LOADING

Type to search

Sehat & Cantik

Ternyata Ini Alasan Kenapa Nggak Boleh Main HP Sambil Tiduran. Bikin Merinding!

Bahaya tiduran sambil main HP
Bagikan

Apakah kamu termasuk salah satu yang sering main HP sambil tiduran? Jika iya, kamu harus segera mengubah kebiasaan buruk ini.

Ketergantungan manusia modern terhadap gadget memang sulit buat dihindari. Selalu kita bawa kemana saja, gadget bahkan sering kita jadikan sebagai teman buat bobok bareng.

Padahal, menggunakan gadget sebelum tidur atau meletakkannya berdekatan dengan posisi tidur berbahaya buat kesehatan kita.

Bahaya Bermain HP Sambil Tiduran

Dan nggak main- main, resiko kesehatan yang gadget timbulkan ini bermacam- macam jenisnya. Mulai dari yang ringan, sampai yang fatal. Semoga saja informasi ini menyadarkanmu untuk lebih bijaksana dalam menggunakan gadget ya.

Agar kamu waspada, berikut ini adalah beberapa alasan mengapa sebaiknya kamu nggak lagi main HP sambil tiduran :

1. Gadget bisa menjadi pemicu kanker

Sinyal HP ditengarai merusak tubuh dan menimbulkan resiko kanker. Resiko kanker semakin mengintai mu saat kamu meletakkan smartphone mu sepanjang malam di dekat kepala.

Meskipun HP sudah tidak kamu gunakan, namun sinyal dan paket data HP tersebut terus berjalan jika tidak dalam kondisi mati. Jadi, lebih baik jauhkan ponselmu saat kamu akan tidur ya.

2. Gadget juga menjadi pemicu penyakit jantung

Selanjutnya, gadget juga kerap dikaitkan sebagai pemicu penyakit jantung.

Sebuah studi di Jerman mengungkap bahwa orang- orang yang terkena terinfeksi dengan radiasi ponsel mengalami peningkatan tekanan darah yang signifikan. Peningkatan darah yang signifikan ini harus dihindari karena merupakan pemicu dari serangan jantung.

Baca Juga :  Tidak Pakai Celana Dalam Lebih Baik untuk Kesehatan, Benar Nggak Sih?

3. Menyebabkan gangguan kesehatan mata

Bermain HP sebelum tidur juga mempunyai dampak terhadap penurunan kesehatan mata. Dalam kasus jangka pendek, mereka yang punya kebiasaan bermain gadget sebelum tidur, terutama dengan penerangan minim, membuat mata mudah lelah dan berair.

Jika kebiasaan ini terus berlanjut, hal ini dapat mengakibatkan sakit kepala, gangguan mata akut, hingga insomnia.

4. Pemicu tumor otak

Mereka yang sering menggunakan smartphone sebelum tidur juga rentan terhadap resiko tumor otak. Menurut para ahli, radiasi aktif dari ponsel juga lebih agresif dalam menyerang perempuan dan anak- anak.

Sebelum terlambat, hindari lah bermain gadget sambil tiduran, atau bahkan hingga ketiduran.

5. Menyebabkan gangguan tidur

Radiasi ponsel yang terus menyerang sepanjang malam di dekatmu memicu otakmu untuk tetap aktif. Jadi meskipun kamu tidur, otak bekerja seolah- olah kamu sedang melakukan suatu hal.

Saat bangun pagi, tubuhmu akan cenderung tetap merasa kelelahan. Jika kamu membiarkannya terus terjadi, ini akan menyebabkan gangguan yang lebih serius di kemudian hari.
Setelah mengetahui kalau bermain gadget sambil tiduran atau meletakkan gadget dekat kepala saat tidur itu tidak baik, sekarang saatnya kamu lebih bijak dalam mengatur jam bermain mu bersama gadget.

Semoga artikel ini bermanfaat!


Bagikan

Comments

comments

Tags: