuci tangan secara menyeluruh.

Namun untuk menjaga higienitas dengan cara yang instan, hand sanitizer bisa cukup membantu.


Share :

Komentar

komentar

Loading...