LOADING

Type to search

Inspirasi

12 Nasehat Bijak Dari Dokter Berusia 103 Tahun yang Akan Merubah Hidupmu

Nasehat bijak Dr. Shigeaki Hinohara
Bagikan

Nasehat bijak bisa datang dari siapa saja. Bisa dari sahabat dekat, selebriti favorit, motivator atau bahkan orang asing yang Anda temui tadi pagi.

Nasehat inspiratif kali ini datang dari Dr. Shigeaki Hinohara, yang merupakan salah satu dokter berpengalaman di Jepang. Bukan hanya ahli dalam profesinya, beliau juga dikenal dengan pengalaman, dan dedikasinya di bidang kesehatan yang tidak perlu diragukan lagi. 

Dr. Shigeaki Hinohara Tetap Mengabdi di Usia Senja

Beliau sudah tidak muda lagi, karena kini usianya sudah lebih dari satu abad. Sebagai salah satu bentuk pengabdiannya, Shigeaki tidak segan- segan untuk berbagi nasehat kepada para pasien dan orang- orang disekitarnya.

Beliau sering berpesan tentang cara makan dan jenis makanan yang dikonsumsi, karena ini memiliki kontribusi terhadap kesehatan seseorang, terutama dalam menjaga kesehatan tubuh agar dapat bekerja secara optimal.

Beliau mungkin sudah berusia 103 tahun, tapi di usia ini, beliau masih memiliki fisik yang sehat dan bugar. Bahkan hebatnya lagi, beliau juga bisa menjaga berat badannya agar tetap ideal, yaitu di kisaran angka 60 kg sejak berusia 30 tahun.

Menurut Shigeaki, cara makan dan makanan yang dikonsumsi berpengaruh terhadap kesehatan seseorang. Terutama untuk menjaga kesehatan tubuh agar mampu bekerja secara 

sempurna.

Itu sebabnya, meski usianya sudah menginjak 103 tahun, dia masih mempunyai fisik yang prima dan tampak bugar. Dia juga berhasil menjaga berat badannya tetap ideal yaitu berada di kisaran angka 60 kg sejak berusia 30 tahun. Wah, hebat ya?

12 Nasihat Shigeaki Hinohara untuk Tubuh Sehat dan Panjang Umur

Siapa sih tak ingin punya tubuh sehat, bahagia dan panjang umur?

Pasti ini sudah lumrah jadi keinginan setiap orang ya? Nah, mungkin teman- teman juga bisa menerapkan nasihat yang diberikan oleh Shigeaki Hinohara seperti HaloGeet.com lansir dari O Zock ini :

Baca Juga :  8 Pelajaran Hidup Sederhana dari Orang- Orang Super Kaya Dunia

1. Energi itu bersumber dari perasaan yang baik. Bukan dari makan yang banyak atau bahkan tidur terlalu banyak

Seringkali kita hanya berpikir bahwa makan dan istirahat lah yang menjadi sumber energi kita. Padahal, seringkali jika perasaan kita sedang sedih atau frustasi, maka melakukan apa pun terasa sangat berat.

Bahkan walau kita kenyang dan cukup tidur sekalipun, itu tidak bisa membantu kita untuk mengerahkan energi kita ketika perasaan kita sedang amburadul.

Sebaliknya, jika perasaan kita selalu bahagia, banyak bermain dan bahagia seperti anak kecil, sampai- sampai kita sering waktu lupa makan dan tidur, maka kita akan memiliki energi yang malah lebih banyak.

Menurut Dr. Shigeaki, orang dewasa terkadang juga perlu hidup dengan cara yang dilakukan anak- anak, yaitu tidak ada aturan jam makan atau jam tidur, tapi banyak bermain dan bahagia.

2. Setiap orang dengan usia di atas 100 tahun memiliki berat tubuh yang ideal

Ini memang unik, dari manapun Anda berasal, apapun jenis kelaminnya, ras atau suka, orang- orang dengan usia diatas 100 tahun memiliki satu persamaan. Persamaan ini adalah mereka cenderung tidak mengalami kelebihan berat badan.

Mereka juga akan sangat memperhatikan apa yang mereka makan dan juga cara mereka makan.

Jika Anda ingin memiliki umur yang panjang, jaga berat badan Anda untuk tetap ideal.

3. Nasehat Bijak Tentang Pentingnya Makanan

Ya, makanan itu penting, tapi tentu saja makanan yang sehat ya.

Anda dapat mencontek menu makanan Dr Shigeaki selama ini :

  • Untuk makan pagi, beliau minum segelas jus buah dengan satu sendok minyak zaitun atau segelas susu yang dicampur dengan bubuk kacang dan pisang.
  • Makan siang, beliau minum susu dengan 2-3 keping biskuit atau tidak makan ketika sedang sibuk dengan aktifitasnya.

