Type to search

Self-Improvement

8 Tanda Tersembunyi ini Membuktikan Kalau Kamu adalah Orang Cerdas

Tanda tersembunyi bahwa kamu orang cerdas
Share :

Sebenarnya mudah saja jika ingin mengetahui tingkat kecerdasanmu ada di tingkatan mana. Kamu bisa melakukan tes IQ dan hasilnya akan menunjukkan apakah kamu termasuk di kelompok bawah, rata- rata, cerdas, atau superior.

Skor ini kemudian akan diuraikan lagi ke dalam sub kategori kecerdasan. Dengan begitu kamu akan tahu di bidang mana kamu sebenarnya lebih unggul. Apakah kemampuan bahasa, kemampuan spasial, numerik atau angka, dan lain sebagainya.

Berangkat dari hasil kecerdasan ini, kita juga bisa mengetahui saat seseorang mempunyai tingkat kecerdasan di atas rata- rata atau perilaku tertentu yang membedakannya dari orang lain.

Kelompok ini biasanya mempunyai pola kebiasaan tertentu yang berbeda dan membuatnya unggul. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa ciri atau tanda- tanda tersembunyi dari mereka dengan kecerdasan di atas rata- rata :

1. Tidur larut dan bangun telat di pagi hari

Kamu bukan seorang morning person

Siapa sangka, ternyata ada korelasi antara rutinitas harian seseorang terhadap tingkat kecerdasannya. Penelitian tentang kebiasaan tidur ini dilakukan terhadap 20.000 remaja Amerika yang menunjukkan bahwa mereka dengan skor IQ tinggi cenderung tidur lebih larut dan bangun lebih telat di pagi hari.

Penelitian lain yang diterbitkan pada 2009 dalam jurnal Personality and Individual Difference menyebut bahwa orang dewasa mudah yang lebih pintar cenderung terjaga lebih lama dan bangun lebih terlambat. Hal ini terjadi baik di hari biasa maupun weekend.

Baca Ini Juga Ya :   Riset Ilmiah : Semakin Cerdas Seseorang, Makin Sedikit Mempunyai Teman

2. Kamu terbuka dengan berbagai sudut pandang

Kamu teruka dengan berbagai sudut pandang/ Ilustrasi Gambar: Pixabay

Orang cerdas tidak menutup diri dari berbagai ide dan kemungkinan. Kamu terbiasa untuk mempertimbangkan berbagai aspek lebih dulu untuk membuka alternatif solusi yang lebih tepat.

Kamu bisa menerima perspektif orang lain dan mempelajari pandangan mereka untuk menemukan keseimbangan. Meskipun kamu menerima, kamu juga berhati- hati dalam mengadopsi ide dan gagasan dari orang lain.

3. Penelitian mengungkap bahwa orang cerdas cenderung mempunyai kecemasan tertentu

Kamu sering mencemaskan beberapa hal

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Edward Selby tentang kecemasan mengungkap bahwa mereka yang sering merasa cemas kemungkinan lebih cerdas daripada mereka yang tidak.

Penelitian ini sendiri meminta 126 mahasiswa dengan kuesioner yang mengindikasikan pengalaman paling cemas mereka. Hasilnya, kebanyakan rasa cemas ini berasal dari perenungan atau pemikiran dari berbagai aspek tentang situasi yang membuat kesal atau menyebalkan.

Lebih lanjut, hasil ini juga mengungkap bahwa orang dengan tendensi mengalami kecemasan mempunyai skor tes kecerdasan verbal yang tinggi. Sedangkan mereka yang tidak mempunyai kecemasan mempunyai skor tes kecerdasan non verbal lebih tinggi.

Parah ahli juga menemukan bahwa orang- orang yang ber IQ tinggi beresiko lebih besar mengalami kecemasan. Hal ini terjadi karena mereka banyak berpikir di setiap situasi. Ini adalah cara mereka untuk bertahan dan melindungi diri dari berbagai resiko yang tak diinginkan.

Baca Ini Juga Ya :   Memaafkan Memang Tidak Bisa Mengubah Masa Lalu, Namun Bisa Mengobati Luka

4. Kemampuan menangkan lelucon dan berbagai jenis candaan, termasuk dark humor sekalipun

Kamu bisa menerima berbagai jenis humor

Sebuah studi yang dilakukan  University of New Mexico mengungkap bahwa orang yang menulis cartoon captions lucu mempunyai skor tinggi dalam kecerdasan verbal. Sedangkan dalam temuan lain, komedian profesional ternyata mempunyai skor kecerdasan verbal di atas rata- rata.

Artinya, seseorang yang mempunyai sense of humor dengan skor tinggi bisa jadi mempunyai stabilitas emosi yang lebih kuat dimana hal ini dikaitkan dengan kecerdasan yang dimiliki oleh seseorang.

5. Kamu mudah penasaran dengan berbagai hal

Kamu mudah penasaran dengan berbagai hal

Apakah kamu sering penasaran dengan banyak hal di sekitarmu dan sekeliling isi dunia? Para ahli sepakat bahwa orang yang mempunyai rasa penasaran besar cenderung lebih cerdas.

Profesor Psikologi Thomas Chamorro Premuzi dari University of London mendiskusikan tentang bagaimana ukuran keingintahuan seseorang bisa membuat pikirannya terus bergerak mencari tahu kebenaran.

Mereka yang punya rasa ingin tahu tinggi cenderung lebih mentoleransi ambiguitas. Yang berarti mereka punya gaya berpikir sangat esensial, canggih dan kompleks.

Selanjutnya, orang yang berada di lingkungan formal seperti pendidikan, ilmu pengetahuan, dan seni juga termasuk di antara mereka dengan tingkat keingintahuan di atas rata- rata.

Loading...

6. Kecenderungan bersikap malas

Orang cerdas punya kecenderungan malas beraktifitas fisik

Malas kerap diidentikan dengan hal negatif. Namun disisi lain, penelitian menunjukan bahwa orang cerdas cenderung pemalas.

Mereka mempunyai gaya hidup duduk terus menerus atau tidak berpindah tempat. Mereka tenggelam dalam pikirannya dan kerap ‘gagal’ melakukan lebih banyak aktifitas fisik.

Penelitian selanjutnya oleh Psikolog Dacid Z, Mambrick, dan Elisabeth J Meinz dari Vanderbilt University juga menunjukkan bahwa mereka yang cerdas cenderung lebih sederhana dan tidak selalu mencoba terlalu keras untuk berusaha terhadap suatu hal atau saat mengasah kemampuannya.

Baca Ini Juga Ya :   Buat Kamu yang Baperan, Coba lah 7 Cara Ini untuk Melatih Kesabaran

7. Orang yang terbiasa memakai tangan kirinya cenderung lebih kreatif dan dapat memproses memori dengan lebih baik

Apakah kamu termasuk sosok kreatif?

Penelitian membuktikan bahwa mereka yang dominan menggunakan tangan kiri lebih kreatif dan mempunyai pemrosesan memori lebih baik. Kombinasi keduanya dapat menguatkan skor kecerdasan yang lebih tinggi.

Hal ini biasanya ditunjukkan melalui solusi pemecahan masalah dengan cara- cara yang lebih kreatif. Jika kamu termasuk kelompok yang biasa menggunakan tangan kiri dalam beraktifitas, besar kemungkinan kamu mempunyai skor IQ yang tinggi.

8. Orang dewasa yang mempunyai mental illness kebanyakan punya riwayat IQ tinggi saat masih kanak- kanak

Orang dewasa dengan mental illness biasanya punya IQ tinggi di masa kecilnya

Stigma yang menjumpai orang dengan mental illness seringkali fokus pada hal negatif. Disisi lain, banyak artis dan penulis besar yang sukses dengan cerita mereka dalam memperjuangkan kesehatan mentalnya.

Selain itu, penelitian juga menemukan korelasi antara kesehatan mental dan tingkat kecerdasan seseorang. Mereka yang punya skor kecerdasan tinggi saat masih anak- anak beresiko mempunyai mentall illness saat dewasa nanti.

Itulah beberapa tanda dan kebiasan yang dimiliki oleh mereka yang mempunyai tingkat kecerdasan di atas rata- rata. Mana saja yang ada pada dirimu?


Share :

Komentar

komentar

Tags:
Loading...