LOADING

Type to search

Pengembangan Diri

Kamu Termasuk Orang Sibuk atau Orang Produktif? Cek Bedanya Disini

Perbedaan orang sibuk vs orang produktif
Bagikan

Orang sibuk dan orang produktif memang beda tipis. Jika saat kita bekerja dan merasa kerjaan nggak habis- habis, sebenarnya ini terlalu sibuk atau masuk kategori produktif ya?

Nah, ada beberapa hal yang membuat kita bingung perbedaan diantara keduanya. Padahal sebenarnya ada perbedaan mendasar antara sibuk dan produktif.

Orang yang Sibuk Belum Tentu Produktif

Orang yang sibuk belum tentu produktif. Tapi, orang yang produktif pasti punya kesibukan. Dari analogi singkat ini, menjadi manusia yang produktif adalah pilihan terbaik karena membagi manfaat untuk diri sendiri dan orang- orang di sekitar kita.

Lalu, apa bedanya orang yang sibuk dan produktif? Simak di ulasan Geet & Aditya yang dirangkum dari berbagai sumber ini ya 🙂

1. Misi Terukur vs Misi yang Tidak Terukur

Perbedaan paling mencolok antara orang produktif dan orang sibuk bisa dilihat dari misi atau tujuannya. Orang yang sibuk cenderung tidak mempunyai tujuan. Mereka mengambil banyak langkah agar bisa mendapatkan hal yang terbaik untuk dirinya.

Sedangkan pribadi yang lebih produktif, mereka mengambil langkah yang jelas dengan tujuan untuk dicapai. Nggak heran, keputusan yang dibuat oleh orang- orang produktif cenderung terukur.

2. Orang Sibuk dan Orang Produktif Beda Prioritas

Sosok yang produktif mempunyai daftar prioritas dalam hidup yang ingin dicapai. Seringkali dia mengabaikan hal- hal yang tidak penting  agar prioritas utamanya dapat dijalankan. Beda dengan orang yang hanya sekedar sibuk, mereka mempunyai banyak prioritas namun ia tidak bisa mengurutkannya dan tidak fokus sehingga hasilnya kurang sempurna.

Baca Juga :  7 Alasan Penting Mengapa Wanita Menikah Harus Punya Penghasilan Sendiri

3. Setuju Tanpa Pertimbangan vs Setuju dengan Penuh Pertimbangan

Orang yang suka tenggelam dalam kesibukan cenderung sering setuju tanpa banyak pertimbangan. Ia sering menerima tawaran dengan mudah tanpa berpikir apakah ia mampu menyelesaikannya atau tidak.

Di sisi lain, pribadiyang produktif akan lebih selektif dalam menerima tawaran. Ada banyak pertimbangan yang ia perhitungkan agar sesuai dengan waktu dan kemampuan yang dipunyainya.

4. Bertindak Dulu Apa pun Hasilnya vs Membayangkan Hasilnya Baru Bertindak

Orang yang sibuk cenderung fokus pada apa yang dikerjakan dan jarang memikirkan kejelasan dari hasil kerjanya nanti. Di sisi lain, orang yang produktif cenderung memikirkan kejelasan dari apa yang dilakukannya dan suka melakukan evaluasi hasil kerja dari apa yang telah dilakukannya.

5. Menonjolkan Kesibukan vs Menonjolkan Hasil Kerja

Orang sibuk suka membicarakan apa yang sudah dan sedang mereka lakukan. Sedangkan pribadi produktif lebih suka membicarakan tentang hasil dan pencapaian yang mereka raih. Nggak heran, orang produktif mempunyai pengalaman dengan pencapaian yang baik daripada orang yang sok sibuk dengan aktifitasnya.

6. Menyelesaikan Setengah- Setengah vs Menyelesaikan Sampai Tuntas

Meskipun melakukan banyak hal, orang sibuk sering menyelesaikan tugasnya setengah- setengah. Beda dengan mereka yang produktif, mereka sering melakukan satu hal dan fokus pada hal tersebut sampai selesai.

7. Sibuk dengan Banyak Hal vs Fokus pada Beberapa Hal

Salah satu ciri orang sibuk adalah multitasking. Dia seperti punya tugas yang nggak pernah ada habisnya. Beda dengan orang produktif yang fokus mengerjakan beberapa hal saja, tapi mempunyai hasil yang memuaskan.

Baca Juga :  Buat Kamu yang Baperan, Coba lah 6 Cara Ini untuk Melatih Kesabaran

8. Responsif vs Efektif

Sering nggak sih ketemu orang yang aktif banget merespon hal- hal yang terjadi di sekitarnya? Misalnya ia sering sekali sibuk dengan banyak notifikasi di media sosial? Nah, lagi- lagi itu adalah ciri orang yang sibuk. Beda dengan orang efektif, mereka cerdik dalam mengelola waktu  sehingga aktivitasnya lebih efektif dan bermanfaat.

9. Suka Melihat Orang Sibuk vs Suka Melihat Orang Melakukan secara Efektif

Perbedaan yang satu ini bisa kita lihat dari figur seorang pemimpin. Pemimpin yang sibuk cenderung suka melihat timnya juga sibuk. Sementara figure pemimpin yang efektif lebih suka mengarahkan timnya untuk bekerja secara produktif dan juga efektif.

10. Berbicara tentang Perubahan vs Melakukan Perubahan

Orang produktif lebih sedikit bicara karena fokus melakukan perubahan. Sedangkan orang sibuk cenderung banyak bicara karena perubahan yang ingin ia lakukan lebih banyak sekedar wacana.

Agar Bisa Menjadi Lebih Produktif, Bagaimana Caranya?

Menjadi produktif berarti cerdik menghitung dan memanfaatkan waktu yang kita miliki, juga mengatur tujuan dan penataan pada tujuan ke depan. Jadi, jika ingin menjadi manusia yang lebih produktif, kita harus lebih jeli lagi untuk memanfaatkan waktu yang kita punyai.


Bagikan

Comments

comments

Tags: