Type to search

Foodie Health & Beauty

Hati- hati! Terlalu Sering Minum Es Teh Manis Bisa Mengakibatkan 5 Hal Ini

Share :

Segelas es teh manis memang godaan yang luar biasa. Terlebih di cuaca terik ala negara kita tercinta. Rasanya sulit berpaling dari minuman yang satu ini.

Meski begitu, kita perlu berhati- hati agar tidak mengonsumsi minuman ini secara berlebihan. Pada dasarnya sih, semua yang dikonsumsi secara berlebihan memang tidak baik untuk kesehatan, termasuk es teh ini.

Terlebih jika kamu juga tidak mengimbanginya dengan pola hidup tidak sehat, seperti merokok atau jarang berolahraga.

Bahaya Konsumsi Es Teh Manis Terlalu Sering

Para ahli kesehatan menyebut bahwa konsumsi terlalu banyak es teh manis berpotensi menyebabkan kerusakan pada tubuh karena kandungan gula di dalamnya.

Konsumsi es teh secara berlebihan bisa memicu datangnya berbagai jenis penyakit. Berikut ini adalah beberapa bahaya yang mengintai saat seseorang mengonsumsi minuman teh manis terlalu banyak :

1. Meningkatkan resiko diabetes

Sebagian orang kerap menambahkan cukup banyak gula ke dalam minuman teh mereka. Satu gelas es teh mengandung setidaknya 33 gram gula. Mengonsumsi secara berlebihan ini dapat memicu resiko diabetes karena konsumsi gula juga mengalami peningkatan.

Jika kamu ingin lebih sehat, akan lebih baik jika gula digantikan dengan pemanis alami yang aman dikonsumsi.

Baca Ini Juga Ya :   Kenapa sih Botol Yakult Berukuran Kecil? Ternyata Ini Alasannya

2. Menyebabkan gagal ginjal

Seorang dokter dari University of Utah Health Care menyebut bahwa es teh manis penuh dengan asam oksalat, yang apabila diminum secara berlebihan, bisa menumpuk di ginjal. Imbasnya, ginjal akan mengalami gangguan fungsi dalam mengeluarkan kotoran dari darah.

3. Obesitas

Jika kamu ingin mendapatkan berat badan ideal atau ingin menurunkan berat badan, sebaiknya hindari konsumsi minuman ini terlalu sering. Segelas es teh mengandung 250 kalori yang meningkatkan resiko obesitas.

Tentu saja ini akan mengganggu program penurunan berat badanmu.

4. Memicu resiko terkena stroke

Resiko stroke juga meningkat saat konsumsi es teh dilakukan secara berlebihan. Kandungan gula bisa menyebabkan kadar trigliserida menjadi lebih tinggi sehingga berpotensi menyebabkan stroke.

Loading...

5. Memperburuk sistem kardiovaskular

Segelas es teh manis mengandung kurang lebih 47 mg kafein. Saat dikonsumsi secara berlebihan, kafein ini berdampak negatif pada sistem kardiovaskular. Efeknya bisa membuat kamu merasa gemetar dan mudah gelisah.

Baca Ini Juga Ya :   WHO: 7 Cara ini Bisa Hindari Penyebaran Virus Corona di Tempat Kerja

Es teh manis sebenarnya juga mempunyai manfaat

Terlepas dari bahaya yang dijelaskan Halo Geet diatas, mengonsumsi es teh manis sebenarnya juga bisa bermanfaat untuk kesehatan. Dengan catatan, es teh manis dikonsumsi tidak secara berlebihan dan menggunakan pemanis alami ya.

Minum es teh manis

1. Membuat tubuh tetap terhidrasi

Hidrasi penting untuk tubuh. Saat tubuh kita terhidrasi dengan baik, maka ia mendapatkan jumlah air yang dibutuhkan. Es teh ini sendiri menjadi sumber yang baik untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Harvard T.H. Chan School of Public Health bahkan menyebut bahwa teh berada dalam urutan kedua sebagai sumber hidrasi terbaik untuk tubuh setelah air putih.

2. Membantu meningkatkan fokus

Es teh manis mengandung kafein yang bisa meningkatkan fokus saat dikonsumsi dalam porsi yang wajar. Hal ini bisa membuat kita fokus saat bekerja dan melakukan tugas- tugas dengan efisien.

Kafein pada teh bisa memberikan stimulasi ringan yang meningkatkan kemampuan untuk memproses informasi, seperti belajar dan menghafal. Agar lebih sehat, kamu bisa mengganti gula dalam minuman ini dengan pemanis alami atau mengonsumsinya tanpa gula sama sekali.

Baca Ini Juga Ya :   Dear Perokok, Bahaya Tar Bukan Hanya untuk Paru, Tapi Juga Otak!

3. Mengurangi rasa nyeri

Nyeri pada tubuh kerap terjadi untuk orang- orang yang biasa berolahraga. Nah, es teh bisa menghilangkan masalah tersebut karena mengandung anti-inflamasi yang bisa meredakan nyeri.

Teh dapat mengurangi rasa nyeri di otot yang sering digunakan. Hasilnya, otot menjadi lebih rileks saat mengonsumsi minuman ini usai berolahraga.

4. Mencegah penyakit jantung

Minuman teh manis membantu pencegahan penyakit jantung dalam beberapa cara. Mengonsumsi teh hitam membantu mencegah pengerasan pembuluh darah, serta menurunkan resiko serangan jantung.

Loading...

Teh hitam dan teh hijau kaya akan antioksidan yang mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke hingga 10-20 persen. Tentu saja kamu harus mengonsumsinya dengan gula secukupnya dan lebih baik dengan pemanis alami atau tanpa gula sama sekali.


Share :

Komentar

komentar

Tags:
Loading...