LOADING

Type to search

Hack

Cara Mengawetkan Makanan agar Persediaan Tidak Mudah Busuk Saat Karantina di Rumah

Tips mengawetkan makanan untuk persediaan di rumah
Bagikan

Selama menghadapi pandemi corona, banyak masyarakat yang mengurangi aktivitas di luar ruangan. Selain belajar dan bekerja dari rumah, masyarakat juga akan menyetok bahan makanan untuk beberapa hari agar tidak belanja setiap hari.

Nah, karena bahan makanan akan kita simpan untuk rentang waktu tertentu, tentu saja ada trik penyimpanan makanan yang perlu kita lakukan agar makanan bisa tahan lama dan tidak mudah basi.

Tips Mengawetkan Makanan untuk Persediaan di Rumah

Berikut ini adalah beberapa tips mengawetkan makanan agar persediaan tidak mudah busuk saat karantina di rumah :

Pisang

Untuk membuat buah pisah lebih awet, selain mengupas pisang dan membekukannya dalam frezzer, trik lain yang bisa kita coba adalah dengan membalut batangnya dengan plastik dengan rapat. 

Sayuran Potong

Sebagian sayuran dapat langsung dibekukan di freezer saat sudah dibersihkan. Namun, ada beberapa trik yang bisa kita praktekkan supaya sayuran awet. Singkirkan bagian yang busuk serta potong kecil kemudian kita bungkus sesuai keperluan sekali masak.

Sayuran hijau

Sayuran daun hijau seperti bayam, kangkung dan sawi menjadi jenis- jenis sayur yang mudah mengalami pembusukan jika peletakannya kurang baik. Untuk menjaganya lebih awet, cobalah merebus cepat sayuran ini dalam air mendidih selama beberapa detik untuk membasmi bakteri. Lalu, masukkan dalam mangkok air dingin untuk mengakhiri teknik pemasakan.

Baca Juga :  10 Inspirasi Kebaya Modern Kekinian & Super Cantik untuk Kondangan mu

Untuk mengawetkan sayuran berwarna hijau, kita bisa menggunakan teknik mengerikan sayur sampai tidak ada air yang tertinggal. Setelah itu, lanjutkan dengan membekukan sayuran.

Pada umumnya, sayuran yang padat air tidak membeku dengan baik karena air mengembang dan menyusut selama proses pembekuan, alhasil sayuran kehabisan strukturnya sehabis kita cairkan.

Susu Cair

Seperti yang kita ketahui, susu mempunyai masa kadaluarsa yang cukup pendek. Namun ada satu trik khusus untuk membuat susu cair menjadi tidak cepat basi, yaitu dengan membekukannya dalam cetakan es batu serta dicairkan saat akan diminum.

Buah

Seperti sayuran, buah- buahan bisa kita awetkan dengan mudah dengan cara membekukannya. Dapat berbentuk buah utuh, serta dibuat jus dan dicetak dalam ice cube, tergantung keinginan. Pastikan kebersihan buah saat sebelum kita bekukan ya!

Semua Jenis Bawang

Tidak ada yang lebih ampuh untuk mengawetkan bawang selain membiarkannya dalam kondisi kering dan suhu ruangan. Ini berlaku untuk semua jenis bawang, mulai dari bawang merah, putih dan bombay.

Sayur batangan

Sayur dengan tipe batangan seperti seledri dan wortel akan lebih awet jika kita taruh dalam toples kaca kedap udara yang diisi air. Buang dan ganti air setiap 3 hari sekali untuk menjaganya tetap bersih.

Selamat mencoba! 


Bagikan

Comments

comments