    Menurut pengakuannya, beliau merasa jarang lapar ketika bekerja. “Saya tidak pernah merasa lapar ketika sedang bekerja karena saya fokus,” begitu tuturnya.
  • Untuk makan malam, beliau akan makan buah atau ikan dan nasi, serta daging bebas lemak ( 2 kali seminggu).
Baca Juga :  Viral! Kisah Office Boy Resign, Ternyata Punya Bisnis Ikan Cupang Beromset Puluhan Juta

4. Buat lah Waktumu Sibuk

Kisah Inspirasi dari Dr. Shigeaki Hinohara

Sebagai seorang dokter, Shigeaki memiliki aktivitas yang super sibuk. Beliau bukan hanya bekerja untuk rumah sakit saja, tapi beliau juga aktif mengajar.

Bagaimana dengan pensiunnya?

Menurut beliau, pensiun adalah hal yang tidak diperlukan. Tapi jika seseorang ingin pensiun, beliau menyarankan agar hal ini dilakukan saat usia sudah diatas 65 tahun.

5. Jangan mudah mengambil keputusan untuk operasi

Ya, pernyataan ini dikeluarkan oleh seorang dokter yang ahli dan berpengalaman. Beliau berujar, jika seorang dokter menyarankan Anda untuk melakukan operasi atau prosedur tertentu, tanyakan lah apakah dia juga melakukan hal yang sama untuk dirinya, anak dan istrinya.

Dokter tidak akan bisa untuk menyembuhkan semua jenis penyakit. Baginya, jika operasi tidak benar- benar dibutuhkan, maka lakukan saja metode penyembuhan lain seperti terapi hewan atau bahkan terapi dengan musik.

6. Pilihlah tangga daripada lift, bawa lah barang belanjaanmu sendiri

Dr Shigeaki berkata “Ketika saya menaiki tangga, saya selalu melompati dua anak tangga sekaligus dalam satu pijakan. Cara ini melatih otot-otot kaki. Saya mencoba untuk berjalan antara 2.000 hingga 2.500 langkah setiap hari.”

Siap mencoba??

7. Rasa Sakit Adalah Hal yang Misterius

Ada satu cara terbaik untuk mencegah dan menghilangkan rasa  sakit, yaitu dengan menyingkirkannya. Sangat sederhana.

Jadi, jika Anda merasa menderita akan sesuatu, alihkanlah perhatian Anda pada hal- hal yang menyenangkan. Seringkali kita mengabaikan kekuatan “otak” dan tidak menggunakannya dengan tepat.

Nasehat bijak Dr Shigeaki menegaskan agar kita menggunakan otak kita.

Baca Juga :  Mengharukan, 21 Potret Suami Dampingi Istri Melahirkan, Ikut Berjuang Menyambut Buah Hati Tersayang

8. Jangan Khawatir

Rasa khawatir tidak pernah menyelesaikan masalah. Khususnya bila hal tersebut terkait dengan hal- hal yang bersifat material, seperti uang, pakaian, rumah atau kendaraan mewah yang belum kamu miliki.

Suatu saat kita semua akan meninggalkan dunia ini tanpa membawa hal- hal material yang selama ini kita kumpulkan. Jadi, tentu saja hal- hal itu akan menjadi percuma.

9. Bukan Sains yang Menyembuhkan Seseorang

Setiap orang adalah individu yang berbeda. Namun, seringkali sains memperlakukan setiap orang dengan cara yang sama.

Misalnya, ketika Anda dihantam oleh penyakit yang sama, maka obat yang dibuat adalah sama, padahal tubuh setiap orang bisa mengalami proses penyembuhan yang berbeda.

10. Temukan Role Model

Temukan lah role model atau sosok yang dapat menjadi panutan dalam hidupmu. Setiap orang pasti memiliki sosok idola atau tokoh yang menginspirasi hidupnya.

Cari lah orang tersebut, entah kamu akan menemukannya di sosok saudara, ayah, ibu atau bahkan artis terkenal. 

11. Hidup ini Penuh dengan Kejadian dan  Kesempatan

“Pada Maret 1970, saat berusia 59 tahun, saya liburan dari Tokyo ke Fukuoka. Pesawat yang saya tumpangi dibajak oleh partai komunis Jepang. Saya harus menghabiskan empat hari terikat kursi, dengan suhu 40 derajat celcius.

Dan saya melihat ini sebagai percobaan. Namun saya teringat bahwa saya adalah seorang dokter. Rasanya cukup menakjubkan melihat cara organisme manusia bereaksi menghadapi krisis.”

Perhatikan lah betapa banyak kejadian menarik dalam hidup kita.

12. Memiliki Umur Panjang itu Menyenangkan

“Saya sangat menikmati setiap menit yang saya lalui,” ujar Dr Shigeaki Hinohara.

Meskipun sudah berusia 103 tahun, beliau mengaku dapat bekerja selama 18 jam sehari selama seminggu penuh. Hampir seluruh hidupnya didedikasikan untuk bekerja di bidang sosial.


Bagikan

Comments

comments

Tags: