Type to search

Pengembangan Diri

Mengenal Karakter Sigma Male, Si Pria Misterius Nan Jadi Idaman

Apa itu Karakter Pria Sigma Male?

Geeters, pernahkah kamu mendengar tentang istilah Sigma Male? Sosok pria sigma male belakangan sering menjadi perbincangan netizen. Bukan tanpa alasan, pasti ada hal yang menarik dari sosok karakter ini.

Dalam tipe kepribadian, sosok laki- laki kerap dibagi ke dalam dua kategori karakter, yaitu Alpha Male (si Pria Dominan) atau Beta Male (si Pria Menyenangkan). Menariknya, ada sebagian laki- laki yang kelompok karakternya berada di tengah- tengah dua kepribadian Alpha dan Beta ini.

Nah, mereka yang berada di tengah ini lah yang kita sebut sebagai Sigma Male (Pria Sigma). Berada di tengah- tengah dua kepribadian ini membuat si Sigma mengantongi keunikan dari masing- masing Alpha dan Beta.

Di artikel kali ini, HaloGeet akan secara lengkap membahas tentang apa itu Sigma Male, ciri- cirinya dan hal- hal menarik lain tentang pria berkarakter ini. Yuk simak bersama- sama!

Apa itu Sigma Male?

Menurut Urban Dictionary, definisi dari Sigma Male adalah seorang pria yang bersifat pragmatis, namun bisa dilihat orang lain sebagai seorang penyendiri, tertutup dan paranoid.

Istilah Sigma Male konon diciptakan oleh Theodore Robert Beale, yang merupakan aktivis, penerbit dan juga penulis blog dengan nama Vox Day. Beale menyebut para pria Sigma ini sebagai ‘serigala penyendiri’ karena sosok kepribadian mereka yang sangat mandiri tetapi penyendiri.

Penggunaan kata Sigma dalam Sigma Male sendiri merujuk dari bahasa Yunani yang dipakai menyebut suatu tatanan sosial. Misalnya saja Pria Alpha, Pria Beta, dan Pria Omega. Sigma sendiri merupakan huruf ke-18 dalam susunan alphabet Yunani.

Seorang Sigma Male juga mempunyai karakteristik yang unik dan kontras. Di satu sisi mereka adalah pria- pria yang sukses dan mandiri. Namun di sisi lain, mereka cenderung punya kepribadian introvert, orisinil, dan kurang agresif.

Selain itu, Sigma punya kemiripan dengan sifat Pria Alpha, namun mereka lebih suka berjalan mengikuti kata hati mereka sendiri.

Mengenal Perbedaan Sigma Male, Alpha Male dan Beta Male

Karakteristik Pria Sigma kerap tenggelam karena euforia konsep “Alpha Male” dan “Beta Male”. Tidak sedikit juga yang kesulitan mengenal perbedaan antara Sigma Male, Alpha Male dan Beta Male.

Baca Juga :  Jangan Gemes- Gemes, Ini Cara Cantik Menghadapi Orang Sinis dan Jutek

1. Alpha Male

Alpha Male adalah karakter pria yang identik dengan karakter dominan, kuat dan percaya diri. Pria Alpha adalah sosok pemimpin alami dan suka juga menjadi pusat perhatian. Pria dengan karakteristik ini ingin mendapat banyak pengakuan dan mereka sering sukses dalam karirnya.

Seorang Alpha Male juga punya kemampuan untuk mempengaruhi orang lain. Mereka sosok yang tidak takut mengambil resiko untuk meraih tujuan mereka.

Di sisi lain, Alpha Male cenderung menjadi egosentris dan mandiri. Mereka sering tidak peka dengan perasaan orang lain, kurang empat dan cenderung tegas dalam mengambil keputusan.

2. Beta Male

Beta Male mempunyai karakteristik yang berkebalikan dari si Pria Alpha. Mereka adalah tipe pria yang lebih peka, ramah dan santai. Bagia seorang Pria Beta, menjaga hubungan dan kerjasama dengan orang lain lebih penting dari sekedar meraih kekuasaan. Tidak heran, mereka sangat ringan tangan dalam memberi bantuan dan dukungan untuk orang lain.

Dibanding dengan Alpha Male, Beta Male cenderung kurang tegas dan lebih mengikuti perintah. Namun mereka mempunyai kepribadian yang menarik dan mudah didekati. Mereka adalah sosok yang menyenangkan sebagai pasangan, sekaligus teman yang bisa dipercaya.

3. Sigma Male

Di antara kepribadian Alpha Male dan Beta Male, hadir si Sigma Male. Sigma Male mempunyai kepribadian yang solitare dan independen yang suka hidup sesuai dengan aturan mereka sendiri. Mereka punya kemandirian yang kuat dan tidak suka terikat dengan norma- norma sosial.

Jika Alpha adalah sosok yang tegas serta Beta adalah sosok yang tunduk pada perintah, Sigma adalah sosok yang suka menentukan jalannya sendiri.

Kendati begitu, Sigma bukan lah pria yang suka mencari kekuasaan atau pengakuan dari orang lain. Mereka lebih suka menjaga privasi dan punya lingkaran pertemanan yang kecil namun erat. Mereka menyukai kesendirian dan ketenangan karena alam suasana ini ia punya banyak kesempatan untuk berpikir mendalam dan introspektif.

Karakteristik dan Ciri- ciri Sigma Male

Untuk lebih memahami pria Sigma, HaloGeet sudah merangkum dengan lengkap apa saja karakteristik dan ciri- ciri Sigma Male :

Baca Juga :  7 Langkah Menghadapi Ambivert dan Menjalin Hubungan dengan Mereka

1. Sosok Petualang yang Mandiri

Sigma male dikenal sebagai sosok yang sangat mandiri. Para pria Sigma ini umumnya mempunyai keterampilan yang membantunya mengatasi masalah sehari- hari.

Pria Sigma lebih memilih mengandalkan diri sendiri daripada mencari validasi atau persetujuan orang lain. Ini lah yang membuat mereka menjadi tangguh, terampil dan bisa bertahan dengan baik saat melewati situasi penuh tantangan.

2. Berkepribadian Introvert

Sigma Male sejatinya adalah seorang introvert. Mereka lebih senang berada di kesunyian yang tenang daripada kerumunan orang. Kendati begitu, pria Sigma ini mudah masuk ke kelompok sosial manapun.

3. Pendengar yang Baik

Jika Pria Alpha cenderung mendominasi percakapan, seorang Pria Sigma lebih suka menjadi pendengar yang baik. Selain menyimak cerita dengan seksama, seorang Pria Sigma juga dengan teliti berupaya mengamati body language dan ekspresi lawan bicaranya.

4. Misterius

Sosoknya yang mandiri tapi cenderung tertutup membuat Sigma Male terlihat seperti sosok pria misterius. Terlebih, mereka juga tipikal orang yang membatasi waktu bersosialisasi seperti introvert pada umumnya.

5. Cerdas secara Emosional

Banyak yang berpikir kalau seorang penyendiri itu tidak peka dengan lingkungan di sekitarnya. Tidak jarang juga, mereka dicap sebagai sosok yang dingin. Hal ini tidak berlaku untuk seorang Sigma Male. Meski suka dengan ketenangan, pria Sigma juga cerdas secara emosional dalam lingkup personal maupun sosial.

Pria Sigma ini juga bisa menempatkan diri dan pandai menengahi konflik. Mereka bisa menenangkan kekacauan secara intuitif dan peka dengan kebutuhan orang yang dia sayangi.

6. Nyaman menjadi Diri Sendiri

Seorang Sigma Male tidak butuh validasi atau penghargaan dari luar untuk merasa nyaman dengan diri sendiri. Mereka tetap bisa percaya diri tanpa pujian orang lain.

Kendati begitu, bukan berarti PRia Sigma ini tidak punya masalah. Sama halnya seperti kita, mereka punya masalahnya sendiri. Tapi mereka senang dengan apa yang mereka miliki dan selalu berupaya menyelesaikan masalahnya dengan mandiri.

7. Tidak Mudah Menjalin Komitmen

Salah satu kelemahan dari pria Sigma adalah tidak mudah dalam menjalin komitmen. Termasuk dalam komitmen percintaan dan menjalin hubungan.

Umumnya Pria Sigma ini cerdas secara emosional. Akan tetap, mereka menjaga hal- hal yang berarti dalam hidupnya, yaitu ruang dan kebebasannya. Maka dari itu, ia sangat selektif dalam hal pasangan.

Baca Juga :  Sering Nggak Disadari, Ini Dia 6 Kesalahan Paling Sering Orang Indonesia Saat Bicara Bahasa Inggris

8. Mudah Beradaptasi

Karakter selanjutnya dari seorang pria Sigma adalah kemudahan dalam beradaptasi dengan berbagai kondisi sosial. Bukan karena mereka gemar bersosialisasi, tapi karena sosok mereka yang pintar membaca situasi dan menjadi pendengar yang baik.

Bermodal dua hal ini, mereka dengan mudah bisa mencari tahu siapa saja yang bisa diajak bergaul.

9. Lingkup Pertemanan Kecil dan Erat

Bagi pria Sigma, tidak masalah punya sedikit teman. Karena mereka menyadari hal ini lantaran kombinasi karakter mereka yang suka ketenangan, penyendiri dan mandiri. Selain itu, mereka memang lebih suka lingkup pertemanan yang kecil, namun hubungan terjaga dengan baik.

10. Menginspirasi Orang Lain

Seorang Sigma Male memang tidak mengambil peran sebagai pemimpin layaknya Alpha Male. Mereka cenderung bergerak dalam senyap tanpa menjadi pemimpin. Tidak heran, diam- diam mereka adalah sosok yang banyak menginspirasi orang lain tanpa harus mencoba jadi trendsetter.

11. Bisa Menjadi Alpha Male

Karena sosoknya yang fleksibel dan pintar melihat situasi, sebenarnya Sigma Male adalah sosok yang potensial untuk menjadi pemimpin. Selain itu, mereka juga mandiri dan tidak takut keluar dari zona nyaman. Dengan bakat yang ia miliki, seorang Sigma Male sangat berpotensi menjadi seorang Alpha Male.

Kesimpulan

Dalam dunia yang penuh dengan norma- norma sosial, Sigma Male hadir dengan karakteristiknya yang unik dan menarik. Diantara si Alpha dan Beta, sosoknya berada ditengah- tengah mereka. Sehingga semua yang kurang dari Alpha dan Beta, menjadi kombinasi karakter yang membuat sosok pria Sigma misterius dan memikat.

Selain itu, Sigma Male juga mempunyai beberapa karakter seperti mandiri, mudah beradaptasi hingga mempunyai lingkaran pertemanan yang kecil. Dengan mengenali karakter mereka dengan baik, kita akan semakin memahami beragam karakter dalam kepribadian manusia.

Comments

comments

Tags:
0 Shares
Share via
Copy link
Powered by Social Snap